x

5 Penyebab Manchester United Dilibas Real Sociedad di Liga Europa: Ronaldo dan Maguire Bikin Apes

Jumat, 9 September 2022 09:56 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Pemain Real Sociedad saat menerima bola tapi diganggu pemain Manchester United.

INDOSPORT.COM - Berikut lima penyebab Manchester United dilibas tamunya, Real Sociedad dalam pertandingan perdana Grup E Liga Europa musim 2022-2023.

Seperti diketahui dalam laga perdana Grup E Liga Europa, Manchester United yang bermain di kandang sendiri menyerah 0-1 dari Real Sociedad pada Jumat (09/09/22) dini hari WIB.

Baca Juga

Bermain di Old Trafford, gol tunggal Real Sociedad dicetak oleh penalti Brais Mendes pada menit ke-59. Gol tunggal itu tidak mampu dibalas oleh Manchester United hingga pertandingan selesai.

Seusai duel melawan klub Liga Spanyol tersebut, pelatih Setan Merah yakni Erik ten Hag tampak tidak hadir dalam konferensi pers.

Baca Juga

Namun bukan karena marah atau kecewa, ternyata Manchester United telah membatalkan semua acara pasca-pertandingan di Old Trafford terkait kematian Ratu Elizabeth II.

Sementara itu, kekalahan ini membuat Cristiano Ronaldo dkk bertengger di urutan ketiga klasemen sementara Grup E Liga Europa. Mereka hanya unggul selisih dari Omonia setelah dihajar 0-3 oleh Sheriff Tiraspol.

Para pendukung Setan Merah tentu tidak bisa menyembunyikan kekecewaan. Padahal mereka yakin kalau Harry Maguire dkk bakal memenangkan laga.

Baca Juga

Pasalnya, Manchester United baru saja tampil luar biasa di Liga Inggris dengan mendulang empat kemenangan beruntun. Pekan lalu mereka sukses menggulung Arsenal dengan skor 3-1.

Menurut penelusuran INDOSPORT, ternyata ada sejumlah penyebab mengapa Manchester United bisa dipermalukan Real Sociedad di Liga Europa. Apa saja itu?


1. 1. Gara-gara VAR

Pemain Real Sociedad saat menerima bola tapi diganggu pemain Manchester United.

Video Assistant Referees (VAR) menjadi salah satu hal yang paling disorot dalam pertandingan Manchester United menjamu Real Sociedad di Liga Europa.

Pada menit ke-59, Manchester United mendapatkan hukuman penalti setelah tendangan kaki kiri David Silva dari dalam kotak penalti mengenai lengan Lisandro Martinez.

Baca Juga

Akan tetapi dalam tayangan ulang, bola lebih dulu mengenai pinggul sebelum akhirnya menyentuh lengan Lisandro Martinez. 

Hal ini sempat diprotes para pemain Setan Merah karena seharusnya bukan handball. Namun VAR tetap memberikan hadiah penalti kepada Real Sociedad.

Baca Juga

VAR langsung menjadi perbincangan hangat di media sosial. Bahkan ada yang menyebut kalau keputusan VAR menjadi yang terburuk sepanjang masa.

2. Cristiano Ronaldo Mandul Lagi

Erik ten Hag membuat kejutan dengan memasang Cristiano Ronaldo sebagai starter, setelah sebelumnya hanya menjadi pemain cadangan.

Namun mega bintang asal Portugal ini gagal menjawab kepercayaan Erik ten Hag. Ia bermain buruk dengan tidak bisa mencatatkan tembakan ke arah gawang secara akurat.

Cristiano Ronaldo juga hanya mampu memenangi empat duel dan sisanya selalu kalah. Hal ini membuatnya kemungkinan akan kembali dijadikan cadangan di laga berikutnya.

Baca Juga

3. Harry Maguire Sering Blunder

Tidak hanya Cristiano Ronaldo, Erik ten Hag juga membuat kejutan dengan memasang Harry Maguire sebagai starter. Bahkan sang kapten dimainkan 90 menit tanpa diganti.

Penampilannya juga kembali membuat kecewa fans. Ia sering kehilangan bila dan tercatat melakukan 13 kali blunder.


2. 4. Casemiro Gagal Tunjukan Kualitasnya

Logo Liga Europa.

Eks gelandang Real Madrid yakni Casemiro akhirnya memainkan full debut di Manchester United saat bersua Real Sociedad di Liga Europa.

Namun Casemiro gagal menunjukan kualitasnya sebagai salah satu gelandang terbaik dunia. Ia terlihat beberapa kali melakukan umpan ceroboh.

5. Antony Mati Kutu

Setelah mencetak gol di laga debutnya pekan lalu, Antony harus mati kutu saat dibungkam oleh lini pertahanan Real Sociedad.

Tidak ada kontribusi yang signifikan dari eks bintang Ajax Amsterdam tersebut. Ia tercatat hanya melepaskan satu tembakan melenceng jauh dari sasaran.

Antony juga terlalu banyak menggiring namun tidak bisa melewati bek tangguh Real Sociedad. Akhirnya Antony harus rela digantikan Jadon Sancho di babak kedua.

Baca Juga
Manchester UnitedCristiano RonaldoLiga EuropaReal SociedadHarry Maguire

Berita Terkini