x

Profil Pelatih Asing Asal Korea Selatan Calon Kuat Pengganti Rene Alberts di Persib

Jumat, 12 Agustus 2022 20:23 WIB
Editor: Juni Adi
Kapten tim Persib, Achmad Jufriyanto, setelah gagal memaksimalkan penalti ke gawang PSS Sleman.

INDOSPORT.COM - Pelatih asal Korea Selatan, Kim Do-hoon menjadi kandidat kuat pengganti Robert Rene Alberts di Persib Bandung untuk Liga 1.

Kompetisi sepak bola kasta tertinggi di Indonesia, Liga 1 musim 2022/23, telah memakan 'korban' untuk posisi pelatih.

Baca Juga

Robert Rene Alberts jadi juru taktik pertama yang harus meletakan jabatannya dari kursi pelatih Persib Bandung.

Kepastian tersebut diumumkan langsung oleh klub melalui laman resminya, jelang pekan keempat Liga 1, Rabu (10/08/22) lalu.

Selain itu, Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Umuh Muchtar, menegaskan kepastian tersebut kepada Bobotoh yang menggelar aksi di depan Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung.

Baca Juga

Menurut Umuh, pada pertandingan pekan keempat menghadapi PSIS Semarang di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Sabtu (13/08/22), Robert Alberts dipastikan tidak lagi mendampingi tim.

"Sekarang Rene (Robert) sudah tidak ada lagi di Persib, pada saat lawan Semarang (PSIS), sudah tidak lagi bersama kita," kata Umuh di hadapan aksi ribuan Bobotoh di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Rabu (10/08/22).

Sebagai informasi, ribuan Bobotoh menggelar aksi di Graha Persib, mereka tidak hanya berasal dari Bandung saja.

Baca Juga

Namun dari beberapa daerah di Jawa Barat, DKI, Banten dan Jawa Tengah rencananya bakal ikut demo di Graha Persib.

Sebelumnya, Bobotoh berkumpul dulu di GOR Saparua, Kota Bandung dan menggelar aksi sekitar pukul 12.00 WIB.

Pada aksi tersebut Bobotoh menyampaikan dua tuntutan yang disampaikan kepada manajemen, yakni Robert Rene Alberts Out dan perbaikan sistem tiketing.

Bobotoh sengaja menggelar aksi, karena tidak puas dengan hasil yang diraih Persib pada tiga pertandingan awal Liga 1 musim 2022/2023 ini.

Persib ditahan imbang 2-2 oleh Bhayangkara FC di pekan pertama, lalu tunduk dari Madura United 1-3 di pekan kedua, dan digulung Borneo FC 4-1 di pekan ketiga.

Sejumlah nama pelatih masuk dalam radar bidikan Persib Bandung, salah satunya adalah Kim Do-hoon, pelatih asal Korea Selatan yang jadi calon kuat juru taktik baru di Liga 1.


1. Profil Kim Do-hoon

Babak 8 besar Piala Presiden 2022 Persib menghadapi PSS Sleman di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jumat (01/07/22).

Kim Do-hoon adalah pelatih asal Korea Selatan yang lahir di Tongyeong, Gyeongnam, Korsel, pada 21 Juli 1970 atau 52 tahun yang lalu.

Karier kepelatihannya dimulai saat ia menjabat sebagai asisten dari pelatih Shin Tae-yong di klub Liga Korea Selatan, Seongnam FC pada 2005 hingga 2012.

Baca Juga

Ia kemudian memutuskan hengkang ke Gangwon FC juga masih menjabat sebagai asisten pelatih dari Januari 2013 sampai Desember 2013.

Setahun di Gangwon FC, ia mampu membawa tim tampil impresif hingga dipercaya untuk masuk ke dalam tim kepelatihan timnas Korea Selatan U-20 dari Januari sampai Desember 2014.

Setelah itu Kim Do-hoon lalu meninggalkan Tim Nasional untuk menjadi pelatih kepala di Incheon United pada Januari 2015 hingga September 2016. 

Baca Juga

Ia kemudian pindah lagi menangani Ulsan Hyundai pada November 2016 hingga Desember 2020. Di sana ia merajut prestasi terbaik sebagai pelatih.

Kim Do-hoon membawa Ulsan Hyundai menjuarai Liga Champions Asia pada 2020 lalu, dan Piala FA Korea Selatan 2017.

Pada 2021 Kim Do-hoon memutuskan untuk coba peruntungan kepelatihannya merantau ke Asia Tenggara, menangani salah satu klub Liga Singapura, Lion City Sailors oada Mei 2021 hingga saat ini.

Baca Juga

Prestasinya kembali ditorehkan di Singapura. Kim Do-hoon mampu membawa Lion City juara Liga Singapura pada 2021 lalu.

"Roman-roman-nya ini yang bakal direkrut pelatih Persib," tulis salah satu netizen menanggapi kabar kepergian Kim Do Hoon.

Menariknya, Kim Do Hoon juga saat ini tengah menganggur, karena baru sehari berpisah dari Lion City Saillors atau hanya beda sehari dengan mundurnya Rene Alberts dari Persib.


2. Kandidat Selain Kim Do-hoon

Babak 8 besar Piala Presiden 2022 Persib menghadapi PSS Sleman di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jumat (01/07/22).

Selain Kim Do-hoon, Persib Bandung juga mengincar pelatih lain untuk dibidik menjadi juru taktik yang baru di Liga 1. Dia adalah Benjamin Mora.

Benjamin Mora merupakan pelatih asal Meksiko yang merupakan mantan pelatih klub raksasa Malaysia Johor Darul Ta'zim. Mora secara mengejutkan mundur dari JDT pada 27 Juli lalu karena masalah pribadi.

Di bawah asuhan Mora, JDT berhasil menjadi juara Malaysia Super League 2021. Pada April 2022, Mora membawa JDT menjadi klub pertama asal Malaysia yang sukses melangkah ke babak 16 besar Liga Champions Asia dengan mengalahkan Ulsan Hyundai 2-1.

Ketimbang Kim Do Hoon, Mora mendapat lebih banyak dukungan Bobotoh di media sosial untuk menjadi pelatih baru Persib Bandung menggantikan Robert Alberts.

"Kayaknya Benjamin Mora cocok melatih Persib nih," tulis salah satu Bobotoh melalui Twitter.

Sebelumnya sudah ada nama Mario Gomez, Miljan Radovic, hingga Luis Milla sebagai kandidat pelatih baru Persib Bandung di Liga 1.

Persib BandungRobert Rene AlbertsLiga 1

Berita Terkini