x

Liga 1: Sebut Persija Dominan, Teco Akui Bali United Menang Berkat Serangan Balik

Minggu, 24 Juli 2022 17:35 WIB
Kontributor: Nofik Lukman Hakim | Editor: Prio Hari Kristanto
Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco, mengakui timnya memang sengaja bermain dengan serangan balik saat jumpa Persija Jakarta di Liga 1.

INDOSPORT.COM - Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco, mengakui timnya memang sengaja bermain dengan serangan balik. Cara itu sukses berbuah kemenangan 1-0 atas Persija Jakarta pada pembuka Liga 1 2022/2022.

Dalam laga di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Sabtu (23/07/22), Bali United menampilkan hampir semua pemain lama. Praktis hanya Jajang Mulyana saja yang berstatus pendatang baru.

Baca Juga

Mempertahankan komposisi musim lalu membuat taktik bisa berjalan lebih bagus. Dalam laga ini, Bali United terlihat lebih ditekan Persija.

Namun, memang itulah strategi yang diinginkan Bali United. Teco melihat ada celah yang bisa dimanfaatkan Bali United ketika melancarkan serangan balik.

"Di dalam pertandingan pasti kita tahu, Persija tim besar, sekarang punya pelatih dari Jerman, pasti berani menyerang meski main di luar. Jadi, kita membuat pilihan yang berbeda. Kita lebih bertahan buat bisa serang balik," kata Teco usai pertandingan.

Baca Juga

Cara itu sebenarnya berjalan efektif, meski gol tunggal Willian Pacheco menit ke-39 berawal dari bola mati. Teco menyebut ada banyak peluang emas yang didapat timnya pada babak kedua.

"Kita punya beberapa peluang, tapi kurang tenang buat passing terakhir atau finishing. Tapi satu gol ini sangat cukup, sangat bagus buat dapat tiga poin," jelas Teco.

Teco menyadari bahwa strategi serangan balik membuat Persija leluasa dalam menguasai bola. Namun, Teco menyebut Hanno Behrens dkk. hanya sekadar membawa bola saja.

"Kita sudah tahu sistem dari mereka. Persija pakai 3-4-3. Pasti kita tahu mereka mau menyerang, tapi bisa dilihat sendiri, kiper kita tidak punya penyelamatan," tutur Teco.

"Mereka cuma punya bola, ball possession, tapi tidak bahaya. Sementara waktu kita menyerang, saat serangan balik, kita pasti lebih bahaya dari mereka. Ketika kita bisa fokus sedikit, minimal kita bisa cetak dua gol," lanjut pelatih asal Brasil ini.


1. Bantuan Suporter

Pertandingan Liga 1 antara Bali United vs Persija Jakarta di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Sabtu (23/07/22).

Bali United bisa memenangkan pertandingan juga berkat dukungan suporter. Ada sekitar 10 ribu suporter Bali United yang memadati tiap sudut tribun. Sementara suporter Persija sekitar seribu orang saja di tribun sayap utara.

Fakta itu diungkapkan bek Bali United, Willian Pacheco. Setelah sekian lama, Pacheco senang Bali United bisa main di Liga 1 dengan dukungan suporter lagi.

Baca Juga

"Saya respect dengan Persija. Mereka punya pemain yang berkualitas. Mereka terlihat mau menang, tapi suporter dari Bali bantu banyak buat kita punya semangat dalam bermain," jelas Pacheco.

Eks pilar Persija musim 2016-2017 ini senang punya kontribusi dalam laga ini. Gol sundulannya tercipta setelah Pacheco memanfaatkan umpan dari Irfan Jaya.

"Senang bisa bantu tim, bisa cetak gol, ini sangat penting. Kita benar-benar sudah tahu cara bermain Persija. Kita bersyukur bisa mulai liga dengan bagus," papar Pacheco dalam bahasa Portugis yang diterjemahkan Teco.

Pertegas Dominasi

Kemenangan ini membuat Bali United semakin mempertegas dominasi atas Persija Jakarta sepanjang kompetisi Liga 1.

Sejak kompetisi bernama Liga 1 pada tahun 2017 lalu, kedua tim sudah bertemu sembilan kali.

Baca Juga

Bali United mendominasi dengan tujuh kemenangan, termasuk pada pembuka kompetisi Liga 1 2022/2023 ini. Sementara Persija hanya kebagian satu kemenangan dan satu tersisa berakhir imbang.

Setelah ini, Bali United akan menjalani laga pekan kedua dengan melawan PSM Makassar pada Jumat (29/07/22) mendatang.

Baca Juga

Belum diketahui di mana laga ini akan dihelat. Pasalnya, PT Liga Indonesia Baru (LIB) melihat Stadion BJ. Habibie, Parepare, yang diajukan PSM sebagai markas, masih harus berbenah untuk menggelar pertandingan level Liga 1.


2. Hanno Behrens Puji Rizky Pellu yang Bikin Dirinya Tidak Berkutik

Gelandang Persija Jakarta, Hanno Behrens, dalam konferensi pers seusai laga Bali United vs Persija Jakarta di Liga 1. Foto: Nofik Lukman/INDOSPORT.

Gelandang anyar Persija Jakarta, Hanno Behrens memuji kawalan ketat yang dilakukan pemain Bali United, Rizky Pellu terhadap dirinya, Minggu (24/07/22) di laga pekan perdana Liga 1.

Pemain Bali United, Rizky Pellu mencatat statistik mengesankan saat membuat gelandang asing Persija Jakarta, Hanno Behrens, tak bekutik di laga pembuka Liga 1, Sabtu (23/07/22).

Sebagaimana diketahui, Persija Jakarta harus menelan kekalahan dalam laga perdana Liga 1 2022-2023 melawan Bali United. Bermain di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, Bali, Persija takluk dengan skor 0-1. Bali United berhasil meraih poin tiga berkat gol semata wayang dari Willian Pachecho.

Gol itu sendiri bermula dari crossing apik Irfan Jaya. Bola kemudian disambut Pacheco dengan tandukan yang membuat kiper Andriyany Ardhiyasa tak berdaya.

Pada laga pembuka Liga 1 tersebut, Hanno Behrens yang belum lama ini direkrut Persija, sejatinya berperan sebagai motor pembangun serangan Macan Kemayoran.

Baca Selengkapnya: Liga 1: Bali United vs Persija, Hanno Behrens Puji Rizky Pellu yang Bikin Dirinya Tidak Berkutik

Persija JakartaBali UnitedLiga IndonesiaStefano Cugurra TecoLiga 1Berita Liga 1

Berita Terkini