x

Hitung-hitungan Peluang Lolos Timnas Indonesia di Grup A Piala AFF U-19: Wajib Sapu Kemenangan!

Jumat, 8 Juli 2022 11:07 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Menakar peluang lolos Timnas Indonesia U-19 dari babak penyisihan Grup A Piala AFF U-19 2022, skuat Garuda Nusantara wajib sapu kemenangan di partai sisa!

INDOSPORT.COM – Menakar peluang lolos Timnas Indonesia U-19 dari babak penyisihan Grup A Piala AFF U-19 2022, di mana skuat Garuda Nusantara wajib sapu kemenangan di partai sisa!

Timnas Indonesia U-19 akan kembali malkoni partai lanjutan penyisihan Grup A Piala AFF U-19 2022 dengan menghadapi Filipina di stadion Patriot Candrabhaga pada Jumat (08/07/22) malam WIB.

Baca Juga

Berkaca dari hasil sepanjang Piala AFF U-19 2022 kali ini, Timnas Indonesia diatas kertas jauh lebih diunggulkan untuk raih kemenangan atas Filipina.

Pasalnya dari tiga laga yang dilakoni, Timnas Indonesia belum sekalipun telan kekalahan dengan rincian satu kemenangan dan dua hasil imbang.

Berbanding terbalik dengan Filipina, di mana skuat arahan Christopher Pedimonte tersebut malah belum sekalipun raih poin sepanjang penyisihan grup Piala AFF U-19 2022 ini.

Baca Juga

Hasil tersebut membuat Filipina tertahan di peringkat lima klasemen sementara, dan dipastikan gagal lolos ke babak perempat final.

Berkaca dari kondisi itu, jelas Timnas Indonesia yang belum terkalahkan bakal sedikit diunggulkan untuk menang ketimbang Filipina.

Akan tetapi, skuat Garuda Nusantara juga tak boleh anggap enteng tim lawan, lantaran status mereka yang sudah tersingkir mungkin saja bakal membuat Filipina tampil nothing to lose dan hadirkan kejutan.

Baca Juga

Tak hanya wajib menang, Timnas Indonesia U-19 juga diharuskan pesta gol lantaran penentuan juara serta posisi runner up nanti bakal dihitung jumlah produktivitas gol para tim peserta.

Sementara bagi Timnas Indonesia, perolehan poin lima dari tiga pertandingan terakhir masih belum juga bisa memastikan langkah skuat Garuda Nusantara lolos dari penyisihan grup.


1. Peluang Timnas Indonesia U-19 Lolos Perempat Final Piala AFF U-19

Pertandingan antara Timnas Indonesia U-19 vs Thailand U-19 Piala AFF U-19 di Stadion Patriot, Senin (06/07/22).

Sampai saat ini, Timnas Indonesia U-19 masih tertahan di peringkat keempat klasemen sementara dengan mengumpulkan lima poin.

Timnas Indonesia masih berjarak dua angka dari Thailand dan Vietnam sebagai peringkat dua teratas, serta satu poin dari Myanmar yang menempati urutan ketiga.

Baca Juga

Dengan menyisakan dua pertandingan sisa, peluang Timnas Indonesia U-19 untuk lolos dari penyisihan grup terbilang masih terbuka, namun cukup berat lantaran harus raih kemenangan beruntun.

Dalam dua pertandingan terakhir, Timnas Indonesia akan menghadapi Filipina dan Myanmar. Andai berhasil meraih kemenangan di dua laga ini, maka skuat Garuda Nusantara akan mengumpulkan poin maksimal sebanyak 11.

Angka tersebut sudah bisa melewati perolehan poin Thailand dan Vietnam, jika kedua tim tadi gagal raih kemenangan di dua partai sisa.

Baca Juga

Namun jika Vietnam dan Thailand sama-sama bisa menang di dua pertandingan terakhir, maka perolehan poin mereka akan menjadi 13 dan dipastikan bakal langsung lolos ke perempat final.

Akan tetapi, Vietnam dan Thailand masih harus bertemu di partai terakhir penyisihan grup tanggal 10 Juli 2022 mendatang.

Sehingga peluang Vietnam dan Thailand untuk bisa amankan 13 poin terbilang cukup berat. Pasalnya, hanya ada salah satu dari kedua tim ini yang bisa sapu bersih kemenangan.

Baca Juga

Andai di laga Vietnam kontra Thailand ada tim yang menang, maka Timnas Indonesia bisa lolos ke perempat final dengan status runner up, namun dengan syarat di dua pertandingan terakhir skuat Garuda juga harus menang.

Akan tetapi jika pertandingan Vietnam dan Thailand berakhir imbang, maka akan ada tiga tim dengan perolehan angka 11 yakni Timnas Indonesia, serta Thailand atau Vietnam.

Jika kondisi ini terjadi, maka penentuan juara dan runner up grup akan ditentukan oleh produktivitas gol.

Oleh sebab itu, Timnas Indonesia wajib sapu bersih dua laga sisa dengan kemenangan dan skor telak untuk memperbesar peluang lolos ke perempat final.


2. PR Besar Timnas Indonesia

Pelatih Timnas Indonesia U-19 Shin Tae-yong. Foto: Zainal Hasan/INDOSPORT

Meski memiliki target tinggi yakni amankan kemenangan di dua pertandingan terakhir, namun Timnas Indonesia masih dibayangi oleh pekerjaan rumah cukup besar pasca laga kontra Thailand.

Masalah pertama adalah tingkat penyelesaian akhir Timnas Indonesia u-19 yang kurang maksimal, serta mencari sosok pengganti Marselino Ferdinan yang harus absen akibat cedera.

Baca Juga

Sebagaimana diketahui, Timnas Indonesia U-19 baru saja menjamu Thailand di Stadion Patriot, Bekasi, Jawa Barat pada Rabu (06/07/22) malam WIB. Tuan rumah gagal manfaatkan sejumlah peluang emas, terutama di babak pertama.

Timnas Indonesia U-19 bisa dikatakan mendominasi karena punya enam tembakan ke arah gawang dengan tiga on target. Sedangkan Thailand U-19 hanya dua kesempatan, tanpa sekalipun on target. 

Menurut Shin Tae-yong, keluarnya Marselino Ferdinan di akhir babak pertama turut mempengaruhi kualitas Garuda Nusantara, terutama di babak kedua.

Tidak ada pengganti sepadan yang bisa mengatur tempo dan alur bola selihai pemain muda milik Persebaya Surabaya itu. 

Kondisi fisik pemain yang menurun juga mempengaruhi permainan Timnas Indonesia U-19. Hal itu bakal menjadi evaluasi untuk pertandingan berikutnya demi tiket ke semifinal Piala AFF U-19 2022.

FilipinaTimnas IndonesiaPiala AFFBola InternasionalTimnas Indonesia U-19Berita Timnas IndonesiaPiala AFF U-19 2022

Berita Terkini