x

Timnas Indonesia U-19 Bertolak ke Surabaya, Shin Tae-yong Dikabarkan Coret 8 Pemain

Rabu, 7 September 2022 15:35 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Herry Ibrahim
Pelatih Shin Tae-yong dikabarkan mencoret delapan pemain Timnas Indonesia U-19 jelang bertarung di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT

INDOSPORT.COM - Pelatih Shin Tae-yong dikabarkan mencoret delapan pemain Timnas Indonesia U-19 jelang bertarung di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023, 14-18 September nanti.

Pencoretan tersebut dilakukan sebelum Timnas Indonesia U-19 bertolak ke Surabaya untuk melanjutan rangkaian pemusatan latihan, Rabu (07/09/22).

Baca Juga

Timnas Indonesia U-19 memang akan melanjutan TC di Surabaya, usai menyelesaikan program seleksi di Jakarta sejak 24 Agustus lalu.

Dalam awal pemusatan latihan menuju Kualifikasi Piala Asia U-20 2023, pelatih Timnas Indonesia U-19 Shin Tae-yong telah memanggil sebanyak 36 pemain.

Namun kini dikabarkan Shin Tae-yong mencoret delapan pemain sehingga tersisa 28 pemain yang bertolak ke Surabaya.

Baca Juga

Kabar tersebut disampaikan asisten pelatih Timnas U-19, Nova Arianto. Meski demikian, dia tak merinci delapan pemain yang telah dipulangkan itu.

"Untuk keberangkatan ke Surabaya hari Rabu, 28 pemain yang berangkat," ucap Nova saat dihubungi awak media.

Baca Juga

Selama melakukan pemusatan latihan di Jakarta, diketahui Timnas Indonesia U-19 sudah melakoni dua laga uji coba.

Dimana Timnas U-19 telah menghadapi Persis Solo U-20 dengan hasil imbang tanpa gol. Dilanjutkan uji coba menghadapi Persija Jakarta U-18, dengan menelan kekalahan 1-2.


1. Evaluasi Tim Pelatih

Latihan Timnas Indonesia U-19 sebagai persiapan Kualifikasi Piala Asia U-20 2022 di Lapangan ABC Senayan, Jakarta, Selasa (30/08/22). Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT

Selama TC Timnas Indonesia U-19 di Jakarta, tim pelatih telah melakukan beberapa evaluasi terkait kualitas para pemain.

Asisten pelatih Timnas U-19, Nova Arianto, mengatakan ada beberapa pemain yang mulai terkena star syndrome. 

Baca Juga

Nova memaparkan, ada pemain yang mulai sombong dan mengalami penurunan performa. Situasi itu jelas tidak disukai dan mengecewakan buat tim pelatih. 

"Pemusatan latihan di Jakarta dalam rangkaian persiapan kualifikasi Piala Asia akhirnya selesai dan selanjutnya tim akan memfokuskan persiapan di Surabaya," buka Nova yang telah memberikan izin ke INDOSPORT untuk mengutip pernyataannya di Instagram.

"Coaching staff fokus menyoroti beberapa pemain yang mulai tinggi hati dan mengalami penurunan performa setelah AFF U-19 kemarin," katanya. 

Nova Arianto tidak menyebutkan siapa saja nama pemain yang terkena star syndrome. Tetapi, dia memberikan peringatan keras ke anak asuhnya supaya fokus saat dipanggil ke tim nasional. 

Baca Juga

"Pemain harus lebih fokus karena bermain untuk Tim Nasional akan berbeda seperti pemain tampil di klub karena mereka tidak akan bermain untuk uang tetapi untuk sebuah kebanggaan negara."

"Jadi pemain harus bekerja lebih keras dan memberikan kemampuannya lebih dari 100 persen," ujar Nova.


2. Target Besar

Latihan Timnas Indonesia U-19 sebagai persiapan Kualifikasi Piala Asia U-20 2022 di Lapangan ABC Senayan, Jakarta, Selasa (30/08/22). Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT

Dalam ajang Kualifikasi Piala Asia U-20 2023, Timnas Indonesia U-19 tergabung di grup F dan bersaing dengan Timor Leste, Hong Kong dan Vietnam.

Seluruh laga Kualifikasi Piala Asia tersebut akan berlangsung di Jawa Timur, yakni Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya.

PSSI memberi target besar agar skuat Garuda Muda bisa lolos ke putaran final Piala Asia U-20 pada 2023 mendatang.

Setelah gagal di Piala AFF U-19 2022 yang lalu, ajang ini menjadi pembuktian bagi pelatih Shin Tae-yong untuk memberikan prestasi bagi Indonesia.

Liga IndonesiaTimnas Indonesia U-19Shin Tae-yongKualifikasi Piala Asia U-20 2023

Berita Terkini