x

Menpora Sebut Naturalisasi Jordi Amat dan Sandy Walsh Investasi Jangka Pendek

Sabtu, 3 September 2022 10:03 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Isman Fadil
Sandy Walsh dan Jordi Amat. Foto: PSSI

INDOSPORT.COM - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora) Zainudin Amali menegaskan naturalisasi Jordy Amat dan Sandy Walsh adalah program jangka pendek karena ada kebutuhan pemain di Timnas Indonesia dalam waktu dekat.

Hal ini disampaikan Menpora Amali saat melakukan Rapat Kerja (Raker) dengan Komisi X DPR di Ruang Rapat Komisi X DPR, Gedung Nusantara II, Senayan Jakarta Pusat, Kamis (01/09/22).

Baca Juga

Menurut Menpora, secara teknis dan kualitas permainan, Jordi Amat dan Sandy Walsh sangat dibutuhkan oleh timnas dan direkomendasikan langsung oleh pelatih Shin Tae yong.

Tenaga kedua pemain itu dibutuhkan dalam waktu dekat, untuk Piala Asia 2023. Apalagi, Indonesia punya peluang untuk jadi tuan rumah.

Baca Juga

“Naturalisasi ini program jangka pendek kita. Kita tidak mengharapkan itu menjadi satu hal yang jangka panjang dan terus-terus kita lakukan. Tapi karena ada kebutuhan dalam jangka pendek terutama pada tim senior,” kata Menpora.

“Karena seperti U-16 tidak ada yang ingin naturalisasi,” imbuhnya.

Baca Juga

Menpora menilai, naturalisasi Jordi dan Sandy dapat memberikan dampak yang luar biasa terhadap pemain muda. Pasalnya, dua nama itu punya pengalaman bermain di kompetisi kasta teratas Eropa dan selalu jadi pilihan utama.


1. Berbagi Ilmu dengan Pemain Lokal

Jordi Amat tiba di Jakarta.

Diharapkan, Jordi dan Sandy berbagi ilmunya untuk pemain lokal, supaya kualitas permainan timnas dan individu pemain makin meningkat.

Menpora mencontohkan program naturalisasi di basket yang membawa Indonesia juara SEA Games 2021. 

Baca Juga

Meski demikian, Menpora memastikan akan lebih fokus melakukan pembinaan pemain dari usia dini. Hal ini sejalan dengan adanya Inpres No 3 Tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan Sepakbola Nasional. 

Baca Juga

Bahkan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memutuskan akan membangun Trainning Camp (TC) yang berlokasi di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur.

Baca Juga

“Kita akan mempunyai trainning center atau trainning ground untuk sepak bola kita di Ibukota Nusantara dan itu sudah tersedia lahannya dan bahkan disamping stadion yang utamanya didukung oleh 5 atau 7 lapangan (latihan),” jelas Menpora.


2. Shayne Pattynama Menyusul

Calon pemain naturalisasi, Shayne Pattynama. Foto: PSSI

Rencananya, kompeks olahraga tersebut akan dilengkapi dengan kantor federasi atau PSSI, hotel dan fasilitas latihan lainnya yang menunjang Timnas Indonesia.

Selain Jordi Amat dan Sandy Walsh, masih ada satu pemain lagi yang dalam proses naturalisasi yakni Shayne Pattynama. Tapi dokumen Shayne masih dalam proses di Kemenkum HAM dan Sekretariat Negara.

Timnas IndonesiaLiga IndonesiaSandy WalshZainuddin AmaliJordi Amat

Berita Terkini