x

Sebelum Egy Maulana Vikri, Ini 3 Pemain dari Asia Tenggara di FC ViOn Zlate Moravce, Berakhir Miris

Rabu, 10 Agustus 2022 11:40 WIB
Editor: Juni Adi
Egy Maulana Vikri. Foto: Instagram@pssi

INDOSPORT.COM - Penyerang Timnas Indonesia, Egy Maulana Vikri bukanlah satu-satunya pemain dari Asia Tenggara yang pernah berkarier di klub asal Slovakia, FC ViOn Zlate Moravce.

Teka-teki masa depan Egy Maulana Vikri akhirnya terjawab sudah. Setelah sempat menganggur beberapa waktu usai kontraknya diputus oleh FK Senica, kini ia sudah mempunyai klub baru.

Baca Juga

Klub baru Egy Maulana Vikri tersebut masih berasal dari benua Eropa, yakni FC ViOn Zlate Moravce di Liga Slovakia.

Kepastian merapatnya Egy Maulana Vikri diungkap oleh pihak FC ViOn Zlate Moravce melalui akun Instagram resmi klub, dengan mengunggah foto dan video perkenalan.

"Lihat siapa yang datang menemui kita," tulis pihak ViOn melalui Instagram.

Baca Juga

Selain itu ViOn juga menunjukkan video Egy Maulana yang menyapa suporter. Dalam video tersebut Egy mengaku tidak sabar untuk segera memperkuat FC ViOn Zlate Moravce.

"Halo suporter ViOn, saya sudah ada di sini. Saya siap bermain untuk klub, kita akan bertemu di stadion," ujar Egy dalam video tersebut.

Sebelum diperkenalkan oleh FC ViOn Zlate Moravce, rumor sudah berkembang terkati masa depan Egy Maulana Vikri yang bergabung dengan klub asal Slovakia itu.

Baca Juga

Terakhir media Slovakia, Futbalove Zakulisie, juga mengungkapkan kabar Egy akan bergabung dengan ViOn.

Sebelum bergabung dengan FC ViOn Zlate Moravce, Egy Maulana Vikri sendiri sudah pernah bermain di Liga Slovakia saat memperkuat FK Senica.

Total ia bermain sebanyak 16 pertandingan dan mencetak 2 gol serta 1 assist. Kontraknya berakhir di tengah jalan lantaran klubnya itu harus mengalami krisis finansial untuk membayar gaji pemain.

Kini klub berbasis di kota Senica itu gagal mendapatkan lisensi sebagai klub profesional.

Asosiasi Sepak Bola Slovakia (SFZ) memutuskan tidak memberikan FK Senica lisensi untuk berkompetisi di kasta tertinggi Liga Slovakia dan kompetisi antarklub Eropa musim 2022/2023 alias bangkrut.

Lantas akankah Egy Maulana Vikri bisa tampil lebih baik di klub barunya itu?

Jika menilik dari sebelum-sebelumnya sudah ada beberapa pemain dari Asia Tenggara yang pernah memperkuat FC ViOn Zlate Moravce, tapi berakhir dengan miris. Siapa saja mereka?


1. Irfan Fazail

Logo FC Vion Zlate Moravce.

Adapun tiga pemain dari Asia Tenggara yang pernah berseragam FC ViOn Zlate Moravce, pertama ada Irfan Fazail.

Irfan Fazail bergabung dengan FC ViOn Zlate Moravce berkat mengikuti program sepak bola dari Federasi Sepak Bola Malaysia, Harimau Muda.

Baca Juga

Ia bergabung dengan FC ViOn Zlate Moravce pada September 2011. Namun sayang kariernya tidak berjalan mulus di sana, karena harus berakhir pada 01 Januari 2012.

Artinya Irfan Fazail hanya bertahan empat bulan. Kendati dalam waktu singkat, Irfan jadi salah satu pemain asal Malaysia yang tampil cukup banyak di FC ViOn Zlate Moravce.

Pemain yang berposisi sebagai gelandang tengah itu mencatatkan 2 pertandingan bersama bersama FC Vion Zlate Moravce.

Baca Juga

Dua pertandingan itu ia mainkan saat FC Vion Zlate berhadapan dengan AS Trencin dan MFK Ruzomberok.

Akan tetapi Irfan Fazail bermain tidak begitu lama, karena hanya mencatatkan total 9 menit dalam dua laga itu.

Empat menit bermain di laga FC ViOn Zlate Moravce vs AS Trencin dengan skor akhir 3-0 untuk kemenangan FC ViOn, dan lima menit bermain saat FC ViOn tumbang 0-4 dari Ruzomberok.

Saat ini Irfan Fazail berkarier di Liga Malaysia, dengan memperkuat Sabah FC.


2. Fadhli Shas

Bintang Timnas Indonesia, Egy Maulana Vikri Gabung Klub FC ViOn Zlate Moravce

Selanjut ada Fadhli Shas. Ia juga bergabung dengan FC ViOn Zlate Moravce dari mengikuti program Harimau Muda pada September 2011.

Namun kiprahnya lebih dahulu berakhir, karena hanya bertahan selama tiga bulan hingga Desember 2011, sebelum akhirnya kembali ke Harimau Muda.

Baca Juga

Ia hanya bermain di satu pertandingan di Piala Liga Slovakia untuk FC Zlate Moravce melawan Spartak Myjava. Kala itu timnya menang dengan skor 3-0, dan Fadhli Shas bermain dalam tujuh menit.

Fadhli Shas masuk sebagai pemain penggati pada menit ke-88. Saat ini, dirinya lebih fokus berkarier di dalam negeri.

Beberapa klub tenar di Liga Malaysia pernah diperkuatnya, salah satunya adalah Johor Darul Takzim pada 2013 hingga saat ini.

Baca Juga

Ia bermain dalam 54 pertandingan untuk JDT dan mencetak 5 gol. Sempat dipinjamkan ke Melaka dan kini kembali berseragam JDT.

Wan Zack Haikal

Terakhir ada Wan Zack Haikal. Nasibnya jadi pemain asal Malaysia yang sangat tragis karena tak pernah merasakan bermain untuk FC Vion Zltae Moravce.

Baca Juga

Padahal ia berada di klub cukup lamam dari September hingga Januari 2012. Tetapi pemain berposisi sebagai penyerang sayap itu ternyata tak pernah dimainkan.

Saat ini ia jadi andalan di Perak FC, sempat tak mempunyai klub setelah kontraknya di Selangor FC berakhir pada Januari lalu.

MalaysiaEgy Maulana VikriTRIVIAFC ViOn Zlate Moravce

Berita Terkini