x

Piala AFF U-19: Timnas Indonesia Bekuk Filipina, Pelatih Vietnam Auto Panik Jelang Hadapi Thailand

Sabtu, 9 Juli 2022 11:40 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
Pelatih Vietnam U-19, Dinh The Nam, langsung pasang kuda-kuda jelang lawan Thailand setelah mengetahui Timnas Indonesia menang 5-1 atas Filipina di Piala AFF U-19. Foto: Petrus Manus Da'Yerimon/INDOSPORT

INDOSPORT.COM – Pelatih Vietnam U-19, Dinh The Nam, langsung pasang kuda-kuda jelang lawan Thailand setelah mengetahui Timnas Indonesia menang 5-1 atas Filipina di Piala AFF U-19.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia U-19 baru saja berpesta gol 5-1 melawan Filipina dalam laga yang berlangsung di Stadion Patrio, Jumat (08/07/22) malam WIB.

Baca Juga

Kemenangan ini memang belum mampu mengatrol posisi Timnas Indonesia U-19 untuk menyalip Vietnam dan Thailand. Saat ini, Ronaldo Kwateh dkk duduk di posisi ketiga dengan raihan 8 poin.

Namun, skuad besutan Shin Tae-yong ini jadi tim tersubur setelah mencatat selisih 11 gol dari 3 pertandingan yang di jalani. Vietnam baru mencatat selisih 9 gol sedangkan Thailand hanya 2.

Baca Juga

Pelatih Vietnam U-19, Dinh The Nam menyadari bahwa Indonesia punya kans besar untuk lolos jika menang melawan Myanmar di laga terakhir pada Minggu (10/07/22).

“Berbicara soal (selisih) gol untuk membandingkan jumlah gol yang kebobolan dengan Thailand dan Indonesia tidak akan memiliki banyak peluang,” ujar Dinh The Nam dilansir dari Soha.

“Sangat mungkin mereka akan memiliki lebih banyak gol dari pada kami.”

Baca Juga

Thailand juga punya peluang lolos ke semifinal Piala AFF U-19 2022 jika mereka bisa membenamkan Vietnam di laga terakhir yang juga akan berlangsung Minggu besok.


1. Vietnam U-19 Wajib Menang Lawan Thailand

Pemain Timnas Indonesia U-19, Marselino Ferdinan, tengah membawa bola dibayang-bayangi pemain Vietnam di Piala AFF U-19.

Oleh sebab itu, Dinh The Nam menyerukan agar anak asuhnya menang Thailand berapa pun skornya. Sebab, haram hukumnya bagi mereka kalah di laga terakhir nanti.

“Vietnam U-19 harus mempersiapkan diri bersiap dengan baik di pertandingan terakhir penyisihan grup melawan Thailand U-19. Setidaknya skor imbang, jika tidak menang,” tandas Dinh The Nam.

Baca Juga

Vietnam sendiri sejatinya sukses membantai Myanmar 3-1 pada pertandingan lanjutan Grup A Piala AFF U-19 2022 di Stadion Madya, Senayan, Jumat sore WIB.

Mampu unggul cepat pada menit kedua lewat gol Nguyen Quoc Viet. Vietnam mampu menambah dua gol berikutnya pada menit ke-55’ lewat Nguyen Van Kang dan ke-84’ oleh Nguyen Quoc Viet

Harapan The Golden Star Warriors untuk bisa menang clean sheet 3-0 hancur lebur setelah Myanmar Myanmar mampu memperkecil kekalahan menjadi 1-3 lewat gol La Min Htwe.

Baca Juga

Kemenangan ini sempat membuat Vietnam duduk nyaman di puncak klasemen sementara Grup A dengan torehan 10 poin dari empat pertandingan yang dilakoni.

Namun kenyamanan pasukan Dinh The Nam mulai terusik usai beberapa jam setelahnya, Thailand juga memetik kemenangan 2-0 atas Brunei Darussalam.

Baca Juga

Vietnam dan Thailand saat ini mengantongi 10 poin sama di dua posisi teratas klasemen. Namun, posisi mereka belumlah aman karena kemenangan Indonesia atas Filipina.


2. Hitung-hitungan Indonesia Lolos Semifinal Piala AFF U-19

Para pemain Timnas Indonesia U-19, Piala AFF U-19 di Stadion Patriot, Jumat (08/07/22).

Secara matematis, Indonesia bisa dibilang paling punya peluang untuk lolos sebagai juara grup jika mereka mampu menang atas Myanmar di laga terakhir fase grup lusa nanti.

Selain syarat tersebut, skuad Shin Tae-yong bisa jadi juara grup  jika laga Vietnam vs Thailand berakhir imbang, berapa pun skornya.

Jika Vietnam dan Thailand imbang, maka bersama Indonesia mereka akan sama-sama mengoleksi 11 poin. Namun, Timnas Indonesia dipastikan lolos sebagai juara grup.

Sesuai regulasi, jika terjadi jumlah poin yang sama, peringkat atas klasemen grup Piala AFF U-19 2022 bakal ditentukan lewat selisih gol.

Baca Selengkapnya: Hitung-hitungan Timnas Indonesia ke Semifinal Piala AFF U-19 Usai Hajar Filipina

ThailandBola InternasionalVietnam U-19Timnas Indonesia U-19Berita Timnas IndonesiaPiala AFF U-19 2022Dinh The Nam

Berita Terkini