x

Piala AFF U-19 2022: Minder di Sisa Laga Terakhir, Vietnam Buka Kans Timnas Indonesia Lolos Semifinal

Jumat, 8 Juli 2022 09:30 WIB
Penulis: Antonius Wahyu Indrajati | Editor: Prio Hari Kristanto
Hanya menyisakan dua pertandingan terakhir, Vietnam U-19 justru terlihat tidak percaya diri bisa lolos ke babak semifinal Piala AFF U-19 2022. Foto: Petrus Manus Da'Yerimon/INDOSPORT

INDOSPORT.COM – Hanya menyisakan dua pertandingan terakhir, Vietnam U-19 justru terlihat tidak percaya diri bisa lolos ke babak semifinal Piala AFF U-19 2022.

Menjelang sisa-sisa pertandingan babak kualifikasi Piala AFF U-19 2022, masing-masing negara yang bergabung di dalam Grup A tengah menghadapi fase-fase genting.

Baca Juga

Sebab, peringkat empat teratas klasemen Grup A, masih berpeluang untuk lolos ke babak semifinal Piala AFF U-19 2022.

Namun, Timnas Indonesia U-19 saat ini adalah tim yang paling banyak memikul beban. Hal itu sebabkan karena saat ini skuat Garuda Muda harus berada di peringkat empat setelah hasil imbang kemarin.

Diketahui bahwa pasukan Shin Tae-yong masih terpaut dua poin dari Thailand dan Vietnam. Karena itu, Timnas Indonesia wajib menang di sisa laga terakhir agar bisa melaju ke semifinal.

Baca Juga

Sedangkan untuk bisa lolos ke semifinal Piala AFF U-19 2022, setidaknya Ronaldo Kwateh, Hokky Caraka harus bisa menyelesaikan fase grup sebagai runner-up.

Tentu saja, hal itu jelas menjadi tantangan yang sulit bagi skuat Shin Tae-yong, terlebih karena mereka bermain di kandang sendiri, Timnas Indonesia justru menghadapi beban berat lainnya.

Masyarakat pencinta sepak bola Tanah Air jelas menaruh harapan besar bagi tim Garuda Muda, agar bisa terus menjajaki pertandingan Piala AFF U-19 2022.

Baca Juga

Akan tetapi, kans untuk lolos fase grup menjadi jauh lebih susah dicapai, lantaran Timnas Indonesia U-19 hanya memperoleh lima poin dari tiga laga yang telah mereka jalani.

Memperhitungkan peluang kelolosan semifinal Piala AFF U-19 2022, justru membuat pelatih Vietnam, Dinh The Nam menjadi tidak percaya diri di sisa laga mereka.


1. Pelatih Vietnam Tidak Percaya Diri di Sisa Laga Mereka

Pertandingan antara Timnas Indonesia U-19 vs Vietnam U-19 di Piala AFF U-19 2022.

Saat ini, Vietnam merupakan peringkat teratas di klasemen sementara Grup A Piala AFF U-19 2022 dengan torehan tujuh poin.

Akan tetapi, Thailand terus membuntuti mereka di peringkat dua dengan jumlah poin sama, dan hanya kalah dalam selisih gol.

Baca Juga

Sedangkan di laga terakhir Piala AFF U-19 2022, mereka akan bertemu untuk menutup serangkaian pertandingan babak penyisihan Grup A.

Meskipun saat ini Vietnam telah memuncaki klasemen sementara, melansir dari laman Laodong, pelatih Dinh The Nam justru terlihat tidak percaya diri dengan sisa pertandingan mereka.

Pelatih itu juga mengungkapkan bahwa pada pertandingan kali ini, para pemainnya justru menghadapi tekanan lain yang telah memengaruhi mental mereka.

Baca Juga

“Pemain saya tidak pernah bermain di stadion dengan penonton yang begitu besar dan antusias. Jadi, mereka sedikit banyak terpengaruh secara mental,” ucap Dinh The Nam dilansir dari laman Laodong.

“Saya memberi tahu para pemain sebelum pertandingan tentang bagaimana penonton Indonesia tidak hanya di turnamen ini, tetapi di turnamen lain juga sama bersemangatnya,” paparnya.

Bahkan, menyongsong dua laga terakhirnya, pelatih Vietnam itu mengaku bahwa ia tidak bisa memprediksi peluang timnya untuk melewati fase Grup A Piala AFF U-19 2022 ini.

Baca Juga

“Sampai saat ini, kami belum bisa memastikan apa pun, tentang kemungkinan mencapai semifinal. Vietnam U-19 sudah melakukan perhitungan di setiap pertandingan,” ucap Dinh The Nam.

“Setelah pertandingan mendatang melawan Myanmar dan Thailand, kita akan tahu apakah kita akan mencapai semifinal atau tidak,” pungkasnya.


2. Syarat Timnas Indonesia U-19 Bisa Lolos ke Semifinal

Pelatih Timnas Indonesia U-19 Shin Tae-yong. Foto: Zainal Hasan/INDOSPORT

Mengupas syarat-syarat agar Timnas Indonesia U-19 bisa lolos dari grup A dan menembus semifinal Piala AFF U-19 2022

Timnas Indonesia U-19 harus menelan pil pahit usai bermain imbang dengan Thailand di laga ketiga grup A Piala AFF U-19 2022, Rabu (06/07/22).

Hasil imbang ini membuat Timnas Indonesia U-19 harus tertahan di peringkat keempat grup A Piala AFF U-19 2022 di belakang Vietnam, Thailand dan Myanmar.

Sejauh ini, skuat Garuda Muda baru mengantongi lima poin hasil dari satu kemenangan atas Brunei Darussalam dan dua hasil imbang dari Vietnam dan Thailand.

Jumlah poin itu masih kalah dari Vietnam dan Thailand yang duduk di peringkat pertama dan kedua dengan tujuh poin, hasil dari dua kemenangan dan satu hasil imbang.

Baca selengkapnya: Misi Keluar dari Lubang Jarum, 2 Syarat Timnas Indonesia U-19 Bisa Lolos ke Semifinal Piala AFF U-19

Bola InternasionalVietnam U-19Timnas Indonesia U-19Piala AFF U-19 2022

Berita Terkini