x

Resmi Jadi WNI, Bedah Formasi Timnas Indonesia Andai Diperkuat Lee Yu-Jun

Senin, 22 Agustus 2022 16:30 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Usai Lee Yu-Jun resmi jadi WNI, intip formasi Timnas Indonesia andai skuat garuda diperkuat sang gelandang asal Korea Selatan tersebut.

INDOSPORT.COM – Usai Lee Yu-Jun resmi jadi WNI, intip formasi Timnas Indonesia andai skuat garuda diperkuat sang gelandang asal Korea Selatan tersebut. Mampukah raih kemenangan?

Nama Lee Yu-Jun belakangan jadi perbincangan terutama bagi para pecinta sepak bola nasional, lantara sang pemain dikabarkan telah resmi mendapatkan status kewarganegaraan Indonesia.

Baca Juga

Gelandang impor kelahiran Korea Selatan itu sudah resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) melalui jalur naturalisasi, setelah berkarer di Indonesia selama 6 tahun lebih secara beruntun.

Sebagai informasi, Lee Yu-Jun pertama kali datang ke Indonesia dengan memperkuat Bhayangkara FC di ajang ISC A pada tahun 2016 silam.

Total bersama Bhayangkara FC, pemain yang kini berusia 32 tahun tersebut tampil sebanyak 138 pertandingan dengan menorehkan 7 gol di semua ajang.

Baca Juga

Setelah 6 musim memperkuat Bhayangkara FC, Lee Yu-Jun membuat kejutan dengan hengkang ke Madura United awal musim lalu dan sejauh ini cukup sukses membantu Sapeh Kerrab bertengger di urutan teratas Liga 1.

Bersama Madura United, Lee Yu-Jun yang berhasil mendapat status WNI menjalani debut sebagai pemain lokal saat menantang Persebaya di Stadion GBT, Minggu (14/8/22) lalu.

Usai resmi menjadi WNI, nama Lee Yu-Jun jadi perbincangan lantaran sang pemain berpotensi perkuat Timnas Indonesia, apalagi pelatih skuat Garuda saat ini sama-sama berasal dari Korea Selatan sehingga koneksi keduanya bisa menguntungkan buat timnas.

Baca Juga

Meski belum ada keterangan resmi terkait rencana Shin Tae-yong untuk memanggil Lee Yu-Jun, namun peluang sang pelatih untuk memboyong sang gelandang ke timnas masih tetap terbuka.

Andai resmi diperkuat Lee Yu-Jun, bakal seperti apakah formasi Timnas Indonesia nantinya? Berikut INDOSPORT coba merangkum serta mengulas:


1. Formasi Timnas Indonesia Bersama Lee Yu-Jun

Pemain Bhayangkara FC. Lee Yujun (kanan) mencoba melewati kiper Persipura, Dede Sulaiman.

Setelah jadi WNI, Lee Yu-Jun memang tak menampik jika dirinya berhasrat untuk memperkuat Timnas Indonesia dan membantu skuat Garuda bersaing di level internasional.

"Tentu, saya sangat bersyukur akhirnya menjadi WNI," ujar Lee Yu-Jun pasca-mengantar Madura United mengalahkan Dewa United 1-0 di Stadion Gelora Bangkalan, Jumat (19/8/22).

Baca Juga

"Saya ingin membantu lebih banyak hal di sepak bola Indonesia. Mungkin untuk tim nasional dan khususnya untuk klub saya saat ini," tukas pemain berusia 32 tahun tersebut.

Dari sisi Shin Tae-yong, mantan pelatih Timnas Korea Selatan itu sejatinya cukup sering memanggil pemain yang berusia diatas 30 tahun seperti Fachruddin Aryanto, Stefano Lilipaly hingga Victor Igbonefo.

Berkaca dari fakta tersebut, sudah jelas bahwa peluang Lee Yu-Jun yang sudah mencapai usia 32 tahun untuk masuk Timnas Indonesia masih terbuka lebar.

Baca Juga

Andai resmi perkuat Timnas Indonesia, kehadiran Lee Yu-Jun dipastikan bakal membuat lini tengah Garuda kian solid dan kokoh.

Kehadiran Lee Yu-Jun sendiri sedikit banyak bakal merubah taktik permainan Timnas Indonesia. Jika sebelumnya Shin Tae-yong kerap bermain dengan formasi 3-4-3, akan alami perubahan menjadi 4-2-3-1.

Di sisi penjaga gawang, nama Nadeo Argawinata tampaknya masih terlalu tangguh dan sulit tergantikan sebagai kiper utama Timnas Indonesia.

Baca Juga

Sementara empat pemain bertahan Timnas Indonesia, ada Pratama Arhan, Elkan Baggott, Rizky Ridho serta Asnawi Mangkualam yang paling pas untuk menempatinya.

Pengalaman Pratama Arhan, Elkan Baggott dan Asnawi Mangkualam yang tampil di luar negeri, ditambah tangguhnya performa Rizky Ridho di Liga 1, membuat sektor belakang Timnas Indonesia akan cukup solid di turnamen internasional.


2. Lee Yu-Jun Jadi Metronom Permainan

Lee Yu Jun saat berlatih dengan pemain Bhayangkara FC.

Selain punya kuartet lini pertahanan yang tangguh, Timnas Indonesia juga bakal memiliki duet gelandang jangkar yang bisa membantu penyerangan serta aktif dalam bertahan.

Marc Klok yang selalu jadi holding midfielder di Timnas Indonesia, akan mendapat bantuan dari Lee Yu-Jun yang juga sangat tangguh sebagai defensive midfielder serta gelandang box to box.

Baca Juga

Selama memperkuat Bhayangkara FC, Lee Yu-Jun memang jadi sosok tak tergantikan buat The Guardians termasuk saat membantu klub menjuarai Liga 1 musim 2017 silam.

Tangguhnya lini tengah Timnas Indonesia, akan didukung oleh para winger lincah haus gol seperti Witan Sulaeman, Ricky Kambuaya serta Saddil Ramdani.

Kecepatan Witan Sulaeman dan Saddil Ramdani yang telah terbukti di kompetisi luar negeri, ditambah visi bermain tinggi Ricky Kambuaya, membuat Timnas Indonesia berpotensi terus menekan tim lawan saat bertanding.

Untuk melengkapi pola serangan Timnas Indonesia, ada sosok Egy Maulana Vikri yang bakal jadi tumpuan sekaligus goal getter skuat Garuda.

Berkaca dari statistik sang pemain di kompetisi Liga Slovakia musim ini, jelas kehadiran Egy Maulana Vikri bisa jadi ancaman serius buat para lawan Timnas Indonesia.

Formasi Timnas Indonesia Bersama Lee Yu-Jun (4-2-3-1):
Nadeo Argawinata; Pratama Arhan, Elkan Baggott, Rizky Ridho, Asnawi Mangkualam; Marc Klok, Lee Yu-Jun; Witan Sulaeman, Ricky Kambuaya, Saddil Ramdani; Egy Maulana Vikri.

NaturalisasiTimnas IndonesiaLee Yoo-JoonOne Football

Berita Terkini