x

Timnas Indonesia U-19 Dinilai Butuh Motivator, Ini Respons Shin Tae-yong

Kamis, 21 Juli 2022 20:10 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Prio Hari Kristanto
Timnas Indonesia U-19 dinilai membutuhkan motivator untuk meningkatkan performa pemain yang membuat pelatih Shin Tae-yong buka suara.

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia U-19 dinilai membutuhkan motivator untuk meningkatkan performa pemain yang membuat pelatih Shin Tae-yong buka suara. 

Kebutuhan motivator untuk Timnas Indonesia U-19 diutarakan oleh asisten manajer Timnas Indonesia, Sumardji. Sumardji menilai mental pemain Timnas Indonesia U-19 masih belum baik.

Baca Juga

Hal tersebut terlihat di setiap laga perdana Timnas Indonesia U-19 di ajang Piala AFF U-19 2022. Saat itu, Timnas Indonesia U-19 gagal mengalahkan Vietnam dan Thailand.

Padahal, dalam dua pertandingan yang berakhir 0-0 itu, skuad Merah Putih menguasai permainan.

Terlebih bagi Sumardji dalam usia 17-18 tahun mental pemain belum terbentuk maksimal. Sehingga membutuhkan bantuan psikolog atau motivator.

Baca Juga

"Anda bisa lihat saat laga pertama melawan Vietnam, mental, dan skema permainan tidak berkembang. Ini selalu menjadi problem saat Indonesia main di laga pertama," kata Sumardji dilansir dari laman PSSI.

"Itu harus menjadi koreksi Shin Tae-yong agar setiap laga pertama sudah langsung tune-in. Langsung ngegas," tambah Sumardji.

Namun terkait hal ini pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong menolak hal ini. Bagi Shin Tae-yong hal itu pernah ia terapkan saat melatih Timnas Korea Selatan, tetapi hal tersebut tidak berjalan baik.

Baca Juga

"Akan lebih baik, jika ketua umum, manajer, bisa memberikan motivasi pemain pada sesi yang lain dengan waktu yang lebih lama," ucap Shin Tae-yong.

"Bisa juga mengumpulkan pemain di tempat tertentu dan diberikan motivasi," kata Shin Tae-yong. 


1. Media Vietnam Remehkan Shin Tae-yong`

Pelatih Timnas Indonesia U-19 Shin Tae-yong. Foto: Zainal Hasan/INDOSPORT

Media Vietnam, Soha.vn, secara tak langsung mengatakan bahwa Timnas Indonesia besutan Shin Tae-yong tidak bisa mengalahkan skuat The Golden Star selamanya.

Sebelumnya, Shin Tae-yong ditunjuk untuk mengemban tugas memajukan sepak bola Timnas Indonesia. Tampaknya, usaha pelatih asal Korea Selatan ini bisa dibilang berhasil.

Baca Juga

Pasalnya, Indonesia perlahan bangkit secara bertahap dari keterpurukan. Meski belum memenangkan trofi bagi Indonesia, usaha Shin Tae-yong tetap layak diapresiasi.

Di bawah Shin Tae-yong, Indonesia mencapai runner-up Piala AFF 2020, memperoleh medali perunggu di SEA Games ke-31, dan mencapai final Piala Asia 2023. Bahkan, ranking FIFA Indonesia naik 20 peringkat sejak diasuh oleh mantan pelatih Timnas Korea Selatan itu.

Shin Tae-yong bahkan mengorbitkan talenta muda dan mengasahnya menjadi pemain yang lebih baik. Namun, masih ada kekurangan Shin Tae-yong yang disebut oleh media Vietnam, Soha.vn.

Baca Juga

Kekurangannya adalah sang pelatih tidak bisa membuat Timnas Indonesia menang atas Vietnam dan Thailand. Sebelumnya, Indonesia dibantai 0-4 oleh Vietnam di kualifikasi Piala Dunia 2022.

Timnas Indonesia U-23 kalah 0-3 dari Vietnam di babak penyisihan grup SEA Games. Saat bertemu Thailand, Indonesia juga kalah 0-4 di Piala AFF dan kemudian kalah di semifinal SEA Games.

Terakhir, Garuda meraih hasil imbang dengan skor kacamata saat menjamu Thailand dan Vietnam di Piala AFF U-19. Bahkan, Indonesia dibilang kewalahan dan beruntung tidak kemasukan gol saat melawan dua tim tersebut.

Baca Juga

Hasil seri itu akhirnya membuat Indonesia U-19 gagal melaju ke semifinal Piala AFF U-19 usai kalah head-to-head meski Vietnam, Indonesia, dan Thailand memiliki poin yang sama.

Atas hasil itu, Shin Tae-yong berkomentar seusai ditanya mengapa tidak bisa menang dari Vietnam dan Thailand.


2. Profil Timnas Curacao, Calon Lawan Timnas Indonesia

Timnas Indonesia merayakan gol ke gawang Malaysia di laga Grup B Piala AFF, Minggu (19/12/21).

Curacao menjadi negara yang berpotensi jadi lawan Timnas Indonesia di laga uji coba agenda FIFA. Berikut profil Tim Nasional Curacao.

Pertandingan uji coba resmi internasional atau FIFA Matchday akan berlangsung pada bulan September 2022 mendatang.

Timnas Indonesia diprediksi akan berpartisipasi dalam melakukan uji tanding melawan negara lain, demi meningkatkan ranking FIFA dan juga sebagai tolok ukur kekuatan jelang turun di Piala AFF 2022 dan Piala Asia 2023.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong pun berharap kepada asosisasi sepak bola Indonesia, PSSI, untuk mencarikan lawan uji coba resmi FIFA yang lebih berkualitas kekuatannya.

“Masih dalam komunikasi dengan PSSI untuk mencari tim dengan peringkat 50-100 (di FIFA Matchday),” ujarnya kepada awak media bulan Juni lalu.

Baca Selengkapnya: Profil Timnas Curacao, Calon Lawan Timnas Indonesia yang Dibuat Menakutkan oleh Guus Hiddink

Timnas IndonesiaBola InternasionalTimnas Indonesia U-19Berita Timnas IndonesiaShin Tae-yong

Berita Terkini