x

4 Pelatih yang Paling Sering Mengandalkan Lionel Messi

Jumat, 8 Juli 2022 20:07 WIB
Editor: Juni Adi
Ekspresi wajah lesu Lionel Messi usai ditaklukan Real Madrid di leg kedua 16 besar Liga Champions. FOTO: REUTERS/Susana Vera

INDOSPORT.COM - Kehebatan Lionel Messi sebagai seorang pemain kerap menjadikannya sebagai andalan para pelatih untuk membawa tim meraih kemenangan. Siapa saja yang sering bergantung kepadanya?

Lionel Messi dikenal sebagai salah satu pemain terbaik dunia dalam sejarah sepak bola, setelah dirinya banyak memenangkan sejumlah gelar prestisius baik untuk klub, maupun individu maupun negara.

Baca Juga

Terbaru, ia sudah berkontribusi membawa Paris Saint-Germain (PSG) merebut tiga gelar domestik musim lalu yakni Liga Prancis, Piala Prancis, dan Piala Super Prancis.

Namun sayang Lionel Messi gagal memberikan gelar bergengsi antar klub Eropa, Liga Champions, yang diidamkan oleh pemilik dan suporter Paris Saint-Germain karena disingkirkan oleh Real Madrid musim lalu.

Kendati demikian, ia juga sudah berkontribusi cukup banyak yakni mencetak 11 gol dan 15 assist dari 34 penampilan di semua kompetisi.

Baca Juga

Selain berprestasi di level klub, ia juga telah bersinar bersama negaranya tim nasional Argentina. Sempat terpuruk dalam beberapa tahun karena sulit memberikan gelar internasional, paceklik itu akhirnya putus.

Lionel Messi sukses mempersembahkan gelar Copa America 2021, dan membawa tim meraih kemenangan atas Italia saat laga pemenang Benua America Latin berhadapan dengan jawara Benua Eropa, Euro 2020, dengan skor 3-0.

Untuk prestasi individu, Lionel Messi sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Ia sudah meraih banyak penghargaan di antaranya tujuh Ballon d'Or, dua FIFA The Best, dan 3 Pemain Terbaik Eropa versi UEFA.

Baca Juga

Sederet prestasi itu membuat Lionel Messi selalu jadi andalan di tim, siapapun pelatihnya ia selalu dimainkan untuk membawa tim meraih kemenangan.

Lantas siapa saja pelatih yang paling sering memainkan dan bergantung kepadanya? Berikut ulasannya:


1. Frank Rijkaard

Frank Rijkaard (kanan) menjadi sorotan dalam kamera di sebelah Ronald Koeman

Sebelum pindah ke Paris Saint-Germain (PSG), Lionel Messi lebih dahulu memperkuat Barcelona dengan kurun waktu yang lama yakni dari tahun 2005 hingga 2021.

Tidak heran dalam daftar pelatih yang sering memainkannya ini rata-rata mantan pelatihnya di Barcelona dahulu.

Baca Juga

Frank Rijkaard

Pertama ada Frank Rijkaard. Ia merupakan salah satu pelatih yang cukup berjasa untuk Lionel Messi di Barcelona.

Pasalnya, Frank Rijkaard lah pelatih yang pertama kali memberikan Lionel Messi kesempatan untuk melakukan debut profesionalnya di tim utama Barcelona pada tahun 2005 lalu.

Selama menangani Barcelona, Frank Rijkaard telah memainkan Lionel Messi di 110 pertandingan dalam berbagai ajang. 

Baca Juga

Bintang Argentina itu berhasil mencetak 42 gol dan 26 assist dari penampilannya tersebut.

Messi juga mampu memenangi sejumlah gelar di bawah asuhan Rijkaard. Itu termasuk dua gelar La Liga dan satu Liga Champions.

Ernesto Valverde

Ernesto Valverde menjadi pelatih Barcelona pada tahun 2017 untuk menggantikan Luis Enrique yang pergi menangani tim nasional Spanyol.

Baca Juga

Lionel Messi tentu kembali jadi pemain utama yang perannya tak tergantikan di bawah asuhan Valverde.

Dimainkan dalam 124 pertandingan di semua kompetisi, Messi sukses mencatatkan 112 gol serta memberikan 51 assist.

Kebersamaan Valverde dan Messi juga menghasilkan beberapa trofi untuk Barcelona, yakni dua gelar Liga Spanyol dua musim beruntun 2018, 2019.


2. Luis Enrique

Pep Guardiola saat memimpin Manchester City di ajang Piala FA melawan Fulham (05/02/22). (Foto: Reuters/Jason Cairnduff)

Selanjutnya ada Luis Enrique. Ia merupakan salah satu pelatih bertangan dingin yang sangat hebat dalam menangani Lionel Messi.

Tiga musim melatih Barcelona 2014-2017, Lionel Messi dibawanya sangat produktif bersama dua rekan setimnya Neymar dan Luis Suarez.

Pada musim debutnya, pelatih asal Spanyol itu berhasil meraih treble winner untuk Barcelona. Dia total mampu mempersembahkan sembilan trofi selama bekerja sebagai juru taktik di Camp Nou.

Saat ditangani Enrique, Messi tampil sangat produktif di barcelona. Bintang Argentina tersebut mampu menciptakan 153 gol dalam 158 pertandingan di berbagai ajang.

Pep Guardiola

Terakhir ada nama Pep Guardiola. Sama seperti Luis Enrique, pelatih berkepala botak itu menjadi salah satu yang paling berhasil dalam menangani talenta Lionel Messi.

Di bawah asuhan Guardiola, Lionel Messi berhasil mencatatkan 211 gol dan 91 assist. Torehan itu dibuat La Pulga dalam 219 pertandingan di semua kompetisi.

Kolaborasi Messi dengan Guardiola mampu membuahkan beberapa trofi. Itu termasuk sextuple atau enam trofi yang diraih sepanjang tahun 2009.

ArgentinaBarcelonaLionel MessiParis Saint-GermainLiga PrancisTRIVIA

Berita Terkini