x

Bedah Formasi Mengerikan Man United andai Berhasil Datangkan Duo Chelsea dan Casemiro

Kamis, 18 Agustus 2022 11:06 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Pemain Manchester United, Fred merayakan gol kedua ke gawang Liverpool di Stadion Nasional Rajamangala, Bangkok, Thailand, Selasa (12/07/22).

INDOSPORT.COM – Membedah formasi yang bakal digunakan raksasa Liga Inggris (Premier League), Manchester United andai berhasil datangkan duo Chelsea dan Casemiro.

Jelang penutupan bursa transfer musim panas 2022 ini, Manchester United terus melanjutkan pergerakannya demi mendapatkan amunisi tambahan.

Baca Juga

Amunisi tambahan ini untuk menambah sekaligus menambal kekuatan Manchester United yang tengah dalam fase kritis.

Bagaimana tidak? Dalam dua pertandingan awal di Liga Inggris 2022/23, Man United harus menelan kekalahan dari dua lawannya, Brighton dan Brentford.

Di laga kontra Brighton di pekan pertama, Man United yang bermain di hadapan pendukungnya sendiri harus menelan kekalahan 1-2.

Baca Juga

Sedangkan di laga kontra Brentford, Man United harus menanggung malu usai gawangnya dibobol 4 kali oleh The Bees dalam waktu 35 menit saja.

Dua kekalahan ini pun seakan menampar petinggi Man United, bahwa sang pelatih, Erik ten Hag, membutuhkan pemain berkualitas untuk timnya.

Menanggapi hasil itu, Man United pun kini berusaha mendatangkan pemain-pemain baru. Tersiar kabar bahwa duo Chelsea, Christian Pulisic dan Hakim Ziyech, masuk dalam radar Setan Merah.

Baca Juga

Selain itu juga ada nama Casemiro dari Real Madrid yang juga menjadi buruan utama jelang penutupan bursa transfer musim panas ini.

Andai ketiganya berhasil didatangkan, bagaimanakah formasi yang akan ditampilkan Erik ten Hag bersama Manchester United?


1. Kebutuhan di Lini Serang dan Tengah

Manchester United vs Brighton, Reaksi Cristiano Ronaldo usai timnya kebobolan REUTERS-Toby Melville

Ketertarikan Manchester United terhadap Christian Pulisic, Hakim Ziyech, dan Casemiro membuktikan adanya kebutuhan untuk lini serang dan lini tengah.

Kebutuhan ini terlihat dari dua pertandingan awal Liga Inggris 2022/23, di mana Man United kesulitan mencetak gol dan kalah dalam duel di lini tengah.

Di laga kontra Brighton, Man United tak bisa menciptakan gol dan minim kreativitas, sehingga tak ada satu pemainnya yang bisa mencetak gol.

Baca Juga

Memang di laga itu Man United bisa mencetak gol, tapi gol yang tercipta terjadi berkat gol bunuh diri Alexis Mac Allister.

Di laga kontra Brentford, minimnya kreativitas pun kembali terlihat dari Man United, di mana tak ada peluang matang yang bisa diciptakan karena permainan Low Block The Bees.

Tak hanya mini kreativitas dan gol, Man United juga selalu kalah dalam duel di lapangan tengah. Di laga kontra Brighton, lini tengah Setan Merah mampu diobrak-abrik oleh Moises Caicedo.

Baca Juga

Parahnya lagi, Man United juga harus merasakan lini tengah mereka diobrak-abrik Brentford, hingga menghasilkan gol kedua bagi The Bees.

Karenanya, nama Pulisic, Ziyech dan Casemiro pun masuk dalam daftar, mengingat ketiganya punya karakteristik yang menutupi kebutuhan Man United.

Lantas, bagaimana formasi yang akan tercipta di Man United andai ketiga pemain ini berhasil didatangkan di musim panas ini?


2. 4-3-3 Adalah Kunci

Pelatih Manchester United, Erik ten Hag (kiri), dan Cristiano Ronaldo di laga pramusim kontra Rayo Vallecano (31/07/22). (Foto: Reuters/Ed Sykes)

Jika melihat karaktertistik ketiga pemain itu, maka Manchester United telah melakukan langkah tepat dalam mengidentifikasi buruannya.

Christian Pulisic memang tak kreatif. Tapi kemampuan dribelnya dan kemampuannya sebagai Inside Forward membuatnya kerap berada di posisi yang tepat untuk mencetak gol.

Selain itu, Pulisic juga apik memerankan posisi Inverted Winger, yang membuatnya bisa menarik lawan dan memberi ruang bagi rekannya di lini serang.

Baca Juga

Sedangkan Hakim Ziyech menghadirkan kreativitas lewat umpan diagonal dari sektor sayap kanan. Kemampuannya melepaskan umpan diagonal ke Back Post akan menguntungkan pemain bernomor 9 atau striker, dan pemain bernomor 11 atau winger kiri.

Selain itu, Ziyech juga andal dalam mengeksekusi bola mati, yang akan menjadi keuntungan bagi Man United mengingat saat ini hanya ada Bruno Fernandes dan Christian Eriksen yang menjadi algojo.

Adapun untuk Casemiro akan memberikan Man United penyegaran di lini tengah, terutama di posisi nomor 6, yang selama ini ditempati Fred ataupun Scott McTominay.

Baca Juga

Kemampuannya dalam bertahan dan mengalirkan bola akan memberikan keseimbangan bagi Man United yang kini menerapkan taktik Ball Possesion yang menyerang secara kolektif.

Jika melihat karakteristik ketiga, Erik ten Hag pun kemungkinan akan memainkan formasi 4-3-3 andai ketiganya bergabung di musim panas ini.

Berikut formasi yang kemungkinan besar akan tercipta dari hadirnya 3 pemain tersebut.

Formasi Manchester United andai berhasil datangkan Christian Pulisic, Hakim Ziyech, dan Casemiro. (Foto: createformation.com)
Manchester UnitedCasemiroIn Depth SportsHakim ZiyechChristian PulisicUlasan TaktikErik ten HagOne Football

Berita Terkini