x

Mengenang Momen Indonesia Segrup dengan Thailand dan Filipina di Piala AFF: Hampir Jadi Juara!

Selasa, 30 Agustus 2022 21:05 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Aksi Dedik Setiawan di leg pertama final Piala AFF 2020 Timnas Indonesia vs Thailand.

INDOSPORT.COM – Mengenang kembali momen Timnas Indonesia kala berada dalam satu grup bersama Thailand dan Filipina di Piala AFF.

Drawing babak grup Piala AFF 2022 telah usai digelar. Dalam drawing tersebut, Timnas Indonesia yang berada di Pot 3, tergabung di grup A.

Baca Juga

Di grup A tersebut, Timnas Indonesia tergabung bersama juara edisi sebelumnya, Thailand. Selain itu, masih ada nama Filipina dan juga Kamboja.

Sedangkan satu slot tersisa di grup A akan diperebutkan Timor Leste dan Brunei Darussalam yang akan bersaing di babak kualifikasi.

Hasil drawing ini sejatinya banyak disyukuri oleh para pendukung Timnas Indonesia. Maklum saja, skuad Garuda terhindar dari rival-rivalnya seperti Vietnam dan Malaysia.

Baca Juga

Namun bukan berarti lawan-lawan yang ada di grup A terbilang mudah. Sebab ada Thailand dan Filipina yang bisa menjadi batu sandungan.

Thailand sendiri merupakan lawan Timnas Indonesia di final Piala AFF 2020 lalu. Di babak final tersebut, skuad Garuda harus menyerah dengan agregat skor 2-6.

Selain itu masih ada Filipina yang kerap menjadi kuda hitam, kendati Timnas Indonesia punya catatan apik melawan tim berjuluk The Azkals tersebut.

Baca Juga

Meski demikian, Timnas Indonesia diyakini bisa lolos dari grup A dan bermain di semifinal. Apalagi jika menilik kembali kiprah skuad Garuda kala berada dalam satu grup bersama Thailand dan Filipina di Piala AFF.

Kapan saja Timnas Indonesia berada dalam satu grup Piala AFF bersama Thailand dan Filipina? Berikut rangkumannya.


1. Momen Timnas Indonesia Segrup dengan Thailand dan Filipina

Duel udara Timnas Indonesia melawan Filipina

1. Piala AFF 1998

Timnas Indonesia pertama kali merasakan berada dalam satu grup bersama Thailand dan Vietnam pada Piala AFF 1998 atau Piala Tiger 1998.

Saat itu, Timnas Indonesia angkatan Bima Sakti dkk tergabung di grup A bersama Thailand, Filipina dan juga dengan Myanmar.

Dalam grup A tersebut, Timnas Indonesia dan Thailand berhasil lolos ke semifinal, usai menjadi runner up grup dan juara grup.

Baca Juga

Timnas Indonesia lolos ke semifinal dengan raihan 6 poin, sedangkan Thailand lolos dengan raihan 7 poin. Adapun Filipina justru terpuruk di dasar klasemen dengan raihan 0 poin.

Meski berhasil ke semifinal, Timnas Indonesia dan Thailand tak bisa melangkah jauh. Sehingga kedua tim bertemu kembali di perebutan tempat ketiga, yang dimenangi tim Merah Putih.

2. Piala AFF 2000

Usai berada dalam satu grup di Piala AFF 1998, Timnas Indonesia bersama Thailand dan Filipina kembali berada dalam satu grup di Piala AFF 2000.

Lagi-lagi ketiga tim ini tergabung di grup A. Adapun satu negara lainnya yang tergabung di grup ini adalah Myanmar.

Baca Juga

Hasil serupa pun tercipta di grup A Piala AFF 2000, di mana Timnas Indonesia dan Thailand lolos ke semifinal. Sedangkan Filipina menjadi juru kunci dengan 0 poin.

Bedanya, saat itu Timnas Indonesia dan Thailand bisa melangkah jauh dan kembali bertemu di partai final Piala AFF 2000.

Sayangnya, Timnas Indonesia gagal menjadi juara, usai di partai final dibekuk Thailand dengan skor cukup telak, yakni 4-1.


2. Pertemuan Lainnya

Fachrudin Aryanto (kiri) merebut Siroch Chatthong (kanan) pada laga Thailand vs Timnas Indonesia di final leg kedua Piala AFF 2016.

3. Piala AFF 2016

Timnas Indonesia merasakan kembali berada dalam satu grup bersama Thailand dan Filipina kala berpartisipasi di ajang Piala AFF 2016.

Ketiga negara ini tergabung di grup A. Hanya saja, Timnas Indonesia, Thailand dan Filipina ditemani oleh tim kuat lainnya, yakni Singapura.

Di fase grup Piala AFF 2016 itu, Timnas Indonesia berhasil mengangkangi Filipina serta Singapura dan menemani Thailand ke semifinal usai menjadi Runner Up grup A.

Baca Juga

Langkah Indonesia dan Thailand di semifinal pun terbilang mulus, dengan mengalahkan lawan-lawannya seperti Vietnam dan Myanmar.

Namun, Indonesia harus kembali kecewa di final usai dikalahkan Thailand dengan agregat 3-2, usai menang 2-1 di Tanah Air dan kalah 0-2 di Thailand.

4. Piala AFF 2018

Dua tahun berselang, Timnas Indonesia kembali berada dalam satu grup bersama Thailand dan Filipina, yakni di Piala AFF 2018.

Di babak grup Piala AFF 2018, Timnas Indonesia, Thailand dan Filipina tergabung di grup B, bersama dengan Singapura dan Timor Leste.

Baca Juga

Berbeda dengan edisi-edisi sebelumnya, Timnas Indonesia kini tak bisa menemani Thailand lolos ke semifinal. Tempat skuad Garuda pun digantikan oleh Filipina yang berhasil ke semifinal.

Timnas Indonesia gagal melangkah ke semifinal Piala AFF 2018 usai hanya menempati peringkat ke-4 klasemen grup B dengan raihan 4 poin saja.

Raihan poin itu masih kalah dari Thailand yang mampu mengoleksi 10 poin dan Filipina yang mampu mengantongi 8 poin.

FilipinaTimnas IndonesiaPiala AFFBola InternasionalTimnas ThailandOne FootballPiala AFF 2022

Berita Terkini