x

Ranking Terbaru FIFA: Brasil Masih Kokoh, Timnas Indonesia Kalahkan 5 Negara Eropa

Kamis, 25 Agustus 2022 19:05 WIB
Penulis: Triyoga Sandi Pamungkas | Editor: Isman Fadil
Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) telah merilis peringkat tim nasional per 25 Agustus 2022.

INDOSPORT.COMFederasi Sepak Bola Dunia (FIFA) telah merilis peringkat tim nasional per 25 Agustus 2022. Timnas Indonesia saat ini masih bertengger di posisi ke-155 dunia dengan berhasil mengoleksi 1019,19 poin.

Sebelumnya, Indonesia berada di peringkat ke-159 dunia pada bulan Juni. Peringkat Indonesia di ranking FIFA akhirnya naik setelah berhasil melewati babak kualifikasi Piala Asia 2023 pada bulan Juni lalu dan memastikan diri untuk berkompetisi di turnamen tersebut setelah absen sekian lama.

Baca Juga

Posisi Indonesia di ranking FIFA ini berhasil mengalahkan 5 negara Eropa lainnya, seperti Malta, Moldova, Liechtenstein, Gibraltar, dan San Marino.

Meski demikian, saat ini Indonesia masih berada di bawah Malaysia yang bertengger di posisi ke 148 dengan mengoleksi 1057,59 poin. 

Baca Juga

Di zona Asia Tenggara, Vietnam masih menjadi yang tertinggi di posisi ke-97, disusul oleh Thailand di posisi ke-111 dan Filipina di posisi ke-134.

Sementara itu, Brasil masih kokoh di peringkat 1 dunia meski sebelumnya gagal membawa piala Copa America saat dikalahkan oleh oleh Argentina dengan skor 1-0.

Brasil masih menjadi yang teratas dengan berhasil mengoleksi sebanyak 1837, 56 poin, disusul oleh Belgia yang menempati posisi kedua dengan torehan 1821,92 poin.

Baca Juga

Argentina yang menjadi jawara Copa America 2021 dan CONMEBOL - UEFA 2022 itu justru harus bertengger di posisi ke-3 dunia dengan mengoleksi 1770,65 poin.

Indonesia masih berkesempatan untuk memperbaiki ranking FIFA ketika menghadapi Curacao di FIFA Matchday nanti.


1. Indonesia Tantang Curacao di FIFA Matchday

Skuat timnas Indonesia dalam pertandingan Kualifikasi Piala Asia 2023 melawan Kuwait, Rabu (8/6/22).

Indonesia yang kini bertengger di posisi ke-155 dunia ini berkesempatan untuk memperbaiki ranking FIFA saat melawan Curacao yang saat ini bertengger di posisi ke-84 dunia.

Skuat Garuda dijadwalkan menantang Curacao sebanyak dua kali pada 24 dan 27 September mendatang. Nantinya Timnas Indonesia akan menjamu Curacao di dua stadion kota yang berbeda. 

Baca Juga

Kedua stadion tersebut adalah Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) di Bandung dan Stadion Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta. Kepastian ini disampaikan oleh Sekjen PSSI, Yunus Nusi. 

"Alhamdulillah kami sudah deal dengan Curaçao," buka Yunus Nusi. 

"Mereka tim yang kuat, serta akan main dua kali di Indonesia yakni tanggal 24 September di Stadion Bandung Lautan Api dan tanggal 27 di Stadion Jakarta International Stadium," kata Yunus Nusi.

Baca Juga

Curaçao merupakan negara dari Kepulauan Karibia dengan peringkat FIFA 84 dan tergantung ke zona CONCACAF. Untuk skuad Garuda saat ini menempati peringkat 155 dunia. 

"Semoga dua kali laga melawan Curaçao kami meraih kemenangan untuk mendongkrak peringkat FIFA Indonesia dan sebagai salah satu persiapan mengikuti Piala AFF akhir tahun nanti," tambah Yunus Nusi. 

Sebelumnya PSSI juga menjalin komunikasi dengan India untuk laga FIFA Match Day selain melawan Curaçao.

Baca Juga

"Opsi melawan India batal karena mereka mendapatkan sanksi dari FIFA. Untungnya PSSI belum deal dengan India, jadi tidak mengganggu persiapan untuk lawan di laga FIFA Match Day," tukasnya

Pada laga FIFA Match Day terakhir bulan Juni lalu, Indonesia melawan Bangladesh di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung dan berakhir dengan skor imbang 0-0 untuk kedua tim.


2. Kabar Terbaru Proses Naturalisasi Sandy Walsh dan Jordi Amat

Menpora Zainudin Amali, saat meninjau Stadion GBLA, Kota Bandung, Jumat (22/07/22).

Angin segar datang dari proses naturalisasi pemain keturunan Indonesia, Sandy Walsh dan Jordi Amat, Rabu (24/8/22). 

Proses naturalisasi dua calon pemain timnas Indonesia, Jordi Amat dan Sandy Walsh, mulai menemui titik terang. Keduanya akan dibahas di DPR, tepatnya Komisi X, pada awal September.

Naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh dibahas dalam Rapat Dengar Pendapat Komisi X DPR RI bersama Menpora RI, Zainudin Amali.  

Usai dibahas bersama DPR, Zainudin Amali berharap proses naturalisasi Sandy Walsh dan Jordi Amat dijadwalkan pada September mendatang. 

"Kami jadwalkan September karena kami harus sesuaikan jadwal. Kemarin karena saya ada kegiatan. Jadi, baru direncanakan awal September," ujar Menpora.

Baca selengkapnya: Menpora Jadwalkan Proses Naturalisasi Sandy Walsh Cs Beres di September

FIFAPSSITimnas IndonesiaBola InternasionalBerita Timnas IndonesiaOne Football

Berita Terkini