x

Adu Jenius Gerrard dan Lampard di Laga Aston Villa vs Everton, Siapa yang Menangi Predikat Terbaik?

Sabtu, 13 Agustus 2022 14:20 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Frank Lampard vs Steven Gerrard. Foto: Reuters/Molly Darlington/Brien/AAP Image

INDOSPORT.COM – Duel antar legenda tersaji di pekan kedua Liga Inggris (Premier League) 2022/23 antara Aston Villa vs Everton saat Steven Gerrard dan Frank Lampard beradu.

Tak ada yang meragukan kapasitas Steven Gerrard dan Frank Lampard di Liga Inggris. Keduanya dicap sebagai gelandang terbaik yang pernah mentas di ajang tersebut.

Baca Juga

Tak hanya punya status tersebut, baik Gerrard dan Lampard juga dicap sebagai gelandang terbaik yang pernah dimiliki Timnas Inggris.

Karena prestasi masing-masing, keduanya pun kerap hadir dalam perdebatan pecinta sepak bola. Perdebatan ini pun terkait siapa yang terbaik di antara keduanya.

Perdebatan ini pun menyeret beberapa catatan seperti prestasi keduanya, catatan gol keduanya, catatan assist keduanya semasa masih aktif bermain.

Baca Juga

Perdebatan itu pun tak terhenti begitu saja hingga keduanya memutuskan pensiun. Malahan, perdebatan ini berlanjut terus hingga kini terkait karier keduanya sebagai pelatih.

Kini perdebatan pun menjurus ke siapa pelatih terbaik di antara keduanya. Kebetulan, keduanya sama-sama berkiprah di Liga Inggris sebagai pelatih.

Pertemuan ini akan tersaji di pekan kedua Liga Inggris 2022/23 saat Aston Villa menjamu Everton di Villa Park, Sabtu (13/08/22) pukul 18.30 WIB.

Baca Juga

Duel Aston Villa vs Everton ini pun akan menjadi pertemuan pertama Gerrard dan Lampard dalam kariernya sebagai pelatih.

Pertandingan Aston Villa vs Everton ini pun seakan menjadi penentuan untuk menentukan, siapakah yang terbaik antara Steven Gerrard dan Frank Lampard?


1. Perdebatan Tanpa Akhir

Dua legenda Timnas Inggris, Frank Lampard dan Steven Gerrard

Bagi penikmat Liga Inggris era 2000 an, tentu tak asing dengan perdebatan siapa yang terbaik di antara Steven Gerrard dan Frank Lampard.

Perdebatan keduanya menjurus soal kariernya sebagai pemain. Sebagai informasi, keduanya merupakan gelandang tengah yang membela Liverpool dan Chelsea.

Keduanya sama-sama menjadi idola dari pendukung masing-masing berkat kiprahnya. Sehingga selalu muncul perdebatan mengenai siapa yang terbaik di antara dua gelandang Timnas Inggris tersebut.

Baca Juga

Perdebatan itu berkaitan dengan gaya bermain, di mana Gerrard dan Lampard sama-sama menjadi penyeimbang lini tengah timnya dan sama-sama punya sepakan keras yang khas.

Untuk urusan gol, assist dan prestasi, Lampard boleh jadi unggul atas Gerrard. Tapi eks Liverpool itu disebut lebih unggul ketimbang eks Chelsea itu karena dinilai lebih komplet.

Lampard dinilai unggul karena mampu mencetak 268 gol dan 171 assist dalam kariernya. Sedangka Gerrard mampu mencetak 191 gol dan 169 assist dalam kariernya.

Baca Juga

Pun dengan prestasi. Lampard unggul dengan 13 gelar dan sederet gelar individu dibanding Gerrard dengan 7 gelar dan sederet gelar individu.

Alhasil, perdebatan ini tak pernah menemui titik akhir, mengingat keduanya sama-sama hebat. Meski begitu, secara umum Lampard dicap lebih baik ketimbang Gerrard.

Perdebatan ini yang tak ada ujungnya ini tak akan berakhir begitu saja. Apalagi perdebatan keduanya akan berlangsung dalam dunia kepelatihan.

Terlebih saat keduanya memutuskan melatih di Liga Inggris dengan Gerrard menukangi Aston Villa dan Lampard menukangi Chelsea.

Bagaimana perbandingan keduanya di dunia kepelatihan?


2. Adu Jenius sebagai Pelatih

Frank Lampard vs Steven Gerrard. Foto: Reuters/Molly Darlington/Brien/AAP Image

Di dunia kepelatihan, Steven Gerrard boleh jadi selangkah lebih hebat dari Frank Lampard, jika acuannya adalah gelar.

Pasalnya, Gerrard yang melatih di kancah profesional pada 2018, telah menggondol satu gelar bersama Rangers FC di Liga Skotlandia.

Hal berbeda dirasakan Lampard yang juga melatih sejak 2018, namun belum pernah meraih satu gelar pun dalam karier kepelatihannya.

Baca Juga

Pengecualian pun bisa didapatkan Lampard. Bila dibandingkan Gerrard, jalan eks Chelsea itu lebih terjal karena melatih di Inggris dan bersaing di level teratas.

Sedangkan Gerrard langsung melatih tim sekelas Rangers FC yang notabene selalu menjadi kandidat juara di tiap tahunnya di Liga Skotlandia.

Sejak 2018, Gerrard telah melatih sebanyak 253 laga dengan catatan 152 kemenangan, 51 hasil imbang dan 50 kekalahan, dengan rata-rata 2 poin per pertandingan.

Baca Juga

Sedangkan Lampard telah melatih sebanyak 163 laga, dengan 78 kemenangan, 32 hasil imbang, dan 53 kekalahan dengan rata-rata 1,63 poin per pertandingan.

Jika melihat catatan itu, maka Gerrard unggul selangkah di depan ketimbang Lampard yang memang punya catatan kurang mentereng.

Dari statistik ini pun masih terkesan tak adil jika membandingkan keduanya. Sebab, perbedaan liga mempengaruhi hasil tersebut.

Baca Juga

Sehingga, perdebatan terasa adil saat keduanya bertemu, yakni kala Gerrard memimpin Aston Villa untuk menjamu Everton arahan Lampard.

Duel ini pun seakan menjadi titik akhir perdebatan mengenai siapa yang terbaik dari Gerrard dan Lampard. Kebetulan, kedua tim adalah tim papan tengah Inggris.

Siapakah yang akan keluar dengan predikat terbaik dalam duel Aston Villa vs Everton? Gerrard ataukah Lampard?

Aston VillaFrank LampardSteven GerrardEvertonIn Depth SportsLiga InggrisOne Football

Berita Terkini