x

Pujian untuk Racikan Bima Sakti Pasca Timnas Indonesia U-16 Juara Piala AFF

Minggu, 14 Agustus 2022 14:11 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Herry Ibrahim
Timnas Indonesia U-16 berhasil menjadi juara Piala AFF U-16 2022 usai mengalahkan Vietnam di final. Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT

INDOSPORT.COM - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali memuji racikan pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti yang berhasil raih juara Piala AFF U-16 2022. 

Indonesia keluar sebagai jawara setelah kalahkan Vietnam U-16 dengan skor 1-0 di laga final Piala AFF U-16 2022, Jumat (12/08/22) di Stadion Maguwoharjo, Sleman. 

Baca Juga

Gol tunggal skuad Garuda Asia dicetak oleh Muhammad Kafiatur Rizky ('45+1), dan menjadi satu-satunya gol dalam pertandingan final Piala AFF U-16 2022 tersebut.

Kemenangan Timnas U-16 disebut jadi  hadiah HUT RI ke-77. Karenanya, Menpora memuji kerja keras dan semangat tinggi yang ditunjukan para pemain. 

"Kita patut bersyukur Timnas U-16 kita bisa menjadi juara. Saya melihat anak-anak bermain dengan semangat tinggi serta militan," kata Menpora.

Baca Juga

Pujian dan apresiasi tinggi pun juga ditujukan kepada pelatih Timnas U-16 yang juga merupakan mantan gelandang Timnas di era-nya, yakni Bima Sakti

Pelatih 46 tahun itu dinilai bisa meramu dan menjaga kekompakan tim, baik di dalam maupun luar lapangan.

Hal tersebut tidak mudah, sebab para pemain Timnas U-16 emosinya masih labil sehingga butuh pendekatan khusus. 

Baca Juga

"Saya sangat mengapresiasi coach Bima Sakti dkk, juga terima kasih kepada anak-anak Timnas yang telah membanggakan bangsa. Kemenangan ini adalah hadiah HUT RI ke-77," ujar Menpora. 

"Keberhasilan ini juga tidak terlepas dari kepiawaian pelatih beserta timnya yang telah bekerja keras meramu strategi serta membangun kekompakan tim baik di lapangan maupun di luar lapangan," imbuhnya. 


1. Kawal Timnas U-16

Timnas Indonesia U-16 berhasil menjadi juara Piala AFF U-16 2022 usai mengalahkan Vietnam di final. Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT

Menpora, Zainudin Amali pun berkomitmen untuk mengawal perkembangan Timnas Indonesia U-16. 

Pasalnya, bulan depan tim asuhan Bima Sakti akan bertarung di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 di Surabaya, Jawa Timur.

Baca Juga

Menpora berharap, para pemain Timnas U-16 tetap konsisten agar bisa jadi tulang punggung tim senior di masa depan. 

"Kita punya harapan ke depan. Mereka bisa menjadi tim yang utuh, asalkan kita kawal pembinaannya. Di usia mereka sekarang ini masih labil makanya kita harus lakukan pendampingan," harapnya. 

Baca Juga

Zainudin Amali juga mengingatkan para pemain Timnas U-16 untuk tetap rendah hati. Apabila nanti berada di puncak karirr, mereka tidak boleh besar kepala. 

"Jangan berubah sikap, jika kita sudah di puncak karir sudah banyak penggemar, itu ujian. Jangan berubah, tetap rendah hati," pesan Menpora.


2. Kunci Sukses

Timnas Indonesia U-16 berhasil menjadi juara Piala AFF U-16 2022 usai mengalahkan Vietnam di final. Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT

Bima Sakti sendiri mengungkap rahasia sukses Timnas Indonesia U-16 juara Piala AFF U-16 2022. Ia mengajarkan agar sepak bola dan ibadah tetap beriringan.

Bima Sakti menjadi pelatih kedua yang bisa membawa Timnas U-16 juara Piala AFF U-16 2022, setelah sebelumnya Fakhri Husaini.

Selain kerja keras saat latihan, Bima Sakti juga berperan sebagai orang tua yang memastikan anak-anaknya menjalankan ibadah selama ikut pemusatan latihan.

"Kita membentuk tim ini bukan hanya sekadar main bolanya saja, ilmu sepak bolanya saja, tapi akhlak itu lebih penting, kemudian ilmu," kata Bima Sakti.

"Sebab itu kita di sini mengajarkan kepada pemain disiplin, terutama masalah ibadah."

Baca selengkapnya: Respek! Ibadah dan Sepak Bola Beriringan, Bima Sakti Ungkap Rahasia Sukses Timnas Indonesia U-16

PSSITimnas Indonesia U-16Bima SaktiLiga IndonesiaKualifikasi Piala Asia U-17Piala AFF U-16 2022

Berita Terkini