x

Tak Disangka Lolos Semifinal Piala AFF U-16, Timnas Vietnam Diguyur Bonus 300 Juta!

Selasa, 9 Agustus 2022 09:55 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF) mengguyur bonus ratusan juta ke skuad Timnas Vietnam U-16 yang secara mengejutkan mampu lolos ke semifinal Piala AFF U-16.

INDOSPORT.COM – Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF) mengguyur bonus ratusan juta ke skuat Vietnam U-16 yang secara mengejutkan mampu lolos ke semifinal Piala AFF U-16.

Timnas Vietnam U-16 akhirnya berhasil menjejakkan kakinya ke semifinal Piala AFF U-16. Pasukan Nguyen Quoc Tuan ini lolos sebagai runner-up Grup A, di belakang timnas Indonesia U-16.

Baca Juga

Vietnam U-16 akan berhadapan dengan Thailand yang akan berlangsung di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Rabu (10/8/22) pukul 15.30 WIB.

Dilansir Bongda, ketua umum dan pengurus VFF tidak menyangka bahwa anak-anak mereka berhasil mencapai semifinal turnamen kelompok umur se-Asia Tenggara.

VFF juga memberi wejangan agar seluruh tim giat berlatih demi mempersiapkan penampilan yang terbaik untuk pertandingan semifinal melawan Thailand besok.

Baca Juga

Selain itu, sebagai suntikan semangat, VFF juga memberikan penghargaan sebesar 300 juta VND (Dong Vietnam) atau setara dengan Rp190 juta kepada skuad Vietnam U-16.

Lolosnya Vietnam ke semifinal Piala AFF U-16 memang cukup mengejutkan lantaran tim ini sempat berada di ujung tanduk  usai dikalahkan Timnas Indonesia U-16 dengan skor 2-1.

Bertanding di laga terakhir Grup A Piala AFF U-16, Timnas Vietnam yang sempat unggul 1-0 lewat tendangan penalti Nguyen Chong di akhir babak pertama tepatnya di menit ke-41.

Baca Juga

Meski demikian, Timnas Indonesia akhirnya mampu membalaskan gol Vietnam tersebut dengan dua sekaligus di baba kedua melalui Arkhan Kaka dan Nabil Asyura.

Kemenangan ini mengantarkan Timnas Indonesia U-16 untuk memuncaki klasemen grup A dengan koleksi 9 angka hasil dari 3 kemenangan beruntun sekaligus jadi tim pertama yang lolos ke semifinal.


1. Timnas Vietnam Lolos Berkat Kekalahan Malaysia

Logo Piala AFF U-16.

Sementara Vietnam harus puas untuk berada di posisi runner up di bawah Timnas Indonesia U-16 dengan koleksi 6 poin di klasemen akhir grup A Piala AFF U-16 2022.

Untuk bisa menemani Indonesia lolos ke semifinal Piala AFF U-16, nasib Vietnam ditentukan oleh pertandingan tersisa di Grup B dan C.

Baca Juga

Sekedar diketahui, Piala AFF U-16 2022 terbagi dalam tiga grup, yang mana masing-masing grupnya berisikan empat tim.

Hanya juara Grup A, B, dan C yang lolos ke semifinal Piala AFF U-16 2022. Sementara satu slot sisanya bakal ditempat runner-up terbaik, entah itu A, B, dan C.

Saat itu, kandidat runner-up terbaik dihuni Timnas Vietnam U-16 enam angka dari tiga pertandingan Grup A. Di tempat kedua runner-up sementara Grup B, Thailand, dengan empat angka dan Myanmar selaku runner-up sementara Grup C, juga dengan empat angka.

Baca Juga

Namun, Thailand memastikan lolos ke babak semifinal sebagai juara Grup B setelah mengalahkan Timor Leste dengan skor 4-1 di laga terakhir Grup B.

Hasil ini membuat asa Vietnam lolos ke semifinal semakin kecil lantara , maka Timnas Vietnam U-16 hanya bergantung pada hasil laga terakhir Grup C.

Yakni, Vietnam bisa lolos jika Malaysia U-16 tidak menang dari Australia, atau Myanmar tidak menang dari Kamboja, atau Kamboja tidak menang dari Myanmar dengan 9 gol atau lebih.

Baca Juga

Secara mengejutkan, Myanmar mampu menjadi pemuncak grup C dan lolos ke semifinal usai mengalahkan Kamboja dengan skor 1-0.

Sementara Malaysia yang diharapkan bisa mengalahkan skuad Australia, justru hanya bermain imbang 2-2, sehingga gagal jadi juara grup dan tersingkir dari AFF U-16.


2. Jadwal Semifinal Piala AFF U-15

Logo Piala AFF U-16.

Ketika Malaysia bermain imbang melawan Australia dan mendapat satu poin, maka mereka telah mengumpulkan lima poin.

Sementara Vietnam yang meraih dua kali kemenangan, kini mengantongi enam poin dan unggul atas Malaysia. Vietnam menjadi runner-up terbaik dan melaju ke semifinal.

Dengan demikian, dua pasangan semifinal Piala AFF U-16 2022 adalah Vietnam U-16 melawan Thailand U-16, sedangkan Indonesia U-16 berhadapan dengan Myanmar U-16.

Ada pun Timnas Indonesia U-16 akan bertemu Myanmar di semifinal Piala AFF U-16 2022 yang dilangsungkan di Stadion Maguwoharjo, Sleman, pada Rabu 10 Agustus 2022 pukul 20.00 WIB.

Baca selengkapnya: Jadwal Semifinal Piala AFF U-16: Timnas Indonesia vs Myanmar

VietnamPiala AFF U-16Piala AFFBola InternasionalBerita Timnas IndonesiaPiala AFF U-16 2022Timnas Vietnam U-16

Berita Terkini