x

Profil Ilham Yuda, Wonderkid Asal Pontianak yang Gabung Klub Liga Spanyol

Jumat, 29 Juli 2022 14:01 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Ilham Yuda yang bergabung ke klub Spanyol, Deportivo Llosetense. Foto: Instagram@ilhamyuda23

INDOSPORT.COM - Berikut profil wonderkid asal Potianak yaitu Ilham Yuda yang baru saja membuat kejutan dengan bergabung ke klub divisi lima Liga Spanyol, Deportivo Llosetense.

Kabar resminya Ilham Yuda gabung Deportivo Llosetense pertama kali terdengar lewat unggahan akun Instagram pribadi sang pemain @ilhamyuda23 pada Kamis (28/07/22) lalu.

Baca Juga

Meski bergabung dengan klub yang bermain di divisi lima Liga Spanyol, Ilham Yuda mengaku begitu bahagia karena masih mendapa kesempatan berkarier di Eropa.

“Saya sangat senang untuk menandatangani (kontrak) bersama Deportivo Llosetense. Saya tidak sabar untuk mulai bermain,” tulis Ilham Yuda.

Baca Juga

Deportivo Llosetense sendiri musim lalu mampu finis di posisi kelima di kompetisi divisi lima Liga Spanyol 2021-2022.

Mereka sempat mendapatkan peluang promosi ke divisi empat Liga Spanyol. Akan tetapi, saat mengikuti playoff mereka kalah dari klub bernama Manacor di semifinal.

Baca Juga

Jelang bergulirnya kompetisi 2022-2023, Deportivo Llosetense ingin berbenah dan secara mengejutkan merekrut bakat muda Indonesia bernama Ilham Yuda di bursa transfer.

Masih banyak pecinta sepak bola Tanah Air masih asing bila mendengar nama Ilham Yuda. Berikut INDOSPORT telah merangkum profil calon bintang masa depan Timnas Indonesia tersebut.


1. Profil Singkat Ilham Yuda

Ilham Yuda, pemain muda Indonesia di Spanyol. Foto: Instagram@ilhamyuda23

Ilham Yuda merupakan pemain sepak bola kelahiran Pontianak, Kalimantan Barat pada 14 Juli 2002 silam. Ia memiliki nama lengkap Ilham Putra Yuda.

Pemain berusia 20 tahun ini memiliki paras tampan dan hal itu membuatnya sempat viral di Tiktok pada Februari 2022 lalu. Akun Tiktoknya bahkan sudah memiliki total lebih dari 1 juta followers.

Baca Juga

Ia memulai berlatih sepak bola di usia 11 tahun saat kedua orang tuanya memutuskan pindah ke negara Amerika Serikat pada 2013 silam.

Ketika berada di Amerika Serikat, Ilham Yuda sempat mengikuti salah satu turnamen bernama Las Vegas Cup U-16 yang menjadi awal mula kesuksesannya dalam kariernya di dunia sepak bola.

Baca Juga

Seorang pemandu bakat terkesan dengan bakatnya dan kemudian membujuk untuk berkarier di Spanyol. Sebelum Deportivo Llosetense, ia sempat menimba ilmu di akademi Malaga.

Ilham Yuda juga sempat tergabung ke tim junior Estepona. Kemudian ia dikontrak oleh klub divisi enam Liga Spanyol, Amonecar City.

Baca Juga

Pelatih Timnas Indonesia yakni Shin Tae-yong tentu harus mengetahui kabar soal adanya pemain muda Tanah Air yang berkarier di Spanyol ini.

Ilham Yuda pernah mengatakan bahwa dirinya sangat senang jika diberi kesempatan mengenakan jersey Merah Putih dengan lambang Garuda di dada.


2. Ilham Yuda Sempat Trial di Klub Divisi Empat Liga Spanyol

Ilham Yuda yang bergabung ke klub Spanyol, Deportivo Llosetense. Foto: Instagram@ilhamyuda23

Sebelum memutuskan gabung Deportivo Llosetense, ternyata Ilham Yuda sempat mengatakan kalau dirinya pernah mengikuti trial di klub divisi empat Liga Spanyol.

Akan tetapi, gara-gara cedera Ilham Yuda harus memutuskan pulang ke Indonesia. Hal itu dirinya sampaikan saat mendapatkan kesempatan wawancara dengan Antara pada September 2021 lalu.

"Aku bisa ke Spanyol gara-gara ada turnamen di Amerika, Las Vegas Cup U-16, terus dari situ ada pelatih yang melirik aku, terus dikontak dia dan dari situ aku mulai ke Spanyol," ujar Ilham Yuda dilansir dari Antara pada September 2021.

“Aku pernah uji coba sama tim Estepona dari divisi empat, tadinya mau main di situ sama akademinya. Tetapi gara-gara cedera jadi harus pulang ke Indonesia," tuturnya menambahkan.

Baca Juga
MalagaTimnas IndonesiaLiga SpanyolIlham YudaDeportivo Llosetense

Berita Terkini