x

Liverpool Harus Rogoh Kocek 42 Juta Euro untuk Daratkan Arthur Melo, Kok Bisa?

Jumat, 2 September 2022 15:15 WIB
Penulis: Stefan Ariel Kristanto | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Arthur Melo saat diperkenalkan klub Liga Italia Juventus.

INDOSPORT.COM Klub Liga Inggris (Premier League), Liverpool, harus merogoh kocek 42 juta euro untuk mendatangkan gelandang Juventus, Arthur Melo.

Liverpool perlahan mulai meroket ke posisi kelima besar Liga Inggris, setelah sebelumnya sempat terseok-seok di papan bawah pada tiga laga pertama.

Baca Juga

Pada laga ketiga, The Reds harus takhluk oleh Manchester United setelah sebelumnya sempat menggebuk Setan Merah dua kali di musim lalu.

Kekalahan tersebut sejatinya tidak lepas dari skuad Jurgen Klopp yang tengah compang-camping. Sang pelatih kehilangan beberapa pemain andalannya, termasuk Darwin Nunez yang saat itu menjalani hukuman kartu merah.

Usut punya usut, faktor penting penyebab hasil buruk itu karena minimnya opsi pemain di lini tengah semenjak cederanya Thiago Alcantara.

Baca Juga

Sementara itu, Naby Keita dikabarkan kembali mengalami cedera sehingga ia tidak mungkin dipasang oleh Jurgen Klopp dalam Starting XI-nya.

Selain itu, ia juga mengungkapkan bahwa dirinya tidak betah berada di Liverpool sebab ia kekurangan menit bermain secara reguler.

Akan tetapi, keinginan itu tak dapat diwujudkan seiring cedera yang tengah menghantuinya sehingga Jurgen Klopp juga turut dipusingkan atas hal tersebut.

Baca Juga

Namun, untungnya, Jurgen Klopp mempunyai solusi sementara atas betapa melompongnya lini tengah Liverpool karena badai cedera yang mengampiri klub yang bermarkas di Anfield tersebut.

Liverpool sukses mendapatkan Arthur Melo dari Juventus. Namun, Liverpool harus merogoh kocek 42 juta euro atau sekitar 624 miliar rupiah untuk seorang pemain pinjaman. Kok bisa?


1. Alasan Liverpool Rogoh Kocek 42 Juta Euro untuk Melo

Arthur Melo, pemain Barcelona yang akan hijrah ke Juventus

Seperti yang diketahui, Liverpool harus membayar biaya ke Juventus setelah mendatangkan Arthur Melo sebagai pemain pinjaman selama semusim.

Arthur Melo diboyong ke Anfield pada hari-hari terakhir sebelum bursa transfer musim panas ini ditutup.

Baca Juga

Hadirnya Melo ini bisa menanggulangi keroposnya lini tengah Liverpool yang tersapu badai cedera. Ya, The Reds kehilangan Thiago Alcantara, Jordan Henderson, Naby Keita, dan Alex Oxlade-Chamberlain yang bermain di posisi gelandang.

Namun, Liverpool harus membayar setidaknya 42 juta euro atau sekitar 624 miliar rupiah untuk mendatangkan Melo.

Dilansir dari Liverpool World, Liverpool telah sepakat membayar 4,5 juta euro atau sekitar 66,9 miliar rupiah kepada Si Nyonya Tua.

Baca Juga

Harga tersebut adalah biaya yang dikeluarkan The Reds untuk memboyong Melo sebagai pemain pinjaman. Jika nantinya Klopp puas dengan performa sang pemain, ia bisa menggunakan opsi beli untuk mengeklaim sang pemain secara permanen.

Berdasarkan dokumen di website Juventus, Liverpool harus membayar sekitar 37,5 juta poundsterling atau sekitar 558,2 miliar rupiah, yang bisa dicicil dua tahun, untuk mempermanenkan Arthur Melo.

Dengan demikian, Liverpool bakal merogoh kocek 42 juta euro dari mendatangkan Arthur apabila Klopp ingin membelinya secara permanen.

Baca Juga

Kesepakatan tersebut tidak tertulis wajib beli sehingga jika Klopp ogah mempermanenkan Melo nantinya, The Reds hanya membuang uang 4,5 juta euro saja.


2. Ini Cara Liverpool Manfaatkan Arthur Melo

Arthur Melo saat diperkenalkan klub Liga Italia Juventus.

Arthur Melo telah resmi menjadi amunisi anyar klub Liga Inggris (Premier League), Liverpool. Ia diboyong dari Juventus di hari-hari terakhir bursa transfer musim panas 2022.

Kedatangan pemain asal Brazil tersebut ke Anfield bukan berbentuk perekrutan permanen. The Reds hanya mengontraknya dengan status pinjaman.

Peran Arthur nantinya diharapkan dapat mengatasi masalah krisis lini tengah yang sedang dialami Liverpool. Beberapa gelandang andalan The Reds belakangan memang harus absen akibat dibekap cedera, seperti Thiago Alcantara, Naby Keita, Alex Oxlade-Chamberlain, hingga Jordan Henderson.

Kalau melihat rekam jejak kariernya, Arthur mungkin bukanlah kategori pemain bintang. Meski berpengalaman membela tim-tim besar, Barcelona dan Juventus, ia kerap kesulitan menunjukkan kemampuan terbaiknya.

Kala membela Barcelona sedari 2018 sampai 2020, Arthur lebih sering menjadi penghangat bangku cadangan saja. Dua tahun di Camp Nou, ia cuma bisa mencatatkan 72 penampilan.

Baca selengkapnya: Membedah Kualitas Arthur Melo yang Dapat Dimaksimalkan Liverpool

Bursa TransferLiverpoolJuventusJurgen KloppLiga Primer InggrisLiga InggrisArthur Melo

Berita Terkini