x

Jacksen Tiago Banjir Kritik: Usai Barito, Persipura, Kini Persis Solo Terpuruk di Liga 1

Senin, 1 Agustus 2022 13:15 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
Striker Persis Solo, Samsul Arif dijaga ketat oleh Bek Persija Jakarta, Hansamu Yama (kanan) pada laga Liga 1 di Stadion Patriot Candrabhaga, Minggu (31/07/22).

INDOSPORT.COM - Pelatih sepak bola asal Brasil, Jacksen F. Tiago banjir kritik di Liga 1 Indonesia 2022-2023. Setelah Barito Putera dan Persipura, kini giliran Persis Solo yang ikut terpuruk.

Sebelumnya, Jacksen F. Tiago sempat dipecat di pekan kelima Liga 1 2019, karena Barito Putera tercecer di zona merah akibat mengalami empat kekalahan beruntun.

Baca Juga

Kemudian, Jacksen F. Tiago juga mundur dari Persipura Jayapura di paruh musim Liga 1 2021-2022. Meski ada pelatih pengganti, tetapi Mutiara Hitam harus terdegradasi.

Kala itu, Jacksen memutuskan berlabuh ke Persis Solo, dan berhasil membawa tim ini menjuarai Liga 2, hingga promosi ke Liga 1.

Sejak Persis Solo promosi ke Liga 1, Jacksen kemudian menjabat sebagai pelatih kepala. Namun, liga baru bergulir dua pekan, Sambernyawa sudah membuat sejumlah kontroversi.

Baca Juga

Pertama, dicoretnya dua pemain asing, Gerard Artigas dan Aaron Evans di pekan pertama Liga 1, pada H-5 penutupan bursa transfer. Keputusan yang sangat buru-buru.

Pencoretan dua pemain asing berdampak pada Persis Solo yang kehilangan kekuatan di laga pekan kedua kontra Persija Jakarta.

Persis Solo tumbang di angka 1-2 atas tim tuan rumah Persija Jakarta, Minggu (31/7/22). Sebelumnya, Laskar Sambernyawa juga kalah 2-3 dari Dewa United di kandang.

Baca Juga

Dua kekalahan dalam dua laga perdana, membuat Persis Solo menjadi juru kunci klasemen sementara Liga 1 2022-2023, tanpa perolehan poin dan mencetak tiga gol.

Hasil ini tentu saja membuat suporter Persis Solo tidak puas. Alih-alih mengkritik para pemain, mereka justru mengungkapkan kekecewaan pada sosok Jacksen F. Tiago.


1. Tekanan Bertubi-tubi untuk Jacksen

Pelatih klub Liga 1 Persis Solo, Jacksen F Tiago (Prabowo/INDOSPORT)

Sejumlah suporter meluapkan kekecewaan dengan meninggalkan komentar pedas di akun Instagram Persis Solo, ketika Jacksen F. Tiago hadir di konferensi pers usai laga.

"Sebenarnya, babak pertama sudah sesuai dengan rencana, babak kedua kami bisa melakukan perubahan, tetapi itu belum cukup," ucap Jacksen, Minggu (31/7/22).

Baca Juga

"Yang jelas kami harus terus melakukan pembenahan, kerja keras dan berharap dapat hasil lebih baik di pertandingan berikutnya," tutup eks pelatih Persipura itu.

Namun, suporter sudah kadung kecewa dengan hasil akhir Persis Solo dalam dua pertandingan, hingga mengkritik Jacksen.

"Ra butuh fafifu, butuhe poin telu!" salah satu komentar pedas dari akun Instagram @jordirian_efen** yang artinya: tidak butuh fafifu, butuhnya tiga poin.

Baca Juga

"Kata-kata bijak terus yang disampaikan, padahal butuhnya poin," timpal pemilik akun Instagram @nonnn.n**.

"Setelah Barito dan Persipura terpuruk, kini ganti Persis, dah gitu aja," komentar lainnya dari pemilik akun @sentot_20**.

"Setelah Barito dan Persipura, sekarang Persis siap jadi korban," balas akun IG @latheris** dengan emoticon tertawa.

Baca Juga

"Manajemen harus berani bersikap tegas, sebelum tim kebangaanku hancur terlalu lama. Lebih baik kau out," blak-blakan pemilik akun Instagram @canusa**.

"Tak kasih 3 kesempatan, satu pertandingan lagi. Kalau tidak menang, wajin Coach tau diri dan bertanggung jawab atas performa Persis, silahkan Anda out," kata @alfian_**.


2. Klasemen Liga 1 2022-2023

Logo Liga 1 2022-2023.

Berikut adalah klasemen sementara Liga 1 2022 pekan kedua, update per Senin (1/8/22). Persis Solo besutan Jacksen F. Tiago kini menempati dasar klasemen.

Di sisi lain, Madura United, Persikabo 1973, dan PSM Makassar yang berhasil menang di dua laga perdana mereka, saat ini menjadi pemuncak klasemen sementara Liga 1 2022.

Sementara tim kuat musim lalu, Bali United, Arema FC, dan Bhayangkara FC tertahan di papan tengah klasemen sementara Liga 1.

Barito PuteraPersipura JayapuraPersis SoloPelatihJacksen F. TiagoLiga IndonesiaLiga 1Berita Liga 1Liga 1 2022-2023

Berita Terkini