x

Menpora Jadwalkan Proses Naturalisasi Sandy Walsh Cs Beres di September

Rabu, 24 Agustus 2022 21:05 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Indra Citra Sena
Menpora Zainudin Amali, saat meninjau Stadion GBLA, Kota Bandung, Jumat (22/07/22).

INDOSPORT.COM - Angin segar datang dari proses naturalisasi pemain keturunan Indonesia, Sandy Walsh dan Jordi Amat, Rabu (24/8/22).

Proses naturalisasi dua calon pemain timnas Indonesia, Jordi Amat dan Sandy Walsh, mulai menemui titik terang. Keduanya akan dibahas di DPR, tepatnya Komisi X, pada awal September.

Baca Juga

Naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh dibahas dalam Rapat Dengar Pendapat Komisi X DPR RI bersama Menpora RI, Zainudin Amali. 

Usai dibahas bersama DPR, Zainudin Amali berharap proses naturalisasi Sandy Walsh dan Jordi Amat dijadwalkan pada September mendatang.

"Kami jadwalkan September karena kami harus sesuaikan jadwal. Kemarin karena saya ada kegiatan. Jadi, baru direncanakan awal September," ujar Menpora.

Baca Juga

"Tanggalnya nanti kami lihat. Saya harus menyesuaikan dengan kegiatan-kegiatan saya juga kan," tambah Zainudin Amali.

Amali menambahkan, proses naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh tidak ada masalah. Bahkan berkas keduanya sudah ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo.

Baca Juga

"Sebenarnya sih persyaratan-persyaratan semua sudah oke, tapi memang di Undang Undang harus disetujui di DPR, cuma itu saja.," kata Amali.

"Prosedurnya yang kita jalani. Jadi harus ada pesetujuan dari DPR, kalau mereka tidak setuju kan juga tidak bisa," tegas Menteri asal Gorontalo ini.


1. Ada 1 Lagi

Calon pemain naturalisasi, Shayne Pattynama. Foto: PSSI

Selain Sandy Walsh dan Jordi Amat, PSSI bersama pemerintah sebenarnya tengah memproses satu pemain keturunan lain untuk diberikan status WNI, yakni Shayne Pattynama.

Baca Juga

Namun, baru Amat dan Walsh saja yang sudah komplet. Sementara Shayne masih dalam proses lantaran pengajuannya lebih lambat dari kedua pemain.

Baca Juga

"Cuma dua itu. Yang sudah lolos itu dua, kita tinggal cari waktu saja. Bila diizinkan masuk dua dulu, satu nanti saja. Mereka (Jordi Amat dan Sandy Walsh) harus hadir dan biasanya DPR juga suka nanya-nanya soal mereka," pungkasnya.


2. Mundur Terus

Jordi Amat tiba di Jakarta.

Sebelumnya, pembahasan proses naturalisasi pemain timnas Indonesia dijadwalkan pada akhir Agustus, namun terus mengalami kemunduran.

Padahal, PSSI dan pelatih Shin Tae-yong sangat berharap agar ketiga pemain keturunan, baik Walsh, Amat, maupun Shayne bisa segera tuntas. 

Baca Juga

Mereka diharapkan dapat langsung membela timnas Indonesia di FIFA Matchday periode September sewaktu menjamu Curacao pada 24 dan 27 bulan depan.

NaturalisasiDPR RITimnas IndonesiaMenporaLiga IndonesiaSandy WalshBola IndonesiaZainudin AmaliBerita Timnas IndonesiaShayne PattynamaJordi Amat

Berita Terkini