x

Isu Timnas Indonesia Keluar dari AFF, Followers Akun Instagram EAFF Naik Drastis

Sabtu, 16 Juli 2022 21:25 WIB
Penulis: Ilham Oktafian | Editor: Indra Citra Sena
Followers instagram East Asian Football Federation (EAFF) langsung melonjak drastis menyusul kabar Timnas Indonesia akan keluar dari AFF dan gabung EAFF.

INDOSPORT.COM - Followers instagram East Asian Football Federation (EAFF) langsung melonjak drastis menyusul kabar Timnas Indonesia akan keluar dari AFF dan gabung EAFF.

Dalam waktu singkat, pengikut EAFF di akun instagram @eaff_official mencapai 32,2 ribu. Bahkan, kurang dari 24 jam terjadi peningkatan followers hingga 30 ribu.

Baca Juga

Ya, pada Jumat (15/07/22) EAFF mengumumkan jumlah pengikut mereka mencapai 10 ribu seiring dengan kabar keluarnya Timnas Indonesia dari AFF dan hijrah ke federasi sepakbola Asia Timur tersebut.

Tak berselang lama, EAFF telah mengumumkan bahkan mereka punya pengikut 20 ribu. EAFF pun mengucapkan banyak terimakasih.

Kini, pada Sabtu (16/07/22) malam jumlah pengikut EAFF sudah mencapai 32,2 ribu. Artinya, kurang dalam 24 jam terjadi peningkatan followers yang cukup drastis.

Baca Juga

Netizen pun berseloroh dan meminta EAFF melakukan syukuran dengan cara menampung Timnas Indonesia di federasi tersebut.

"Kalau ada Indonesia pasti makin rame," tulis akun @ardani.ramadhan_.

"EAFF 2023 Indonesia wajib kudu mesti gabung!," tulis akun @masputraa_official.

Baca Juga

"Semoga presiden @eaff_official segera ngajak gabung Timnas Indonesia kita..," tulis akun @haripotro.

"Indonesia masukin ke sini saja," tulis akun @cestaditya.


1. Profil EAFF

Suporter Ultras Garuda di tribun saat menyalakan flare pada pertandingan antara Timnas Indonesia U-19 vs Myanmar U-19 di Piala AFF U-19, Minggu (10/07/22).

Terseretnya nama EAFF setelah Piala AFF U-19 2022 pun menimbulkan beberapa pertanyaan menarik, salah satunya siapa sebenarnya mereka ini?

Didirikan pada 28 Mei 2002, kehadiran EAFF bertujuan mengembangkan dan memperkuat permainan sepak bola ke level top dunia, dengan cara meningkatkan standar dan memainkan peran utama di Asia.

Baca Juga

Jika Timnas Indonesia bergabung, mereka akan menjadi anggota ke-11 setelah China, China Taipei, Guam, Hong Kong, Jepang, Korea Utara, Korea Selatan, Macau, Mongolia, dan Kepulauan Mariana Utara.

Selain itu, dari segi kualitas, Timnas Indonesia tentu bisa berpartisipasi di ajang yang lebih kompetitif karena bakal bersua tim-tim kuat macam Jepang dan Korea Selatan.

Sampai saat ini, ada tiga negara EAFF yang masuk 100 besar ranking FIFA yaitu Jepang (24), Korea Selatan (28), dan China (78). 

Baca Juga

Sama seperti Piala AFF, Timnas Indonesia juga bisa mengikuti EAFF Football Championship yang merupakan ajang dua tahunan di federasi tersebut.

Kompetisi yang juga dikenal dengan sebutan EAFF E-1 Football Championship tersebut pertama kali digelar pada 2003 silam.

Pemenang dari ajang ini pun berhadapan dengan juara Asia Tenggara dalam laga bertajuk AFF–EAFF Champions Trophy, yang terakhir digelar pada 2019 di Korea Selatan.

Baca Juga

Sejauh ini, Korea Selatan masih jadi tim tersukses sepanjang sejarah EAFF E-1 Football Championship dengan raihan lima gelarnya.

Akan tetapi, apabila bergabung, Timnas Indonesia tidak serta-merta bisa langsung menghadapi tim-tim seperti Jepang atau Korea Selatan. Ada tiga putaran yang dibagai berdasarkan ranking FIFA. Mengingat peringkat negara-negara seperti Jepang, Korea Selatan, dan China tergolong tinggi, mereka akan langsung lolos ke putaran ketiga.


2. Wow! Federasi Sepak Bola Asia Timur (EAFF) Beri Kode Mengajak Timnas Indonesia untuk Bergabung?

Suporter Ultras di tribun saat menyalakan flare pada pertandingan antara Timnas Indonesia U-19 vs Vietnam U-19 di Piala AFF U-19 2022.

Fans Garuda baru saja dihebohkan dengan postingan Instagram Federasi Sepak Bola Asia Timur (EAFF), yang disinyalir mengajak Timnas Indonesia untuk bergabung.

Sebagaimana diketahui, fans Garuda tengah kecewa berat dengan Federasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF), pasca Timnas Indonesia U-19 gagal lolos semifinal Piala AFF U-19 2022.

Meski menang telak atas Myanmar dengan skor 5-1 di laga terakhir Grup A, Timnas Indonesia U-19 harus angkat koper dari Piala AFF U-19 2022 setelah Vietnam dan Thailand meraih hasil imbang 1-1.

Regulasi jadul AFF telah menentukan bahwa posisi akhir penghuni klasemen adalah head to head, selisih gol dan produktivitas gol.

Maka dalam mini klasemen antara ketiga tim, Timnas Indonesia U-19 berada paling akhir karena gagal mencetak gol saat bersua Thailand dan Vietnam.

Baca Juga
Timnas IndonesiaBola InternasionalASEAN Football Federation (AFF)Berita Timnas IndonesiaEast Asian Football Federation (EAFF)EAFF

Berita Terkini