x

Tak Kalah Ngeri dari Shin Tae-yong, Bima Sakti Bikin Aturan Ketat untuk Timnas Indonesia U-16

Senin, 25 Juli 2022 13:24 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
TC Timnas Indonesia U-16 di Lapangan UNY Yogyakarta jelang Piala AFF U-16 2022.

INDOSPORT.COM - Tak kalah ngeri dari aturan Shin Tae-yong, pelatih Bima Sakti juga membuat aturan ketat supaya para pemain Timnas Indonesia U-16 disiplin.

Sebagaimana diketahui, Shin Tae-yong memiliki aturan ketat untuk mendisiplinkan para pemain Timnas Indonesia. Siapa yang tidak patuh, maka akan langsung dicoret.

Baca Juga

Ketegasan ini juga diadopsi oleh pelatih kepala Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti.

Saat ini, Bima Sakti tengah memimpin sesi pemusatan latihan Timnas Indonesia U-16, untuk persiapan jelang Piala AFF U-16 2022.

Sekadar informasi, Piala AFF U-16 2022 akan digelar pada 31 Juli hingga 12 Agustus. Indonesia juga kembali menjadi tuan rumah.

Baca Juga

Setelah mengumpulkan 30 pemain, Bima Sakti pun menyampaikan sosialisasi terkait aturan-aturan yang berlaku di Timnas U-16.

Aturan ini dibuat secara turun temurun dari generasi sebelumnya, sehingga sudah teruji untuk mendisiplinkan para penggawa muda. 

"Semua aturan ini sudah dibuat sejak 2019. Pemain harus disiplin, tidak boleh terlambat, menghargai waktu, disiplin seragam, sampai latihan, semua kita buat aturan," kata Bima.

Baca Juga

"Kemudian, jam-jam istirahat juga ada aturan. Jam 9 harus tidur semua, karena tanggung jawab kami ini besar sekali, kami harus mulai dari hal kecil," imbuhnya lagi.

"Makan harus sama-sama, harus seragam. Kemudian, kami kan difasilitasi PSSI dan sponsor, maka itu harus dimanfaatkan benar-benar," tegas pelatih Bima Sakti.


1. Bima Sakti: Ibadah Tetap Nomor Satu

TC Timnas Indonesia U-16 di Lapangan UNY Yogyakarta jelang Piala AFF U-16 2022.

Tidak hanya aturan di lapangan hijau, tetapi aturan di luar lapangan juga sangat ketat, karena Bima Sakti ingin penggawa Timnas Indonesia U-16 terbiasa untuk hidup disiplin.

Semakin muda mereka ditanamkan mental untuk jadi profesional, maka akan semakin mudah untuk membawa para penggawa Timnas U-16 ke level yang diharapkan.

Baca Juga

Maka dari itu, Bima Sakti juga menerapkan aturan penggunaan handphone pribadi dan media sosial bagi para pemain Timnas U-16.

"Main HP di TC kali ini, hanya empat jam sehari. Ini agar mereka fokus ke latihan dan tujuan kita, untuk memberikan yang terbaik di Piala AFF U-16," ungkap Bima Sakti lagi.

Baca Juga

Namun, Bima Sakti memberikan toleransi besar dalam hal ibadah. Pemain Timnas U-16 yang beragama Islam akan diminta untuk selalu mengikuti salat berjamaah.

"Ibadah juga. Shalat juga, bagi yang Muslim bareng-bareng terus (jamaah). Kalau ada yang telat, denda Rp50 ribu. Kalau yang ketiduran denda Rp100 ribu," tegas Bima.

Baca Juga

Sementara untuk pemain non-Muslim, juga diberi fasilitas untuk beribadah. Bima Sakti ingin para orang tua tidak khawatir ketika menitipkan anaknya di skuat Timnas U-16.

"Hari Minggu, pemain non-Muslim kami beri kesempatan juga, pemain yang Kristen kami sediakan kendaraan untuk ke gereja, yang dari Bali diantar ke pura," tuntas Bima Sakti.


2. Jadwal Timnas Indonesia U-16 di Piala AFF U-16 2022

TC Timnas Indonesia U-16 di Lapangan UNY Yogyakarta jelang Piala AFF U-16 2022.

Minggu, 31 Juli 2022
Timnas Indonesia U-16 vs Filipina U-16
Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta

Rabu, 3 Agustus 2022
Singapura U-16 vs Timnas Indonesia U-16
Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta

Sabtu, 6 Agustus 2022
Timnas Indonesia U-16 vs Vietnam U-16
Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta

Semifinal: Rabu, 10 Agustus 2022

Final: Jumat, 12 Agustus 2022

Bima Sakti TukimanTimnas Indonesia U-16AFF Championship U-16Piala AFF U-16Timnas IndonesiaBima SaktiBola InternasionalBerita Timnas IndonesiaShin Tae-yongPiala AFF U-16 2022

Berita Terkini

Berita Terpopuler