x

Awas Indonesia! 3 Bintang Asing Timnas Hong Kong Ini Bisa Sulitkan Kemenangan di Piala Asia U-20

Senin, 5 September 2022 18:05 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Tiga pemain dari kompetisi liga asing yang ada di skuat Hong Kong dan diprediksi bakal mempersulit Timnas Indonesia di babak Kualifikasi Piala Asia U-20.

INDOSPORT.COM – Melihat tiga pemain dari kompetisi liga asing yang ada di skuat Hong Kong dan diprediksi bakal mempersulit Timnas Indonesia di babak Kualifikasi Piala Asia U-20.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia U-19 usai melakoni gelaran Piala AFF U-19 bulan Juli lalu, akan langsung menjalani laga sengit di ajang Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 pada September nanti.

Baca Juga

Di babak kualifikasi Piala Asia U-20 2023, Timnas Indonesia U-19 tergabung dalam Grup F bersama dengan Vietnam, Hong Kong serta Timor-Leste.

Jelang tampil di laga perdana kualifikasi Piala Asia U-20 nanti, Timnas Indonesia U-19 langsung mempersiapkan diri termasuk melakukan sejumlah agenda uji coba.

Melalui ketua umum PSSI, Mochamad Iriawan, mengatakan bahwa ada tiga tim yakni Persis Solo, Persija Jakarta dan Kalteng Putra yang bersedia jadi lawan tanding Timnas Indonesia U-19.

Baca Juga

Lebih lanjut dijelaskan, bahwa laga tersebut tersebut akan digelar pada tanggal 2, 4 dan 7 September mendatang.

"Untuk uji coba, rencananya lawan Persis dan Persija. Tanggal 2 dan 4 serta tanggal 7 lawan Kalteng Putra," tuturnya.

Akan tetapi, belum diketahui apakah lawan Timnas U-19 adalah tim utama Persija atau Persis Solo, lantaran kedua klub itu juga punya jadwal pertandingan di Liga 1 pada 3 September.

Baca Juga

Jika melihat dari para calon lawan Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia U-20 nanti, peluang skuat Garuda lolos ke babak selanjutnya terbilang cukup besar.

Meski begitu, Timnas Indonesia tetap tak boleh anggap enteng peserta Grup F terutama tim Hong Kong yang diperkuat sejumlah pemain dari kompetisi asing.

Lantas siapa sajakah mereka? Berikut INDOSPORT coba merangkum serta mengulas:


1. Tong Qiao Zhe

Latihan Timnas Indonesia U-19 sebagai persiapan Kualifikasi Piala Asia U-20 2022 di Lapangan ABC Senayan, Jakarta, Selasa (30/08/22). Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT

Nama pertama adalah Tong Qiao Zhe. Pemain berusia 18 tahun ini merupakan pilar penting Timnas Hong Kong dalam beberapa kelompok kategori.

Sejak tahun 2019 lalu, Tong Qiao Zhe sudah aktif memperkuat Timnas Hong Kong dari level U-18 hingga U-19, dan puncaknya pada September nanti akan membantu Timnas U-20 di babak kualifikasi Piala Asia.

Baca Juga

Memulai karier di klub lokal Hong Kong, Kitchee Youth, bakat Tong Qiao Zhe berhasil dilirik sejumlah tim Eropa termasuk Liga Inggris.

Terbukti pada tahun 2018 silam, Tong Qiao Zhe bergabung dengan tim akademi Norwich City dan bertahan hingga Juli 2019.

Di musim ini, Tong Qiao Zhe masih melanjutkan karier sepakbolanya di Eropa dengan memperkuat tim akademi Wroxham FC, yakni salah satu peserta Eastern Counties League atau kasta kesembilan Liga Inggris.

Baca Juga

Tsang Lok To
Berikutnya adalah Tsang Lok To. Pemain bertahan potensial Timnas Hong Kong yang juga sudah jadi andalan di kelompok umur.

Sebelum memperkuat timnas U-20, bek berusia 17 tahun tersebut merupakan langganan di Timnas Hong Kong U-16.

Sama seperti Tong Qiao Zhe, karier sepak bola Tsang Lok To juga dimulai dengan memperkuat im lokal Hong Kong yakni CFCSSHK Youth, sebelum akhirnya hengkang ke tim Amerika Serikat, Black Rock FC.

Baca Juga

Sebagai informasi, Black Rock FC merupakan salah satu tim asal Amerika Serikat yang saat ini sedang berkompetisi di ajang USL League Two atau kasta ketiga Liga USA.

Walau masih memperkuat tim akademi, namun potensi Tsang Lok To yang bisa bermain sebagai winger ini patut diwaspadai oleh lini pertahanan Timnas Indonesia di kualifikasi Piala Asia U-20 nanti.


2. Chan Kwan Ching

Usai memberikan wejangan Ketum PSSI, Mochamad Iriawan berfoto bersama pemain Timnas Indonesia U-19. Foto: Triyoga Sandi Pamungkas/INDOSPORT

Terakhir adalah Chan Kwan Ching. Gelandang kreatif Timnas Hong Kong U-19 yang juga bisa jadi ancaman skuat Garuda berkat pengalamannya tampil di kompetisi luar negeri.

Melansir dari laman Transfermakt, diketahui bahwa Chan Kwan Ching tengah memperkuat tim akademi Montverde asal Amerika Serikat.

Baca Juga

Sama seperti Black Rock FC, tim utama dari Montverde merupakan peserta di ajang USL League Two atau kasta ketiga Liga USA.

Sehingga pengalaman bertanding Chan Kwan Ching bisa sangat menyulitkan pertahanan Timnas Indonesia andai penggawa Garuda tidak berikan pengawalan ketat.

Sebagai informasi, duel Timnas Indonesia kontra Hong Kong akan terjadi pada matchday kedua kualifikasi Piala Asia U-20 pada 16 September 2022 mendatang.

Berkaca dari pemain yang bakal dibawa, mampukah Timnas Indonesia mengalahkan Hong Kong dan pastikan diri lolos ke putaran final Piala Asia U-20? Menarik dinantikan.

Hong KongTimnas IndonesiaTimnas Indonesia U-19One FootballKualifikasi Piala Asia U-20 2023

Berita Terkini