x

Dipantau Presiden Jokowi, Pemerintah Siap Bantu Timnas Indonesia U-16 TC di Luar Negeri

Minggu, 14 Agustus 2022 14:35 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Herry Ibrahim
Penampilan Timnas Indonesia U-16 di ajang Piala AFF U-16 2022 selalu dipantau Presiden RI, Joko Widodo.

INDOSPORT.COM - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengatakan, sepak terjang Timnas Indonesia U-16 selama Piala AFF U-16 2022 selalu dipantau Presiden RI, Joko Widodo. 

Oleh sebab itu, Presiden lantas menyampaikan salam hormat ke para Timnas U-16 dan pelatih yang baru saja menjadi juara Piala AFF U-16 2022. 

Baca Juga

Timnas U-16 angkat trofi setelah kalahkan Vietnam U-16 dengan skor 1-0 di laga final Piala AFF U-16 2022, Jumat (12/08/22) di Stadion Maguwoharjo, Sleman. 

Gol tunggal skuad Garuda Asia dicetak Muhammad Kafiatur Rizky ('45+1), dan menjadi satu-satunya gol dalam pertandingan tersebut. 

"Sejak kalian pertama kali main Bapak Presiden selalu menonton." 

Baca Juga

"Dan beliau sampaikan kepada saya, agar menyampaikan salam hangatnya kepada coach Bima Sakti dan para pemain, salam hormat dan salam hangat dari Bapak Presiden Jokowi," kata Menpora. 

Pasca juara Piala AFF U-16 2022, Menpora mengatakan pemerintah bersama PSSI akan terus mendukung dam mengawal Timnas U-16. 

Pemerintah juga menegaskan akan menjamin masa depan, khususnya pendidikan para pemain Timnas U-16 kedepannya.

Baca Juga

"Ke depan jangan khawatir, Insha Allah masa depan kalian akan dikawal oleh PSSI bersama dengan pemerintah, termasuk masa depan sekolah kalian," tutur Menpora.

"Pemerintah akan bantu, kalian ini adalah menjadi harapan sampai dengan tim senior nantinya," sambungnya. 


1. TC di Luar Negeri

Timnas Indonesia U-16 berhasil menjadi juara Piala AFF U-16 2022 usai mengalahkan Vietnam di babak final. Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT

Terkait training camp untuk Timnas U-16 ke luar negeri, Menpora menilai hal itu merupakan bagian dari pembinaan jangka panjang sepak bola sesuai Inpres.

Pemerintah akan mendukung apabila memang hal tersebut sesuai kebutuhan dan tentunya agar Timnas U-16 bisa terus berkembang. 

Apalagi, skuad asuhan Bima Sakti akan bersaing di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 pada Oktober nanti.

Baca Juga

"Ini kan pembinaan jangka panjang dan sepak bola ini punya Inpres No.3/2019 tentang Percepatan Pembangunan Persepakbolaan Nasional," jelas Menpora Zainudin Amali. 

"Jadi, kita akan jalankan itu dari usia dini kemudian U-16. Tinggal koordinasi dengan PSSI, mudah-mudahan dukungan dari kementerian dan lembaga akan diberikan karena ini menjalankan instruksi presiden," pungkasnya. 

Baca Juga

Pada Kualifikasi Piala Asia U-17 2023, Indonesia ditunjuk sebagai tuan rumah. Skuad Garuda Asia bersaing dengan Malaysia, Palestina, Uni Emirat Arab, dan Guam.

Pelatih Timnas U-16, Bima Sakti telah meminta agar mereka dapat kesempatan berlatih dan uji coba di luar negeri sebagai persiapan event itu. Pasalnya, lawan yang dihadapi sangat sulit. 


2. Pujian untuk Pelatih

Penampilan Timnas Indonesia U-16 di ajang Piala AFF U-16 2022 selalu dipantau Presiden RI, Joko Widodo.

Sebelumnya, Menpora Zainudin Amali memuji racikan pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti yang berhasil raih juara Piala AFF U-16 2022. 

Kemenangan Timnas U-16 disebut jadi  hadiah HUT RI ke-77. Karenanya, Menpora memuji kerja keras dan semangat tinggi yang ditunjukan para pemain. 

"Kita patut bersyukur Timnas U-16 kita bisa menjadi juara. Saya melihat anak-anak bermain dengan semangat tinggi serta militan," kata Menpora.

Pujian dan apresiasi tinggi pun juga ditujukan kepada pelatih Timnas U-16 yang juga merupakan mantan gelandang Timnas di era-nya, yakni Bima Sakti. 

Pelatih 46 tahun itu dinilai bisa meramu dan menjaga kekompakan tim, baik di dalam maupun luar lapangan.

Timnas Indonesia U-16JokowiLiga IndonesiaKualifikasi Piala Asia U-17Piala AFF U-16 2022

Berita Terkini