x

Shin Tae-yong Sudah Ajukan Pemain Keturunan untuk Piala Dunia U-20, Siapa Saja?

Rabu, 31 Agustus 2022 17:45 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Herry Ibrahim
Latihan Timnas Indonesia U-19 sebagai persiapan Kualifikasi Piala Asia U-20 2022 di Lapangan ABC Senayan, Jakarta, Selasa (30/08/22). Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT

INDOSPORT.COM - Pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong mengatakan telah mengajukan sejumlah pemain keturunan untuk proyeksi Piala Dunia U-20 2023. Hanya saja, ia masih merahasiakan nama-nama yang dimaksud. 

Indonesia akan tampil sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 tahun depan, sehingga Shin Tae-yong butuh pemain dengan skill, fisik dan pengalaman apik. Sebab, lawan yang dihadapi nanti tidak mudah. 

Baca Juga

Sebelumnya ada tiga pemain keturunan yang sempat dipanggil ikut latihan jelang Piala AFF U-19 2022 lalu. Mereka adalah Jim Croque, Kai Boham, dan Max Christoffel.

Akan tetapi, kabarnya Shin Tae-yong belum puas dengan kemampuan ketiga nama itu. Sehingga dia memutuskan mengajukan nama baru ke PSSI. 

"Untuk U-20, saya sudah ajukan ke Ketum PSSI hari ini (kemarin-red). Pak Ketum bicara, bahwa akan bantu agar prosesnya semakin cepat," ujar Shin Tae-yong

Baca Juga

Salah satu nama pemain keturunan yang disinyalir jadi incaran Shin Tae-yong untuk Timnas U-19 adalah Ivar Jenner. Pemain kelahiran Belanda itu sudah bertemu perwakilan PSSI beberapa waktu lalu.

Ivar yang kini masuk tim senior FC Utrecht telah menyatakan minat untuk bermain bagi skuad Garuda. Dia sebenarnya mau ikut TC Timnas U-19 sebelumnya, tapi berhalangan karena ikut pramusim di klub. 

Baca Juga

Ivar Jenner lahir di Belanda pada 10 Januari 2004. Dia memiliki darah keturunan Jember, Jawa Timur, dari sang nenek yang berasal dari garis keturunan ayah.

Pada 2019, Ivar Jenner dipanggil pelatih Martijn Reuser untuk memperkuat Belanda U-15. Dia bermain di pertandingan uji coba melawan Belgia.


1. Naturalisasi

Pelatih Shin Tae-yong di latihan Timnas Indonesia U-19 sebagai persiapan Kualifikasi Piala Asia U-20 2022 di Lapangan ABC Senayan, Jakarta, Selasa (30/08/22). Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT

Lebih lanjut, Shin Tae-yong berterima kasih ke PSSI karena telah memperjuangkan naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh. Keduanya selangkah lagi jadi WNI. 

"Saya mau berterima kasih kepada ketua umum PSSI dan pemerintah Indonesia, serta siapa pun yang terikat dengan naturalisasi pemain senior kemarin. Sangat lancar sampai saat ini," ujar Shin Tae-yong.

Baca Juga

Proses naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh telah disetujui Komisi III DPR RI. Keduanya tinggal menunggu rapat dengar pendapat berikutnya yakni dengan Komisi X DPR RI pada 1 September 2022 nanti. 

Jika sudah selesai, berkas Jordi Amat dan Sandy Walsh akan dikembalikan ke Setneg dan Presiden RI Joko Widodo menerbitkan Kepres (Keputusan Presiden). Terakhir, pemain akan diambil sumpah sebagai WNI.

Selain Jordi dan Sandy, masih ada satu nama yang diajukan PSSI untuk dinaturalisasi yakni Shayne Pattynama. Berkasnya saat ini masih diproses oleh Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg). 

Baca Juga

2. Uji Coba

Latihan Timnas Indonesia U-19 sebagai persiapan Kualifikasi Piala Asia U-20 2022 di Lapangan ABC Senayan, Jakarta, Selasa (30/08/22). Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT

imnas Indonesia U-19 dijadwalkan jalani tiga laga uji coba sebelum turun di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 pada 14-18 September mendatang. Ada dua klub Liga 1 dan satu lainnya dari Liga 2 yang jadi lawan.

Ketua umum PSSI, Mochamad Iriawan mengatakan Persis Solo, Persija Jakarta dan Kalteng Putra bersedia jadi lawan tanding. Laga tersebut akan digelar pada 2, 4 dan 7 September mendatang. 

"Untuk uji coba, rencananya lawan Persis dan Persija. Tanggal 2 dan 4 serta tanggal 7 lawan Kalteng Putra," tuturnya. 

Akan tetapi, belum diketahui apakah lawan Timnas U-19 adalah tim utama Persija atau Persis Solo, lantaran kedua klub itu punya jadwal pertandingan Liga 1 pada 3 September. 

Sedangkan Kalteng Putra bisa turunkan tim utama karena baru akan bertanding 18 September.

Piala Dunia U-20Liga IndonesiaTimnas Indonesia U-19Shin Tae-yongKualifikasi Piala Asia U-20 2023

Berita Terkini