x

2 Catatan Mengejutkan Timnas Indonesia Usai Bantai Myanmar di Piala AFF U-19 2022

Senin, 11 Juli 2022 06:27 WIB
Penulis: Yudha Riefwan Najib | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Para pemain Timnas Indonesia U-19 usai pertandingan melawan Myanmar U-19 di Stadion Patriot, Minggu (10/07/22).

INDOSPORT.COM – Perjalanan Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF U-19 2022 harus terhenti, setelah finis di peringkat ketiga klasemen akhir Grup A meski menang besar atas Myanmar.

Timnas Indonesia U-19 besutan Shin Tae-yong harus puas finis di peringkat tiga klasemen Grup A Piala AFF U-19 2022, akibat kalah head to head dengan Vietnam, dan Thailand yang lolos ke semifinal.

Baca Juga

Sebenarnya, poin yang diperoleh Timnas Indonesia sama dengan Vietnam, dan Thailand. Tiga tim tersebut berhasil mengumpulkan 11 poin.

Namun nasib sial harus menghampiri Ronaldo Kwateh dkk karena di laga penentuan lainnya yang mempertemukan Vietnam vs Thailand berakhir imbang 1-1.

Baca Juga

Pasalnya menurut regulasi dari AFF jika ada tim yang memiliki poin sama di satu grup, maka untuk menentukan tim yang berhak lolos adalah H2H.

Apesnya, armada Shin Tae-yong harus bermain imbang 0-0 ketika bertemu dengan Vietnam di pertandingan pertama, dan imbang 0-0 juga kala bertemu dengan Thailand di matchday ketiga.

Maka dari itu, Vietnam dan Thailand merupakan tim yang menjadi wakil dari Grup A yang lolos ke babak semifinal Piala AFF U-19 2022.

Hal tersebut bisa terjadi lantaran berhasil mencetak satu ketika keduanya saling bertemu di laga terakhir dalam ajang tahunan AFF.

Baca Juga

Sedangkan di dua laga yang dijalani, Timnas Indonesia yang dilatih oleh Shin Tae-yong tidak berhasil mencetak satu gol pun.

Walaupun Timnas Indonesia tidak lolos ke semifinal, namun tuan rumah gelaran Piala AFF U-19 2022 ini berhasil mencatatkan dua fakta yang mengejutkan.


1. 2 Fakta Mengejutkan yang Diraih Timnas Indonesia

Selebrasi pemain Timnas Indonesia U-19 usai mencetak ke gawang Myanmar Piala AFF U-19 di Stadion Patriot, Minggu (10/07/22).

Peluang Timnas Indonesia untuk lolos dari Grup A ke semifinal Piala AFF U-19 2022 sebenarnya terbuka lebar ketika mampu mengalahkan Myanmar dengan skor 5-1.

Harapan tersebut juga hampir terwujud ketika pada menit 71 Thailand mampu mencetak gol ke gawang Thailand.

Baca Juga

Namun, hal tersebut harus dikubur dalam-dalam ketika pada menit ke-76 Vietnam mampu membalas keadaan melalui gol yang dicetak oleh Khuat Van Khang.

Meski begitu skuad Garuda muda mampu mencatatkan dua capaian yang membuat pendukung Timnas Indonesia mengapreasi kerja keras para penggawa Garuda muda.

Baca Juga

Pertama, anak asuh Shin Tae-yong merupakan tim dengan produktivitas gol yang paling banyak. Pasalnya dari lima pertandingan yang dijalani Marselino Ferdinan dkk mampu mengoleksi 17 gol.

Torehan tersebut lebih banyak dari kedua tim yang lolos dari Grup A Piala AFF U-19 2022, yakni Vietnam yang mengumpulkan 12 gol.

Sedangkan Thailand yang merupakan juara bertahan dalam ajang tahunan AFF ini saja hanya mampu mengoleksi 7 gol saja dalam lima pertandingan yang dijalani.

Kedua, Timnas Indonesia merupakan salah satu tim yang tidak terkalahkan selama bergulirnya pertandingan di Grup A Piala AFF U-19 2022.

Baca Juga

Mereka meraih tiga kali kemenangan, dan mencatatkan dua kali hasil imbang. Hasil seri didapatkan ketika Timnas Indonesia melawan Vietnam dan Thailand, dengan skor 0-0.

Sementara kemenangan yang didapatkan armada Shin Tae-yong diraih dengan minimal lima gol. Hasil akhir 7-0 ketika melawan Brunei Darussalam, 1-5 kontra Filipina, dan 5-1 ketika melawan Myanmar.


2. Detik-detik Vietnam dan Thailand Diduga Mainkan Sepak Bola Gajah

Suporter Ultras Garuda di tribun saat menyalakan flare pada pertandingan antara Timnas Indonesia U-19 vs Myanmar U-19 di Piala AFF U-19, Minggu (10/07/22).

Pertandingan terakhir penyisihan Grup A Piala AFF U-19 2022 antara Vietnam vs Thailand membuat para pendukung Timnas Indonesia geram.

Pertandingan kelima di Grup A ajang Piala AFF U-19 menggelar pertandingan antara Vietnam vs Thailand dan Timnas Indonesia U-19 kontra Myanmar pada Minggu (10/07/22).

Laga yang digelar di Stadion Patriot Chandrabaga, Bekasi tersebut berakhir dengan kemenangan Timnas Indonesia dengan skor 5-1, atas Myanmar.

Gol yang diciptakan oleh pasukan Garuda muda disumbangkan oleh Muhammad Ferrari di menit 18' dan 30', Arkhan Fikri pada menit 25', Rabbani Tasnim pada menit ke-33, dan Ronaldo Kwateh pada menit 72'.

Baca Selengkapnya: Detik-detik Vietnam dan Thailand Diduga Mainkan Sepak Bola Gajah

VietnamThailandMyanmarTimnas IndonesiaBola InternasionalShin Tae-yongPiala AFF U-19 2022

Berita Terkini