x

Resmi, Pemain Muda Asal Indonesia Lanjutkan Karier di Klub Liga Spanyol

Kamis, 28 Juli 2022 15:05 WIB
Penulis: Akwila Chris Santya Elisandri | Editor: Indra Citra Sena
Ilham Yuda yang bergabung ke klub Spanyol, Deportivo Llosetense. Foto: Instagram@ilhamyuda23

INDOSPORT.COM – Pemain muda asal Indonesia, Ilham Yuda, sedang menjadi perbincangan di kalangan penggemar sepak bola Tanah Air karena bergabung dengan klub divisi tiga Liga Spanyol, Deportivo Llosetense.

Kabar tersebut disampaikan sendiri oleh Ilham Yuda melalui akun media sosial instagram pribadinya @ilhamyuda23.

Baca Juga

Bergabung bersama Deportivo Llosentense Ilham Yuda mengaku begitu bahagia karena mendapatkan klub baru.

“Saya sangat senang untuk menandatangani (kontrak) bersama Deportivo Llosetense. Saya tidak sabar untuk mulai bermain,” tulis Ilham Yuda dalam akun media sosial Intagramnya.

Ilham Yuda diketahui sudah lama berkiprah di Spanyol. Sebelum Deportivo Llosetense, ia tercatat pernah memperkuat Amonecar City.

Baca Juga

Sebelum menapaki jenjang profesional, Ilham Yuda juga sempat menimba ilmu di akademi Malaga. Pemain yang kini menginjak usia 20 tahun itu juga sempat tergabung ke tim junior Estepona.

Kemahiran Ilham dalam bermain bola sendiri mulai terlihat kala ia meninggalkan Indonesia dan berpindah ke Amerika Serikat.

Baca Juga

Di Amerika Serikat, Ilham Yuda pernah mengikuti turnamen Las Vegas Cup U-16. Di turnamen tersebut, bakatnya mulai dilirik oleh sang pelatih.

Dari situ, kemudian ia mencoba keberuntungan untuk pergi ke Liga Spanyol dan akhirnya dikontrak oleh Deportivo Llosentense.


1. Susul Pemain Indonesia Lain di Luar Negeri

Pemain asal Indonesia, Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaeman di Klub FK Senica

Kepastian Ilham Yuda berseragam Deportivo Llosentense membuat dirinya menyusul beberapa pemain Indonesia lain yang sudah terlebih dulu merumput di luar negeri.

Sebelum Ilham Yuda, pemain-pemain Indonesia lain yang sudah lebih dulu bermain di luar negeri juga sudah cukup banyak.

Baca Juga

Sebut saja Pratama Arhan, Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman, hingga Asnawi Mangkualam. Nama-nama tersebut adalah nama-nama yang lebih dulu menjejakkan kaki ke luar Indonesia lebih dulu sebelum Ilham Yuda.

Pratama Arhan kini adalah pemain yang membela klub Liga 2 Jepang, Tokyo Verdy. Arhan sendiri sebelumnya membela PSIS Semarang. Arhan direkrut Tokyo Verdy pada awal 2022.

Lalu, Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaeman. Kedua pemain Indonesia tersebut sebenarnya pernah berada di satu klub yang sama.

Baca Juga

Mereka berdua pernah bersama-sama berseragam klub Liga Polandia, Lechia Gdansk. Setelahnya, mereka kembali membela klub yang sama, FK Senica.

Meski pernah bersama di satu klub, kini nasib Egy dan Witan sedang berstatus bebas transfer karena mereka sama-sama tidak diperpanjang kontraknya oleh klub mereka sebelumnya.

Kemudian, terakhir ada Asnawi Mangkualam. Pemain yang memiliki nama lengkap Asnawai Mangkualam Bahar tersebut kini tengah membela klub Liga 2 Korea, Ansan Greeners.

Baca Juga

Sebelum membela Ansan, Asnawi Mangkualam adalah pemain PSM Makassar. Pemain berusia 21 tahun tersebut menjadi pemain Indonesia satu-satunya yang berkarier di Korea Selatan.


2. Witan Sulaeman Dilepas Lechia Gdansk

Selebrasi pemain Indonesia Witan Sulaeman usai mencetak gol ke gawang Timor Leste di SEA Games 2021. Foto: PSSI

Klub kasta tertinggi Liga Polandia, Lechia Gdansk, baru saja membuat kejutan dengan memutus kontrak bintang timnas Indonesia, yakni Witan Sulaeman.

Kabar Lechia Gdansk mengakhiri kerja sama dengan Witan Sulaeman diumumkan melalui laman resmi klub pada Rabu (27/7/22) dini hari WIB.

Witan Sulaeman sendiri bergabung dengan Lechia Gdansk pada musim lalu. Ia direkrut Lechia dari tim Serbia, FK Radnik Surdulica.

Kini, setelah Witan dilepas oleh klub asal Polandia tersbut, Witan sudah menyandang status pemain bebas transfer.

Baca Selengkapnya: Resmi! Kontrak Witan Sulaeman Mendadak Diputus Lechia Gdansk

SpanyolMalagaLiga SpanyolBola InternasionalBerita Liga Spanyol

Berita Terkini