x

Susul Bagus Kahfi? 3 Pemain Timnas Indonesia yang Siap Bersinar di Piala AFF U-16 2022

Jumat, 15 Juli 2022 18:03 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Bagus Kahfi adalah bagian Timnas Indonesia yang sukses di Piala AFF U-16 2018. Foto: Fitra Herdian/INDOSPORT.

INDOSPORT.COM - Menerawang para calon penerus Bagus Kahfi yang siap bersinar bersama Timnas Indonesia di Piala AFF U-16 2022.

Seperti diketahui, Indonesia akan kembali jadi tuan rumah kompetisi sepak bola kelompok usia level Asia Tenggara setelah Piala AFF U-19 2022.

Baca Juga

Skuat Garuda Nusantara yang berlaga di level U-19 gagal lolos ke semifinal meski telah menampilkan yang terbaik di bawah asuhan Shin Tae-yong.

Sempat diwarnai kontroversi karena hasil imbang Vietnam dan Thailand di laga pamungkas Grup A, Indonesia harus ikhlas melihat Marselino Ferdinan dkk harus angkat kaki lebih cepat dari hajatan.

Kini, gelaran Piala AFF U-19 2022 telah mencapai titik akhir di mana partai final dan perebutan tempat ketiga digelar pada hari Jumat (15/07/22) start sore WIB.

Baca Juga

Di sisi lain, Timnas Indonesia juga tengah mempersiapkan diri jelang Piala AFF U-16 2022.

Jika tidak ada aral melintang, event ini bakal diselenggarakan di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mulai 31 Juli mendatang.

Sebagai kompetisi sepak bola yang mempertemukan tim-tim se-Asia Tenggara, tidak jarang Piala AFF berhasil menelurkan bintang-bintang muda berbakat yang sukses di kemudian hari.

Baca Juga

Sebut saja salah satunya Bagus Kahfi yang sukses bersama Timnas Indonesia di Piala AFF U-16 2018 lalu.

Pemain yang satu ini bahkan tidak pernah absen menjebol gawang lawan saat Timnas Indonesia U-16 berlaga di putaran grup.


1. Bagus Kahfi Sukses di Edisi 2018, Siapa Selanjutnya?

Bagus Kahfi adalah bagian Timnas Indonesia yang sukses di Piala AFF U-16 2018. Foto: Fitra Herdian/INDOSPORT.

Alhasil, ia pun tampil sebagai top skor Piala AFF U-16 2018 dengan torehan impresif 13 gol, terpaut cukup jauh dari peraih peringkat kedua, Dinh Thanh Trung (8 gol).

Gelar top skor Bagus Kahfi di edisi 2018 tersebut pun melengkapi kesuksesan Timnas Indonesia U-16 yag berhasil tampil sebagai juara usai mengalahkan Thailand di final.

Baca Juga

Pertandingan yang sempat berakhir imbang 1-1 itu pun ditutup Garuda Asia dengan kemenangan adu penalti 4-3.

Tidak ketinggalan, Bagus Kahfi pun turut andil mengekeskusi tembakan ke gawang Thailand bersama David Maulana, Sutan Zico, dan Rendy Juliansyah.

Timnas Indonesia U-16 angkatan selanjutnya pun kembali mencatatkan hasil positif di gelaran 2019 meski hanya berhasil menggondol peringkat ketiga. Kali ini, juga lahir sosok bintang lainnya setelah Bagus Kahfi yakni Marselino Ferdinan.

Baca Juga

Sekarang, optimisme pun kembali dibangun untuk menghadapi Piala AFF U-16 2022, yang akhirnya bisa dihelat setelah vakum dua edisi akibat pandemi Covid-19.

Selain digelar di negeri sendiri, mata publik sepak bola Tanah Air juga akan tertuju pada Timnas Indonesia U-16 yang akan berlaga di Grup A nantinya.

Mereka berada di grup yang sama dengan Vietnam, Singapura, dan Filipina. Sementara itu, Grup B dihuni oleh Thailand, Laos, Timor-Leste, dan Brunei Darussalam.

Baca Juga

Lantas, siapa calon bintang Timnas Indonesia yang mungkin bisa menyusul kesuksesan Bagus Kahfi, kali ini di Piala AFF U-16 2022?

Ji Da-bin

Nama yang cukup mencolok daftar TC Timnas Indonesia untuk Piala AFF U-16 2022. Terdiri dari tiga suku kata, nampaknya sudah banyak yang tahu bahwa pemain ini berasal dari Negeri Ginseng, Korea.


2. Siapa Lagi?

Bagus Kahfi adalah bagian Timnas Indonesia yang sukses di Piala AFF U-16 2018. Foto: Fitra Herdian/INDOSPORT.

Mencolok bukan berarti asing atau jarang didengar. Justru sebaliknya, Ji Da-bin termasuk nama lama yang dipanggil ke TC Timnas Indonesia U16 di Yogyakarta.

Meski punya darah Korea Selatan, ia ternyata pemuda kelahiran Depok, Jawa Barat, dan menempuh pendidikan sepak bola di ASIOP Football Academy.

Baca Juga

Ji Da-bin pun punya peluang besar menjadi bintang di Piala AFF U-16 2022 dengan bekal kecerdasan di lapangan, serta postur tubuh yang jangkung untuk remaja seusianya (176 cm).

Ia juga punya perhitungan matang saat melakukan dribel maupun melepaskan operan, bisa bermain sebagai winger maupun striker.

Figo Dennis Saputrananto

Saat ini bermain sebagai gelandang serang di klub Liga 1, Persija Jakarta. Menariknya, pemain yang satu ini memiliki perpaduan nama dua legenda sepak bola dunia, Luis Figo dan Dennis Bergkamp.

Baca Juga

Tidak berbeda jauh dengan Ji Da-bin, Figo Dennis juga bukan nama baru di daftar TC Timnas Indonesia U-16.

“Saya sangat bersyukur dipercaya kembali membela timnas. Saya sangat siap mengikuti TC. Mudah-mudahan bisa memberikan yang terbaik dan mengharumkan nama Indonesia,” ujarnya dikutip dari laman resmi Persija.

Hanif Ramadhan

Sempat dipanggil untuk menjalani latihan dan uji coba di Inggris melalui program Garuda Select. Ia bahkan membuat seorang Dennis Wise jatuh cinta dengan penampilannya.

Baca Juga

Selama mengikuti ajang Garuda Select, Hanif Ramadhan pun kerap menuai pujian dari sang pelatih, Des Walker.

Akankah Hanif Ramadhan bisa mengikuti jejak Bagus Kahfi yang jadi bintang di Piala AFF U-16 2018? Terlebih lagi, jika bicara soal sepak terjang, keduanya sama-sama berstatus jebolan Garuda Select.

Timnas Indonesia U-16Piala AFF U-16Timnas IndonesiaBola InternasionalBagus KahfiBerita Timnas IndonesiaPiala AFF U-16 2022

Berita Terkini