x

Umar Sadiq, Talenta Emas yang Sempat Dihina Steven Gerrard

Rabu, 10 Agustus 2022 23:14 WIB
Penulis: Reni Nur Arifah | Editor: Isman Fadil
Juru taktik Aston Villa, Steven Gerrard. Foto: Action Images via Reuters/Molly Darlington.

INDOSPORT.COM – Dua tahun terakhir telah berjalan dengan baik untuk Umar Sadiq, sayangnya dunia sepak bola tidak selalu baik untuk pemain Nigeria itu.

Bagaimanapun, nama sang striker telah menjadi salah satu yang terbesar di jendela transfer musim panas ini.

Baca Juga

Sadiq telah menghabiskan waktunya bersama 10 klub berbeda antara 2013-2020, ketika ia menandatangani kontrak dengan klub Liga Spanyol (LaLiga) Almeria.

Sejatinya, awal mula karir sang striker tidak berjalan dengan mudah di Kaduna, sebuah kota di Nigeria utara, tempat ia dilahirkan.

Namun pada tahun 2013, pada usia 16 tahun, Sadiq bermain di sebuah turnamen remaja di Kroasia dan timnya, Kusa Boys, berhasil menjadi juara.

Baca Juga

Kesempatan untuk bermain di Eropa pun ditawarkan kepadanya oleh tim muda Spezia, sampai AS Roma mengamankan pinjamannya dengan opsi untuk membeli seharga €2,5 juta (Rp37 miliar).

Di sanalah, setelah meyakinkan Rudi Garcia, Sadiq memainkan menit-menit pertamanya dalam sepak bola profesional pada tahun 2015.

Meskipun demikian, kurangnya menit bermain dalam tim di mana Mohamed Salah bermain, membuatnya mencari peluang di luar negeri. Dan semua itu dipinjamkan dari klub Romawi.

Baca Juga

Sadiq pun mendapat pengalaman bermain bersama Bologna, Torino, dan NAC Breda, sebelum tiba di Rangers, yang saat itu dilatih oleh Steven Gerrard yang legendaris.

Akan tetapi tidak perlu diragukan lagi, itu menjadi periode terburuk dalam kariernya.


1. Diskriminasi oleh Gerrard

Steven Gerrard, mantan pelatih Rangers FC.

Sadiq dikucilkan oleh mantan pemain Inggris itu dan bahkan menyatakan dalam sebuah wawancara dengan The Sunday Post bahwa Gerrard telah mempermalukan dirinya dan memaksanya untuk pindah ruang ganti.

"Tiba-tiba saya diberitahu bahwa saya tidak bisa menggunakan ruang ganti tim utama lagi. Saya harus berganti pakaian dengan anak-anak dan beberapa hari kemudian saya bahkan dilarang memarkir mobil saya di dalam pusat olahraga," kata Sadiq dalam wawancara itu.

Baca Juga

Sang striker kemudian mengakui kepada Omasport Nigeria bahwa saat dirinya bermain untuk Rangers, ia kerap pulang ke rumah sambil menangis.

Kala itu, ia merasa segala sesuatunya tidak berjalan dengan baik dan ia melihat bahwa impiannya semakin menjauh.

Setelah satu periode di Perugia, Partizan Belgrade membelinya dengan status pinjaman pada bursa transfer musim panas 2019.

Baca Juga

Kemudian, hanya dalam beberapa bulan kemudian pada bulan Januari, ia dibeli seharga €2,5 juta (Rp37 miliar).

Di sana, setelah tahun yang hebat dengan 17 gol dan 17 assist dalam 39 penampilan, Sadiq menarik perhatian pelatih Almeria saat itu, Jose Gomes, yang meminta klub untuk mengontraknya.

Baca Juga

Dalam dua musim, ia pun telah mencetak 20 dan 18 gol, menjadi salah satu striker terbaik di Divisi Segunda.

Sekarang di usia 25 tahun, Sadiq sedang dalam perjalanan untuk memecahkan rekor penjualan terbesar Almeria dengan harga hampir €30 juta atau sekitar Rp454 miliar.


2. 5 Kali Steven Gerrard 'Pegang' Nasib Genting Liverpool

Steven Gerrard.

Status legenda hidup Liverpool nampaknya benar-benar layak disematkan kepada Steven Gerrard.

Bahkan, musim ini saja ia sudah dua kali ‘terlibat’ dalam perjuangan Liverpool berburu quadruple, termasuk gelar Liga Inggris yang kini menanti di depan mata.

Hal tersebut tentu tidak lepas dari kapasitasnya sebagai juru taktik Aston Villa yang bermain di liga yang sama dengan sang mantan klub.

Belum lama ini, Steven Gerrard dan para pemainnya sudah berhadapan dengan Jordan Henderson dkk di partai Liga Inggris yang krusial bagi The Reds.

Pertandingan yang diselenggarakan pada 11 Mei lalu tersebut pun berakhir dengan skor 2-1 untuk keunggulan pasukan Jurgen Klopp.

Baca selengkapnya: 5 Kali Steven Gerrard 'Pegang' Nasib Genting Liverpool, Termasuk Liga Inggris Musim Ini

Steven GerrardAS RomaAlmeriaRangers F.C.Bola Internasional

Berita Terkini