x

Arthur Melo Pernah Puji Setinggi Langit Liverpool Saat Masih di Barcelona

Jumat, 2 September 2022 16:10 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Arthur Melo ketika masih bermain untuk Barcelona pada tahun 2019.

INDOSPORT.COM - Arthur Melo ternyata pernah memuji setinggi langit klubnya saat ini Liverpol. Sanjungan itu dia lontarkan saat masih membela Barcelona.

Pemain asal Brasil tersebut mengucapkan pujian ke klub Liga Inggris itu ketika menjelang pertandingan leg pertama babak semifinal Liga Champions 2018/19.

Baca Juga

Baik Liverpool dan Barcelona saat itu adalah klub favorit yang bisa menjuarai Liga Champions. Dan kedua klub tersebut harus saling hantam di babak semifinal.

Liverpool menjadi favorit karena runner-up Liga Champions musim sebelumnya. Sedangkan Barcelona masih dihuni pemain bintang seperti Lionel Messi, Luis Suarez, hingga mantan pemain The Reds, Philippe Coutinho.

Dan sebelum pertandingan leg pertama, Arthur pun memberikan pujian kepada calon lawannya. "Bagi saya Liverpool adalah salah satu tim terbaik di dunia," ucapnya dikutip dari Mirror.

Baca Juga

"Mereka (Liverpool) punya banyak pemain berkualitas, khususnya di lini depan. Dan saya mengharapkan dua bertandingan yang hebat," kata Arthur menambahkan.

Pada pertandingan leg pertama, Barcelona melumat Liverpool di Anfield dengan skor 3-0. Messi mencetak dua gol dan satu gol lainnya dibukukan oleh Suarez.

Dan lima hari kemudian pada leg kedua, ucapan Arthur terbukti benar. Liverpool bangkit dengan membantai Barcelona di Anfield.

Baca Juga

Liverpool mengalahkan Barcelona pada leg kedua dengan skor 4-0. Gol kemenangan The Reds diciptakan oleh Divock Origi dan Georginio Wijnaldum, masing-masing empat gol.

Ajaibnya, pujian Arthur untuk Liverpool semakin terbukti karena klub asal Merseyside itu keluar sebagai juara Liga Champions. Di partai final The Reds mengalahkan Tottenham Hotspur dengan skor 2-0.


1. Liverpool Pinjam Arthur dari Juventus

Arthur Melo saat diperkenalkan klub Liga Italia Juventus.

Arthur Melo didatangkan Liverpool dari Juventus dengan status pinjaman pada musim panas 2022.

Liverpool harus mengeluarkan uang sekitar 4,5 juta euro untuk biaya pinjaman. Dan juga ada biaya klausul jika mereka ingin memboyongnya secara permanen dengan harga 37,5 juta euro.

Baca Juga

Arthur Melo diboyong ke Anfield pada hari-hari terakhir sebelum bursa transfer musim panas ini ditutup.

Hadirnya Arthur ini bisa menanggulangi keroposnya lini tengah Liverpool yang tersapu badai cedera. Apalagi mereka juga akan bermain di Liga Champions

Sebelumnya The Reds kehilangan Thiago Alcantara, Jordan Henderson, Naby Keita, dan Alex Oxlade-Chamberlain yang bermain di posisi gelandang.

Baca Juga

Kalau melihat rekam jejak kariernya, Arthur mungkin bukanlah kategori pemain bintang. Meski berpengalaman membela tim-tim besar, Barcelona dan Juventus, ia kerap kesulitan menunjukkan kemampuan terbaiknya.

Kala membela Barcelona sedari 2018 sampai 2020, Arthur lebih sering menjadi penghangat bangku cadangan saja. Dua tahun di Camp Nou, ia cuma bisa mencatatkan 72 penampilan.

Nasibnya mungkin sedikit lebih baik ketika pindah ke Juventus. Namun Arthur tetap tidak bisa menjadi pilihan utama bagi skuat La Vecchia Signora.

Baca Juga

Lantas, apa sekiranya kualitas Arthur yang dapat dimaksimalkan Liverpool? Apakah kedatangannya cuma merupakan wujud 'panic buying' yang dilakukan tim asuhan Jurgen Klopp?

Melansir Metro, Arthur sebenarnya memiliki teknik olah bola yang cukup bagus. Kelebihannya ini juga ditunjang oleh etos kerja tinggi dalam menjelajah lapangan.


2. Kedatangan Arthur Melo, Liverpool Punya Formasi Mengerikan

Arthur Melo saat diperkenalkan klub Liga Italia Juventus.

Informasi dari jurnalis top Eropa, Fabrizio Romano, sudah memastikan jika Liverpool telah mendatangkan gelandang Arthur Melo pada bursa transfer musim panas 2022.

Liverpool memboyong Arthur dari Juventus dengan status pinjaman selama 1 musim penuh. Namun, The Reds tidak memasukan klausul pembelian permanen pada kontrak pemain asal Brasil itu.

Perekrutan Arthur ke Anfield dianggap oleh para pengamat sepak bola sebagai transfer panik Liverpool.

Pada hari terakhir penutupan bursa transfer musim panas 2022, Liverpool harus kehilangan sang kapten Jordan Henderson karena cedera hamstring.

Cedera hamstring yang diderita oleh Henderson dialami ketika Liverpool mengalahkan Newcastle United 2-1, di Anfield, Rabu dini hari (01/09/22).

BACA SELENGKAPNYA

LiverpoolLiga InggrisArthur Melo

Berita Terkini