x

3 Pelatih Juara Liga Champions yang Cocok Gantikan Thomas Tuchel di Chelsea

Rabu, 7 September 2022 19:49 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Melihat tiga pelatih peraih gelar juara Liga Champions yang bisa jadi opsi untuk gantikan posisi Thomas Tuchel di skuat Chelsea musim ini.

INDOSPORT.COM – Melihat tiga pelatih peraih gelar juara Liga Champions yang menganggur dan bisa jadi opsi untuk gantikan posisi Thomas Tuchel di skuat Chelsea musim ini.

Beberapa waktu lalu, klub Liga Inggris Chelsea telah membuat kejutan dengan menyatakan perpisahan kepada sang pelatih, Thomas Tuchel.

Baca Juga

Sepanjang musim 22/23, permainan Chelsea memang tidak menunjukkan penampilan terbaiknya, bahkan The Blues sempat menelan kekalahan dua kali di awal kompetisi.

Puncaknya adalah pada pertandingan dini hari tadi, dimana Thomas Tuchel tidak mampu membawa Chelsea memenangkan pertandingan perdana atas Dinamo Zagreb di Liga Champions 2022/23.

Dalam pertandingan yang tersaji di Stadion Maksimir pada Selasa (06/07/22) pukul 23.45 WIB tersebut, Chelsea tumbang dari tuan rumah dengan skor tipis 1-0.

Baca Juga

Tidak puas dengan hasil yang diraih oleh tim yang bermarkas di Stamford Bridge tersebut, pihak Chelsea resmi mengumumkan berpisah dengan Thomas Tuchel.

Pernyataan itu diungkapkan oleh manajemen The Blues melalui akun media sosial Twitter pribadi milik Chelsea. Hal tersebut juga merespon hasil yang ditunjukkan di laga tepat yang keseratus bagi Tuchel

“Klub Sepak Bola Chelsea hari ini telah berpisah dengan Pelatih Kepala Thomas Tuchel,” bunyi pernyataan resmi dari pihak klub.

Baca Juga

"Atas nama semua orang di Chelsea FC, Klub ingin menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Thomas dan stafnya atas semua upaya mereka selama mereka bersama Klub,” tambah keterangan tersebut.

Usai ditinggal Thomas Tuchel, setidaknya ada tiga pelatih top yang pernah rasakan gelar juara Liga Champions dan masih bebas transfer yang mungkin bisa jadi opsi buat Chelsea.

Lantas siapa sajakah mereka? Berikut INDOSPORT coba merangkum serta mengulas:


1. Zinédine Zidane

Massimiliano Allegri (pelatih Juvebtus) dan Zinedine Zidane (pelatih Real Madrid).

Nama pertama adalah Zinédine Zidane. Pelatih asal Prancis ini bisa menjadi kandidat terkuat untuk gantikan posisi Thomas Tuchel sebagai nakhoda baru Chelsea.

Sampai saat ini, Zinédine Zidane masih belum memiliki klub baru usai tak memperpanjang kontrak bersama raksasa Liga Spanyol, Real Madrid.

Baca Juga

Sepanjang kiprahnya di dunia kepelatihan, Zinédine Zidane sukses membantu Real Madrid jadi klub yang paling berjaya di Eropa dengan tiga kali menjuarai Liga Champions pada musim 2015/16, 2016/17 serta 2017/18.

Andai resmi melatih Chelsea, nantinya Zinedine Zidane akan bereuni dengan mantan penggawa Real Madrid, Mateo Kovacic. Duet keduanya diprediksi bakal bisa mengembalikan masa jaya The Blues di Liga Inggris.

Selain itu, materi pemain Chelsea saat ini pun sangat mendukung taktik Zinedine Zidane yang mengandalkan kecepatan para sayap serta kemampuan para gelandang dalam memutus serangan.

Baca Juga

Frank Rijkaard
Berikutnya ada Frank Rijkaard. Pelatih asal Belanda ini juga bisa menjadi opsi buat Chelsea jika manajemen mencari juru strategi yang kenyang pengalaman di Eropa.

Sebelum menganggur, Frank Rijkaard sempat menukangi sejumlah tim besar Eropa mulai dari Sparta Rotterdam, Barcelona hingga Timnas Belanda.

Prestasinya pun terbilang mentereng, yakni mampu membawa Barcelona menjuarai masing-masing dua gelar La Liga serta Supercopa de España, dan satu trofi Liga Champions pada musim 2005/06.

Baca Juga

Selain itu, Frank Rijkaard juga mampu menyabet gelar Don Balón Coach of the Year selama dua musim beruntun pada tahun 2004/05 dan 2005/06.

Meski sempat menyatakan pensiun dari dunia kepelatihan, namun dengan usia yang masih sangat muda yakni 59 tahun ditambah dengan rayuan gaji tinggi dari Chelsea, tampaknya peluang Frank Rijkaard comeback ke lapangan hijau bakal bisa terwujud.


2. Rafael Benítez

Everton resmi memecat Rafael Benitez dari jabatan sebagai pelatih. (Reuters/Peter Powell)

Terakhir ada Rafael Benítez. Pelatih asal Spanyol tersebut belum lagi mendapat klub baru usai terakhir kali membesut tim Liga Inggris, Everton.

Selama jadi pelatih, Rafael Benítez sempat menukangi sejumlah tim besar Eropa seperti Liverpool, Inter Milan, Chelsea, Napoli hingga Real Madrid.

Baca Juga

Beberapa gelar juara di kancah domestik juga pernah dimenangkan Rafael Benítez. Namun salah satu pencapaian terbaiknya tentu membawa Liverpool menjuarai Liga Champions musim 2004/05 silam.

Berbekal pengalaman juara di Liga Champions, ditambah fakta bahwa Rafael Benítez pernah melatih Chelsea selama setahun lebih dan memberikan trofi UEFA Europa League, tampaknya peluang The Blues untuk bereuni dengan Benitez sangat terbuka lebar.

Lantas dari tiga pelatih mantan juara Liga Champions diatas, adakah yang bakal terpilih sebagai jurulatih baru Chelsea di Liga Inggris musim ini? Menarik dinantikan.

ChelseaLiga ChampionsThomas TuchelLiga InggrisOne Football

Berita Terkini