x

Fakta-fakta Bikin Geleng-geleng Kepala Jelang Duel Manchester United vs Brighton di Liga Inggris

Sabtu, 6 Agustus 2022 13:35 WIB
Editor: Juni Adi
Bruno Fernandes saat melakukan tendangan ke gawang Brighton.

INDOSPORT.COM - Berikut sejumlah fakta menarik jelang duel Manchester United vs Brighton & Hove Albion di pekan perdana Liga Inggris (Premier League).

Duel seru tersaji di pertandingan pekan perdana Liga Inggris musim 2022/23 ini salah satunya Manchester United vs Brighton di Stadion Old Trafford, pada Minggu (07/08/22) besok.

Baca Juga

Tuan rumah mengusung misi tiga poin sekaligus melakukan balas dendam, dengan apa yang sudah mereka rasakan saat melawan Brighton di putaran kedua musim lalu.

Kala itu Brighton berhasil membungkam Manchester United dengan skor 4-0 di pertemuan kedua Liga Inggris musim 2021/22.

Tak ingin terulang, Manchester United terus mempersiapkan diri menghadapi Brighton yang bisa jadi kuda hitam musim ini.

Baca Juga

Pelatih MU, Erik ten Hag menegaskan timnya sudah move on dari kekalahan menyakitkan itu.

Pria asal Belanda itu menyebut tidak ada gunanya mempersoalkan hasil yang sudah terjadi di masa lalu, karena tidak berfaedah.

"Musim lalu ya musim lalu, saya tidak akan melihat ke belakang," tuturnya dikutip dari laman resmi MU.

Baca Juga

"Saya tidak sabar untuk menatap masa depan. Saya tidak sabar mempersiapkan tim ini untuk pertandingan di hari Minggu nanti,"

Sebelum turun di Liga Inggris, Manchester United lebih dahulu sudah menjalani pertandingan pramusim.

Berjalan memuaskan dari enam pertandingan, mereka mampu meraih tiga kemenangan dan satu kali imbang serta dua kali menelan kekalahan.

Sementara Birghton & Hove Albion, juga tidak bisa dipandang remeh. Musim baru ini mereka melakukan persiapan yang matang.

Buktinya dari lima pertandingan uji coba, Brighton sukses meraup tiga kemenangan, satu kali imbang dan satu kali kalah.

Terbaru mereka menang telak atas Espanyol dengan skor 5-1. Hasil itu menjadi modal Brighton untuk melakoni tandang di markas Setan Merah.

Erik ten Hag juga menegaskan bahwa Brighton bukanlan lawan yang bisa dianggap sepele.

Ia tahu betul anak asuh Graham Potter tersebut punya kemampuan di atas rata-rata. 

"Mereka [Brighton] adalah tim yang bagus. Mereka memainkan sepakbola yang atraktif dan juga bagus. Saya pribadi menyukai permainan mereka," tukasnya.

Berikut beberapa fakta jelang pertandingan Manchester United vs Brighton di pekan perdana Liga Inggris: 


1. Pertemuan Pertama

Pelatih Manchester United, Erik ten Hag (kiri), dan Cristiano Ronaldo di laga pramusim kontra Rayo Vallecano (31/07/22). (Foto: Reuters/Ed Sykes)

Manchester United melanjutkan tradisi dalam beberapa musim terakhir bertemu dengan tim-tim papan tengah ke bawah di pekan perdana Liga Inggris.

Melawan Brighton merupakan pertama kalinya terjadi. Dua musim lalu mereka bertemu Leeds United dan Burnley di laga perdana.

Sementara ini jadi pertemuan kedua MU dan Brighton di bulan Agustus setelah kekalahan Setan Merah 2-3 di Amex pada 2018.

Manchester United Terlalu Perkasa

Brighton & Hove Albion tak pernah mempunyai rekor bagus kala berhadapan dengan Manchester United. Sebab dari tujuh pertemuan terakhir, mereka hanya mampu meraih satu kali kemenangan.

Tetapi kemenangan satu-satunya itu cukup berkesan, ketika mereka mampu mengalahkan Manchester United dengan skor 4-0 pada Mei 2022 lalu. 

Sulit Menang Tandang

Brighton tidak pernah menang di kandang Manchester United di seluruh kompetisi (2 imbang 12 kalah), kalah di delapan lawan terakhirnya ke Old Trafford.

Kesulitan di Laga Pembuka

Manchester United kalah empat kali dari enam laga pembuka Liga Inggris terakhirnya (1 menang 1 imbang), lebih banyak dari 20 laga sebelumnya (10 menang 7 imbang 3 kalah).

Mereka kalah di dua partai terakhirnya musim lalu. Tiga kekalahan beruntun terakhir diderita pada Desember 2015.
 


2. Erik ten Hag

Erik ten Hag, Pelatih Ajax Amsterdam (REUTERS/Murad Sezer/File Photo)

Erik ten Hag akan jadi pelatih ke delapan Manchester United sejak ditinggal oleh Sir Alex Ferguson dalam sembilan tahun terakhir.

Enam dari tujuh pelatih sebelumnya mampu meraih kemenangan di laga perdana Liga Inggris. Adapun sosok yang gagal memberikan kemenangan adalah Louis van Gaal (kalah 1-2 dari Swansea).

Peran Krusial Bruno Fernandes

Manchester United tampaknya masih akan kembali mengandalkan Bruno Fernandes di laga melawan Brighton nanti.

Sebab ia mampu tampil impresif dalam beberapa musim, termasuk di laga pramusim musim ini. Ia sudah terlibat enam gol dari lima kali bertemu Brgihton (4 gol, 2 assist).

Kiprah Brighton

Setelah kalah enam laga beruntun Februari hingga Maret, Brighton cuma kalah sekali dari sembilan laga terakhir (5 menang 3 imbang). 

Hanya Liverpool dan Manchester City (23), serta Tottenham (20) yang punya poin lebih banyak di Liga Inggris pada bulan April dan Mei musim lalu ketimbang Seagulls (18).
 

Manchester UnitedBrighton & Hove AlbionLiga InggrisErik ten Hag

Berita Terkini