x

Cristiano Ronaldo dan Harry Maguire Paling Sering Kena Bully di Media Sosial

Rabu, 3 Agustus 2022 16:30 WIB
Penulis: Yudha Riefwan Najib | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Dua pemain Liga Inggris (Premier League), Manchester United, yakni Cristiano Ronaldo, dan Harry Maguire paling sering menerima bully dari penggemar sepak bola.FOTO: REUTERS/Craig Brough/REUTERS/Peter Powell

INDOSPORT.COM – Dua pemain Liga Inggris (Premier League), Manchester United, yakni Cristiano Ronaldo, dan Harry Maguire paling sering menerima bully dari penggemar sepak bola.

Padahal Cristiano Ronaldo, dan Harry Maguire merupakan pemain andalan yang selalu menjadi starter Manchester United kala melakoni pertandingan.

Baca Juga

Ditambah, Harry Maguire merupakan kapten dari The Red Devils. Sementara Cristiano Ronaldo pada musim 2021/22, mampu mengemas 24 gol di semua kompetisi yang dijalani.

Kebanyakan perundungan yang dikirimkan oleh penggemar sepak bola dikirimkan melalui media sosial, khususnya Twitter

Melansir dari Sky News, penelitian yang dilakukan oleh Ofcom dan Alan Turing Institute telah menemukan, bahwa dari seluruh tweet yang dikirim, sekitar 3,5 persen berisi bully-an.

Baca Juga

Studi tersebut menganalisis lebih dari 2,3 juta kicauan yang ditujukan kepada para pemain Liga Inggris selama lima bulan pertama musim 2021-22 dan menemukan bahwa hampir 60.000 kicauan kasar.

Laporan tersebut juga mengungkapkan bahwa 418 dari 618 pemain yang dianalisis, dua pertiga menerima setidaknya satu tweet kasar,

Dengan presentase sekitar 8 persen dari pelecehan itu ditujukan kepada karakteristik yang dilindungi seperti ras atau jenis kelamin mereka.

Baca Juga

Sedangkan, kebanyakan dari ujaran bully yang dikirimkan oleh penggemar sepak bola, terjadi setelah putaran final Euro 2020, di mana Inggris kalah lewat babak adu penalty dari Italia.

Selain itu, menurut data dari penelitian tersebut, dari 10 pemain yang menerima tweet kasar, tujuh diantaranya merupakan pemain dari Manchester United.


1. Ronaldo dan Maguire Korban Bully

Pelatih Manchester United, Erik ten Hag (kiri), dan Cristiano Ronaldo di laga pramusim kontra Rayo Vallecano (31/07/22). (Foto: Reuters/Ed Sykes)

Kebanyakan dari pesan negatif yang dikirim oleh fans, dilakukan karena mereka tidak puas dengan kinerja para pemain di lapangan.

Sehingga, Sebagian besar penggemar memilih untuk melampiaskan perasaan mereka melalui cuitan di media sosial, khususnya twitter.

Baca Juga

Sementara, menurut data dari penelitian yang dilakukan oleh Ofcom dan Alan Turing Institute, menyebutkan bahwa Cristiano Ronaldo, dan Harry Maguire merupakan pemain yang menerima kiriman tweet paling banyak.

Dalam data tersebut, Cristiano Ronaldo menerima 12.520 ribu, dengan presentase 2,2 persen diantaranya berisi bully-an.

Sedangkan Harry Maguire merupakan penerima tweet terbanyak kedua setelah Ronaldo, dengan angka 8,954.

Baca Juga

Meski berada di bawah Ronaldo, kapten The Red Devils tersebut menerima 14,9 persen tweet yang berisi bully dari para penggemar.

Kendati demikian, melansir dari Sky News, salah satu juru bicara akun media sosial, Twitter menyebutkan bahwa, pihaknya akan berkomitmen untuk memerangi pelecahan dan bullyan tersebut.

"Kami berkomitmen untuk memerangi pelecehan dan sebagaimana diuraikan dalam Kebijakan Perilaku Kebencian kami, kami tidak mentolerir pelecehan atau pelecehan orang atas dasar ras, etnis, jenis kelamin, identitas gender atau orientasi seksual.”

Baca Juga

"Seperti yang diakui dalam laporan, jenis penelitian ini hanya mungkin karena API publik kami terbuka dan dapat diakses oleh semua orang,” ungkap juru bicara Twitter, dikutip Sky News.

“Namun, API kami yang dapat diakses publik tidak memperhitungkan berbagai pengamanan yang kami lakukan, jadi ini tidak sepenuhnya mencerminkan pengalaman pengguna,” pungkasnya.


2. Erik Ten Hag Selesaikan Masalah

Erik ten Hag, pelatih baru Manchester United. Foto: REUTERS-Murad Sezer

Ada dua hal krusial yang didapat oleh klub raksasa Liga Inggris (Premier League), Manchester United selepas menjalani laga pramusim 2022-2023.

Seperti diketahui, Manchester United baru saja menyelesaikan laga pramusim 2022-2023 dengan dua hasil dan performa buruk.

Hal ini membuat juru taktik The Red Devils, Erik ten Hag harus bekerja keras untuk membawa Manchester United bersinar kembali pada musim ini.

Baca selengkapnya: Manchester United Makin Kronis, Erik ten Hag Mesti Selesaikan 2 Masalah Pelik

Manchester UnitedCristiano RonaldoLiga InggrisHarry MaguireOne Football

Berita Terkini