x

Liga Champions: Benfica si Klub Cerdas di Bursa Transfer, Ternyata Sudah Jual 10 Pemain Mahal!

Rabu, 24 Agustus 2022 09:35 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Darwin Nunez saat masih berseragam Benfica. Foto: Reuters/Matthew Childs.

INDOSPORT.COM - Benfica yang berhasil menggondol tiket ke putaran grup Liga Champions 2022-2023, ternyata klub yang cerdas di bursa transfer.

Diam-diam menghanyutkan, klub papan atas Portugal tersebut dalam beberapa waktu terakhir memang melakukan kegiatan transfer yang cukup impresif.

Baca Juga

Mereka mungkin Arsenal-nya Liga Portugal, yang punya kecenderungan mendidik para pemain muda untuk kemudian dilepas dengan nilai berlipat ganda.

Jika harus menarik sedikit ke belakang, Arsenal pada masa lalu dikenal luas dengan bintang-bintang sehijau daun yang ternyata menjelma sebagai pemain besar di bawah asuhan Arsene Wenger.

Cesc Fabregas dan Aaron Ramsey hanya dua dari sekian contoh yang bisa ‘dicomot’ dari daftar binaan The Gunners, yang kini sudah punya nama besar di kancah sepak bola dunia.

Baca Juga

Benfica, yang baru saja mendepak Dynamo Kyiv dari playoff Liga Champions pun tidak jauh berbeda. Selama ini, mereka tergolong klub cerdas di bursa transfer yang sudah menjual banyak pemain bernilai tinggi.

Berdasarkan data yang dihimpun redaksi INDOSPORT.com dari berbagai sumber, berikut 10 pemain mahal yang pernah dilepas Benfica di bursa transfer dalam beberapa waktu terakhir. Siapa saja?

Angel Di Maria

Siapa yang tidak kenal pemain yang satu ini? Sebelum merapat ke Juventus, winger asal Argentina ini sudah merantau ke banyak klub top dunia seperti Manchester United, PSG, dan Real Madrid.

Baca Juga

Namun jauh sebelum namanya melejit seperti sekarang, Angel Di Maria adalah pemain milik Benfica yang dilepas ke Real Madrid pada 2010.

Untuk mendapatkan sang pemain, Los Blancos harus membayar 33 juta euro di bursa transfer kepada Benfica. Bisa dibilang, kepindahan ini adalah momen breakthrough Angel Di Maria sebagai pesepak bola.


1. Deretan Pemain Lainnya

Paris Saint-Germain (PSG) resmi memperkenalkan Renato Sanches sebagai rekrutan anyar.

Renato Sanches

Selanjutnya ada Renato Sanches, putra asli Portugal yang dididik di Benfica sejak kecil. Bak anak yang sudah dewasa dan harus meninggalkan rumah, ia pun dilepas ke Bayern Munchen pada 2016.

Nilainya pada waktu itu pun tergolong tinggi untuk ukuran remaja berusia 18 tahun. Die Roten harus menggelontorkan 35 juta euro untuk memboyongnya ke Allianz Arena.

Baca Juga

Bersama juara enam kali Liga Champions tersebut, Renato Sanches sudah memenangkan empat gelar termasuk Bundesliga Jerman.

Victor Lindelof

Lagi-lagi nama yang sudah cukup familier di telinga publik sepak bola. Pemain yang selama ini identik dengan klub Liga Inggris, Manchester United.

Untuk mencapai tempatnya sekarang, Victor Lindelof angkat kaki dari Benfica saat berusia 22 tahun pada 2017.

Baca Juga

Ia kini menjelma sebagai salah satu pemain dengan peran besar di Manchester United. Nampaknya harga yang dibayarkan Setan Merah senilai 35 juta euro dulu tidak terbuang sia-sia.

Nelson Semedo

Selain Renato Sanches, Portugal juga memiliki Nelson Semedo, yang mentas dari Benfica B ke tim senior, hingga akhirnya hengkang ke Barcelona pada 2017.

Ia dilepas dengan kisaran nilai 35 juta euro dan menuai kesuksesan bersama Barcelona dengan raihan dua gelar Liga Spanyol. Kini ia bermain untuk Wolverhampton Wanderers.

Baca Juga

Raul Jimenez

Striker yang dikenal dengan kemampuan finishing-nya yang apik ini dilirik Wolverhampton Wanderers pada 2019 lalu, dan berhasil diboyong dengan nilai 38 juta euro.

Awalnya datang sebagai pinjaman, pemain asal Meksiko tersebut pun dipermanenkan Wolves usai menunjukkan penampilan yang memuaskan bersama tim.

 

2. Siapa yang Termahal?

Darwin Nunez saat masih berseragam Benfica. Foto: Reuters/Matthew Childs.

Axel Witsel

Satu lagi pemain yang meninggalkan Benfica demi kesempatan meniti karier yang lebih baik. Ia angkat kaki ke klub Rusia, Zenit, pada 2012 silam

Saat itu, nilainya saja sudah menyentuh 40 juta euro. Setelah itu, ia pun merantau ke sejumlah klub seperti Tianjin Quanjian, Borussia Dortmund, dan kini di Atletico Madrid.

Baca Juga

Ederson

Salah satu kiper terbaik di Liga Inggris saat ini, mungkin tidak banyak yang ingat atau bahkan tahu kalau dulunya ia pernah bermain untuk Benfica.

Merantau dari Brasil ke Portugal, Ederson pun menemukan pelabuhan paling tepat untuk kariernya saat ini, Manchester City. Ia merapat pada bursa transfer 2017 lalu dengan nilai 40 juta euro.

Ruben Dias

Pemain mahal selanjutnya yang berhasil dijual Benfica sang kontestan Liga Champions musim ini, yakni Ruben Dias.

Baca Juga

Sama seperti Ederson, ia juga diboyong Manchester City dengan nilai lumayan pada 2020, 68 juta euro. Kedatangannya pun menambah kualitas di lini pertahanan The Citizens asuhan Pep Guardiola.

Darwin Nunez

Baru saja menjadi highlight di bursa transfer musim panas 2022. Setelah diperebutkan banyak klub, Darwin Nunez merapat ke Liverpool dengan banderol 75 juta euro.

Angka tersebut, membuatnya ternobatkan sebagai pemain termahal kedua yang pernah dijual Benfica sepanjang masa.

Baca Juga

Joao Felix

Ini dia pemain termahal yang mencetak sejarah tersendiri bagi Benfica. Merapat ke Atletico Madrid pada 2019 dengan nilai fantastis yang tembus 127 juta euro!

Pembelian ini pun menjadi pertaruhan besar Los Rojiblancos kala itu lantaran nekat memboyong pemain dengan harga luar biasa tinggi untuk seusianya.

PortugalLiga ChampionsBenficaBerita Liga Champions EropaOne Football

Berita Terkini