x

Cetak Gol Lagi di Liga Korea, Pengamat Sebut Asnawi Mangkualam Pemain Langka

Selasa, 2 Agustus 2022 16:35 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
Sukses mencetak gol di K-League 2 bersama tim Ansan Greeners, pengamat sepak bola, Binder Singh, akui Asnawi Mangkualam adalah pemain langka.

INDOSPORT.COM - Sukses mencetak gol di Liga 2 Korea bersama tim Ansan Greeners, pengamat sepak bola, Binder Singh, akui Asnawi Mangkualam adalah pemain langka.

Ansan Greeners meraih kemenangan lagi pada pekan lanjutan K-League 2. Kali ini, Ansan mengalahkan Jeonnam Dragons, di Stadion Ansan Wa, Minggu (31/07/22) malam WIB.

Baca Juga

Lagi-lagi pemain asal Indonesia, Asnawi Mangkualam, mencatatkan namanya di papan skor. Gol tersebut dicetak Asnawi pada menit ke-59, dengan tendangan kaki kanan.

Gol ini cukup mirip dengan gol yang ia cetak pada pekan lalu (23/07/22), saat melawan Gimpo Citizen. Pada laga tersebut, Ansan Greeners berhasil menang dengan skor akhir 3-1.

Pada pekan ini, kemenangan kembali dicatatkan Ansan, tiga gol tanpa balas. Selain Asnawi, Thiago Espirito Santo asal Brasil juga menyumbangkan sepasang gol.

Baca Juga

Kemenangan ini membuat Ansan meraih 26 poin dari 28 penampilan. Sekarang mereka duduk di peringkat 8 klasemen K-League 2, atau kompetisi kasta kedua Korea Selatan.

Peran Asnawi makin vital bersama Serigala Hijau. Ia mengikuti instruksi pelatih untuk menjadi bek kanan yang bisa masuk ke area lawan, sehingga dua gol telah ia sarangkan.

Komentator dan pengamat sepak bola, Binder Singh, juga mengakui kualitas bek asal Sulawesi Selatan itu. Asnawi dianggap berhasil mematahkan cibiran dari netizen.

Baca Juga

"Saya masih ingat beberapa netizen yang mengkritik Asnawi Mangkualam ketika dia bermain di Kualifikasi Piala Asia," ungkap Binder Singh melalui konten Youtube-nya.

"Saya juga sudah jelaskan bahwa Asnawi baru saja kembali dari cedera, jadi wajar tidak bisa langsung memberi kontribusi seperti biasanya," ujar sang komentator.


1. Asnawi Pemain Langka

Asnawi Mangkualam, pemain Timnas Indonesia. Foto: Instagram@asnawi_bhr

Jika dibandingkan dengan pesepak bola Indonesia lainnya yang berkarir di luar negeri, Asnawi Mangkualam boleh dikatakan sebagai yang paling sukses.

Tak hanya mendapatkan tempat utama dan bermain reguler di Ansan Greeners, Asnawi Mangkualam juga berhasil menjalankan perannya sebagai pemain bertahan.

Baca Juga

Selain itu, Asnawi juga kerap membantu Ansan meraih kemenangan di kompetisi kasta kedua Korea, dengan gol kejutan. 

Hal itu yang membuat komentator dan pengamat sepak bola, Binder Singh berdecak kagum melihat Asnawi dan menyebutnya sebagai pemain langka. .

"Kita sama-sama tahu, tidak gampang bagi seorang pemain muda Indonesia untuk bisa bersaing di luar negeri," kata Binder Singh.

Baca Juga

"Asnawi mampu melakukannya karena dia bekerja keras, tidak ingin menyerah begitu saja, pemain ini punya tekad yang kuat untuk berhasil berkarier di luar negeri."

"Pemain seperti Asnawi ini adalah pemain yang langka, pemain ini bisa menjawab kepercayaan dari Shin Tae-yong ketika direkomendasikan pada Ansan Greeners."

Binder Singh juga berterima kasih kepada Shin Tae-yong atas bimbingan dan arahan di Timnas Indonesia, sehingga Asnawi kini bisa merintis karir di Liga Korea Selatan.

Baca Juga

"Kita beruntung punya pelatih seperti Shin Tae-yong yang ingin memajukan sepak bola Indonesia dengan memberikan rekomendasi ke klub-klub Asia," ucap Binder Singh lagi.

"Kita berharap Asnawi bisa bermain di salah satu klub besar di Korea Selatan. Dia telah menunjukkan dan membuka mata klub-klub lain di Korea, juga mungkin di Jepang," tukasnya.


2. Asnawi Cetak Gol, Apa Kata Shin Tae-yong?

Pelatih Timnas Indonesia U-19 Shin Tae-yong.

Pelatih kepala Timnas Indonesia, Shin Tae-yong memuji Asnawi Mangkualam melalui kolom komentar Instagram pada unggahan kapten Timnas Indonesia itu.

"Asunawi bermain sangat baik kemarin," kata Shin Tae-yong dengan menggunakan bahasa Indonesia, disertai emoji tiga api.

Asnawi Mangkualam tengah jadi sorotan publik setelah ia mencetak gol ke gawang Jeonnam Dragons, yang membawa Ansan Greeners menang 3-0, akhir pekan lalu.

Bola InternasionalAsnawi Mangkualam BaharK-LeagueShin Tae-yongBinder SinghAnsan Greeners

Berita Terkini