x

Siapa Sir Jim Ratcliffe? Miliarder Inggris yang Siap Rebut Manchester United dari Keluarga Glazer

Kamis, 18 Agustus 2022 17:17 WIB
Penulis: Akwila Chris Santya Elisandri | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Sir Jim Ratcliff, salah satu pengusaha kaya asal Inggris yang ingin membeli Chelsea.

INDOSPORT.COM – Miliardes asal Inggris, Sir Jim Ratcliffe dilaporkan telah menyatakan niatnya untuk membeli salah satu klub raksasa Liga Inggris (Premier League), Manchester United.

Sebelumnya, pada hari Rabu (17/08/22), pemilik Manchester United saat ini, yakni keluarga Glazer dikabarkan sedang mempertimbangkan untuk menjual saham minoritas milik Setan Merah.

Baca Juga

Bahkan, tak cukup sampai di mulut, keluarga Glazer ternyata sudah mendiskusikan hal ini dengan calon investor yang berminat.

Terbaru, salah satu orang yang berminat untuk memebli saham minoritas milik Manchester United tersebut adalah Sir Jim Ratcliffe.

Sir Jim Ratcliffe sendiri merupakan milarder asal Inggris yang lahir di Failsworth, Manchester. Ratcliffe mengakui dirinya sejak kecil merupakan penggemar Manchester United.

Baca Juga

Dilansir daru Manchester Evening News, sebelum kabar tentang keinginannya membeli Manchester United mencuat, Ratcliffe sebenarnya sudah menjadi pemilik klub Liga Prancis (Ligue 1), Nice.

Tak hanya memiliki klub sepak bola, Nice, Ratcliffe dilaporkan juga memiliki sebuah perusahaan yang berpusat di London bernama Ineos.

Bahkan, jauh sebelum keinginannnya terhadap Manchester United muncul, Ratcliffe melalui saudara laki-lakinya, Bob ternyata selalu memantau perkembangan klub-klub Liga Inggris.

Baca Juga

"Kami menghabiskan cukup banyak waktu untuk melihat klub-klub Liga Inggris. Kami melihat penilaian klub-klub Liga Inggris dan pendapatan 5 miliar poundsterling untuk Liga Inggris dan enam klub teratas senilai 2 miliar pounsterling ke atas,” ujar saudara laki-laki Ratcliffe dalam wawancaranya terhadap BBS Radio 5 Live pada 2019 yang lalu.

“(Ini) cukup sulit untuk merasionalisasi pembelian di Liga Inggris saat ini bagi kami dan kemudian, jika Anda melihat di bawah enam besar, semuanya 150 juta poundsterling ke atas dan Anda akan menulis cek untuk 50 juta poundsterling dan masuk ke 'Everton Cup'. Ada beberapa pertukaran awal (dengan Chelsea) tapi kami berbeda jauh dalam penilaian,” tambah Bob.


1. Peminat Tak Hanya Datang dari Sir Jim Ratcliffe

Pemain Manchester United di Old Trafford.

Ketertarikan miliarder kaya raya asal Inggris, Sir Jim Ratcliffe terhadap Manchester United tampaknya harus mendapat persaingan.

Sebagaimana diketahui, penjualan saham Glazer ini tampaknya merupakan respons dari pemilik klub atas desakan para penggemar Manchester United.

Baca Juga

Para penggemar Setan Merah sendiri kini tengah melancarkan aksi protes dengan mengancam akan mengosongkan Old Trafford dalam laga kontra Liverpool nanti.

Tambahan informasi, harga saham Man United saat ini dilaporkan juga sedang naik tajam di New York Stock Exchange pada hari Rabu.

Hal itu disebabkan karena meningkatnya spekulasi bahwa Glazer mungkin mendatangkan investor baru atau menjual klub sepenuhnya.

Baca Juga

Saham ditutup pada $13,69 (£11,36), atau naik 7,1 persen. Semua kesepakatan untuk menjual sebagian kecil saham diperkirakan tidak akan selesai sampai bulan September mendatang.

Namun, keinginan Sir Jim Ratcliffe untuk membeli Manchester United tampaknya akan mendapat sedikir persaingan dari perusahaan asal Amerika Serikat, Apollo.

Apollo disebut-sebut juga memiliki ketertarikan untuk membeli sejumlah saham dari Manchester United. Bahkan, diskusi awal antara Apollo dan Glazer dikabarkan sudah terjadi.

Baca Juga

Pembicaraan keduanya diprediksi tidak akan selesai sebelum penutupan bursa transfer musim panas.


2. Sir Jim Ratcliffe Miliki Niat Mulia Selamatkan Manchester United

Sir Jim Ratcliffe.

Sir Jim Ratcliffe kini sedang mencoba menggelontorkan dana tak kurang dari 4,25 miliar pound untuk membayar Chelsea, namun alih-alih tercapai, sekarang ia akan mengalihkannya agar bisa menjadi pemilik Manchester United.

Ratcliffe merupakan pemilik perusahaan asal Inggris, Ineos dan berencana memecahkan rekor dengan memberikan investasi potensial untuk Manchester United dan menyelamatkan raksasa Liga Inggris itu.

“Tak hanya soal uang yang harus dihabiskan atau tak dihabiskan, tetapi Jim Ratcliffe menyebut dirinya harus melakukan sesuatu yang penting untuk Manchester United dan kotanya,” ujar sang sumber.

Baca Selengkapnya: Gagal Beli Chelsea, Taipan Inggris Satu Ini Punya Tujuan Mulia Selamatkan Manchester United

Manchester UnitedAvram GlazerLiga InggrisBerita Liga InggrisOne Football

Berita Terkini