x

AFC Sidak Stadion GBK dan Manahan untuk Tuan Rumah Piala Asia 2023, Penuhi Syarat?

Sabtu, 3 September 2022 17:52 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Indra Citra Sena
Logo Piala Asia 2023.

INDOSPORT.COM - Perwakilan konfederasi sepak bola Asia (AFC) sudah melakukan inspeksi ke Indonesia terkait urusan bidding tuan rumah Piala Asia 2023.

Sebanyak tujuh orang perwakilan AFC sudah tiba di Jakarta sejak Kamis (1/9/22). Mereka pun langsung menginspeksi Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta pada Jumat (2/9/22).

Baca Juga

Tak hanya SUGBK, perwakilan AFC juga menginspeksi Stadion Manahan, Solo. Mereka ingin melihat sejauh mana kesiapan venue yang akan menggelar pertandingan maupun lapangan tempat latihan nantinya.

“PSSI menyambut baik kedatangan perwakilan AFC yang datang untuk mengecek stadion yang menjadi calon tempat bertanding Piala Asia 2023,” kata Sekretaris Jenderal PSSI, Yunus Nusi, Sabtu (3/9/22).

Yunus Nusi menambahkan, memang AFC bergerak cepat begitu menerima surat bidding dari PSSI untuk pengajuan tuan rumah Piala Asia 2023.

Baca Juga

"Setelah dokumen bidding diterima memang AFC langsung merencanakan kedatangan mereka pada 1-4 September 2022 ini," tambah Yunus Nusi.

Tak hanya itu, perwakilan AFC yang datang turut ditemani oleh pejabat PSSI. AFC memastikan semua fasilitas terpenuhi, seperti venue utama, lapangan latihan, hingga hotel untuk tim.

Baca Juga

“Agenda kedatangan AFC memang cukup singkat. Tim inspeksi mereka terbagi dalam beberapa tim, di mana setiap tim hanya melakukan inspeksi selama 1-4 hari saja," terang Yunus Nusi.

"Yang mereka pastikan ialah dokumen bidding dan venue sesuai dengan keadaan aslinya. Semua fasilitas memenuhi standar untuk level Piala Asia,” tutupnya.


1. Korea Selatan

Sekjen PSSI, Yunus Nusi.

Setelah kunjungan ke Indonesia, tim inspeksi AFC rencananya akan bertolak ke Australia. Namun, belakangan Negeri Kangguru memilih mundur dari pencalonan.

Baca Juga

Artinya, tim AFC akan langsung menuju Korea Selatan untuk mengecek kesiapan venue di sana, sedangkan perwakilan AFC akan menuju ke Qatar pada 8-10 September yang notabene tuan rumah Piala Dunia 2022.

Baca Juga

Sekadar mengingatkan, timnas Indonesia dipastikan lolos ke Piala Asia 2023 setelah berjuang melalui babak play-off. Mereka berstatus salah satu dari lima runner-up terbaik.


2. PSSI Kolaborasi dengan KNVB

Sekjen KNVB, Gijs de Jong, dalam kegiatan Festival Oranje Indonesia.

PSSI berbicara mengenai kolaborasi dengan Federasi sepak bola Belanda (KNVB), dalam kolaborasi ini, PSSI bicara untuk bisa tampil di Piala Dunia 2034, Kamis (01/09/22).

Kolaborasi antara PSSI dan KNVB memang terjadi saat Sekjen KNVB, Gijs de Jong menyambangi Indonesia.

Dalam kunjungan ke Indonesia, KNVB berencana menggelar Oranje Indonesia Festival di Jakarta untuk pertama kalinya dalam sejarah pada 25 September 2022.

Baca Juga

Festival ini bakal digelar bertepatan dengan pertandingan kedua timnas Belanda melawan Ekuador di Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Qatar.

Dalam kegiatan ini, PSSI turut diundang dalam agenda KNVB ini karena kedua federasi menjalin kolaborasi.

Baca Selengkapnya

PSSIAFCTimnas IndonesiaPiala Asia 2023Liga IndonesiaBola IndonesiaBerita Timnas IndonesiaYunus NusiOne Football

Berita Terkini