x

Rekor Unbeatable di Liga 1 Terhenti, Pelath Madura United Salahkan 2 Faktor Ini

Kamis, 25 Agustus 2022 08:20 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Prio Hari Kristanto
Rekor mentereng Madura United yang belum terkalahkan di Liga 1 akhirnya runtuh saat melawan Persis Solo, sang pelatih pun buka suara. Foto: Persis Solo

INDOSPORT.COM - Rekor mentereng Madura United yang belum terkalahkan di Liga 1 akhirnya runtuh saat melawan Persis Solo pada pekan ke-6 di Stadion Manahan, Selasa (23/08/22). 

Ya, tim asuhan Fabio Araujo Lefundes itu akhirnya merasakan kekalahan pertama kalinya. Padahal pada lima laga sebelumnya, mereka menyapunya dengan 13 poin.

Baca Juga

Gol tunggal Alexis Messidoro pada menit 80 menjadi pencoreng statistik ciamik Madura United itu. Sebelumnya, mereka 4 kali menang dan 1 kali imbang sebelum ke Solo.

Gol pada 10 menit akhir itu jelas sangat mengecewakan Madura United. Lantaran sepanjang laga, Beto Goncalves dkk bermain tak kalah ofensif dibanding Persis Solo.

"Sebenarnya saya sudah cukup puas jika mampu mengambil satu poin di sini," bilang pelatih Madura United, Fabio Araujo Lefundes, ketika sesi post-match press conferrence.

Baca Juga

"Tetapi kami ingin meraih hasil lebih dari sekadar imbang. Meski kemudian kami gagal mencapainya," dia menambahkan.

Faktor pertama yang membuat Madura United buyar dalam skema permainan adalah cederanya Luiz Marcelo Morais alias Lulinha.

Winger asal Brasil itu menepi lebih cepat pada menit 16' dan digantikan Slamet Nur Cahyo. Madura United kesulitan mengembangkan skema tanpa top skorer tim dengan 6 gol itu.

Baca Juga

"Sangat sulit melakukan pergantian pemain pada awal pertandingan. Karena strategi kami sudah direncanakan seperti itu," ulas Lefundes.

"Kami juga belum tahu bagaimana perkembangan (cedera Lulinha), apakah bahaya atau tidak," eks asisten pelatih Jeonbuk Hyundai Motors tersebut menambahkan.


1. Faktor Wasit

Pertandingan Persis Solo melawan Madura United di Stadion Manahan Solo, Selasa (23/8/22). Foto: Persis Solo

Seturut hal itu, faktor kedua yang menyebabkan kekalahan Madura United adalah kinerja Dwi Susilo selaku wasit yang memimpin laga.

Ya, wasit mendapat sorotan tajam akibat membiarkan pelanggaran keras yang dilakukan Fernando Rodriguez, dengan menendang kepala Novan Setya Sasongko.

Baca Juga

Namun, Fabio Lefundes enggan untuk merinci lebih jauh. Dia tetap enggan mengomentari kinerja wasit selama laga melawan Persis Solo.

"Sangat sulit sekali. Kami sudah bekerja keras setiap hari dalam sesi latihan untuk mencapai hasil terbaik," beber Lefundes.

Baca Juga

"Ada sejumlah hal berada di luar kontrol. Tapi saya tidak mau berbicara soal (faktor) itu, yang jelas itu membuat semangat kami berkurang," katanya.


2. Hasil Liga 1 Persis Solo vs Madura United

Pertandingan Persis Solo melawan Madura United di Stadion Manahan Solo, Selasa (23/8/22). Foto: Persis Solo

Berikut merupakan hasil pertandingan Liga 1 musim 2022-2023 antara Persis Solo vs Madura United pada hari Selasa (23/08/22) malam WIB.

Persis Solo menjalani laga kandang perdana tanpa pelatih Jacksen F Tiago yang baru saja mundur dari kursi kepelatihan pada pekan lalu.

Lawan yang dihadapi Persis Solo pun tak sembarangan , yaitu Madura United yang  duduk di peringkat kedua klasemen sementara Liga 1 musim 2022-2023.

Bertanding di Stadion Manahan Solo, tim asuhan pelatih sementara, Rasiman mampu menahan gempuran Madura United yang mengandalkan duo Brasil, Lulinha dan Jaja di lini tengah.

Tak hanya itu, sektor lini depan Madura United yang dilatih oleh pelatih asal Brasil, Fabio Lefundes juga diisi oleh pemain naturalisasi, Beto Goncalves dan Esteban Vizcarra.

Baca Selengkapnya: Hasil Liga 1 Persis Solo vs Madura United: Gol Tunggal Messidoro Bungkam Sape Kerrab

Persis SoloMadura United FCLiga IndonesiaLiga 1Berita Liga 1Fabio Araujo Lefundes

Berita Terkini