x

3 Faktor yang Buat Man United Berpotensi Gagal Tembus 4 Besar di Liga Inggris 2022/23

Jumat, 5 Agustus 2022 20:49 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Pemain Manchester United, Fred merayakan gol kedua ke gawang Liverpool di Stadion Nasional Rajamangala, Bangkok, Thailand, Selasa (12/07/22).

INDOSPORT.COM – Berikut 3 faktor yang membuat Manchester United berpotensi gagal menembus 4 besar Liga Inggris (Premier League) musim 2022/23.

Manchester United menjadi salah satu kontestan Liga Inggris 2022/23 yang akan bersaing memperebutkan tahta juara.

Baca Juga

Sebagai salah satu peraih gelar terbanyak Liga Inggris era Premier League, para pendukungnya banyak yang berharap Man United bisa kembali ke masa kejayaan.

Maklum saja. Sejak terakhir kali Man United menjuarai liga pada 2013, Setan Merah selalu kesulitan menjadi penantang gelar.

Man United pernah dua kali menembus posisi Runner Up. Namun, posisi tersebut tak cukup baik mengingat Setan Merah tertinggal poin yang amat jauh dengan peringkat pertama.

Baca Juga

Di musim lalu saja, Man United tak bisa berbuat banyak. Setan Merah hanya bisa finis di peringkat ke-6 Liga Inggris 2021/22.

Karena finis di peringkat ke-6, Man United pun harus rela gagal tampil di Liga Champions 2022/23 dan harus puas bermain di Liga Europa.

Pengalaman buruk dalam satu dekade terakhir ini pun diharapkan bisa berakhir musim ini. Apalagi, saat ini Man United akan dipimpin oleh pelatih kenamaan asal Belanda, Erik ten Hag.

Baca Juga

Meski begitu, kedatangan Erik ten Hag saja tak menjamin Man United akan sukses. Malahan, Setan Merah disebut-sebut tak akan menembus 4 besar.

Apa saja faktor-faktor yang membuat Man United berpotensi gagal menembus 4 besar?


1. 1. Man United Kurang Belanja Pemain

Pemain Manchester United, Fred merayakan gol kedua ke gawang Liverpool di Stadion Nasional Rajamangala, Bangkok, Thailand, Selasa (12/07/22).

Faktor pertama mengapa Man United diyakini akan kesulitan bersaing di papan atas dan menembus 4 besar adalah pergerakan pasif dari Setan Merah di bursa transfer.

Di saat rival-rivalnya mendatangkan pemain berkualitas, Man United baru mendatangkan tiga pemain saja, yakni Tyrell Malacia, Lisandro Martinez dan Christian Eriksen.

Baca Juga

Ketiga pemain ini sejatinya merupakan pemain yang dibutuhkan Man United. Tapi kedatangan ketiganya tak menutupi kekurangan yang ada di tubuh Setan Merah sendiri.

Man United masih membutuhkan gelandang baru untuk lini tengahnya yang baru saja ditinggal Nemanja Matic dan Paul Pogba.

Baca Juga

Selain itu, Man United masih membutuhkan penyerang tangguh seiring rumor kencang yang mengabarkan Cristiano Ronaldo akan hengkang.

Dengan waktu bursa transfer yang mepet, Man United belum banyak bergerak untuk merombak skuadnya dengan tambahan baru yang berkualitas.


2. 2. Musim Pertama Ten Hag

Erik ten Hag, pelatih Manchester United. Foto: Reuters/John Sibley

Liga Inggris 2022/23 akan menjadi musim pertama Erik ten Hag. Hal ini akan menjadi kendala bagi Man United untuk bisa bersaing di papan atas.

Ten Hag sendiri sebelumnya berkiprah di Belanda, dan hanya beberapa tahun berkarier di Jerman sebagai pelatih.

Baca Juga

Sehingga, bisa dikatakan Ten Hag masih buta akan gaya bermain Liga Inggris yang saat ini terasa kompleks berkat kehadiran banyak pelatih hebat.

Selain itu, Ten Hag juga baru tiba di Man United. Sehingga hal ini bisa menjadi kendala lain baginya dan Man United yang mau tak mau menjalani proses transisi ke era kepelatihan baru.

Baca Juga

Dengan kondisi tersebut, Man United pun diyakini bisa saja keuslitan bersaing di papan atas dan bahkan kembali ke habitatnya di empat besar.

Liga Inggris 2022/23 ini pun akan menjadi waktu adaptasi bagi Ten Hag sebelum akhirnya memamahi permainan di Inggris dan menerapkan gaya bermain yang biasa ia gunakan di Belanda.


3. 3. Problema di Tubuh Tim

Pelatih Manchester United, Erik ten Hag (kiri), dan Cristiano Ronaldo di laga pramusim kontra Rayo Vallecano (31/07/22). (Foto: Reuters/Ed Sykes)

Bukan lagi rahasia jika Man United kerap dibayangi masalah di tubuh tim, entah itu dari pemain, manajemen, maupun sosok lainnya.

Saat ini, Man United tengah dihadapkan pada problem di tubuh tim dengan keinginan Cristiano Ronaldo pergi dari Old Trafford.

Baca Juga

Bahkan, Cristiano Ronaldo menunjukkan sikap yang membuat Erik ten Hag naik pitam, dan menimbulkan kegaduhan di kamar ganti Setan Merah.

Selain itu, problema di tubuh tim hadir dari luar kamar ganti, yakni pengaruh sosok-sosok lama seperti Sir Alex Ferguson yang masih merecoki Man United.

Baca Juga

Belum lagi dengan sederet mantan pemain Man United seperti Gary Neville, Paul Scholes, dan Rio Ferdinand yang membuat Man United selalu diterpa prahara yang seakan tak berkesudahan.

Manchester UnitedLiga InggrisErik ten HagOne Football

Berita Terkini