x

Cantik sejak Muda, Ratu Elizabeth II Punya Kenangan Manis Saat Timnas Inggris Juara Piala Dunia

Jumat, 9 September 2022 13:18 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Timnas Inggris juara Piala Dunia tahun 1966. Foto: Rolls Press/Popperfoto/Getty Images.

INDOSPORT.COM - Mengenang momen bersejarah Ratu Elizabeth II jadi saksi kemenangan Timnas Inggris di Piala Dunia 1966.

Seperti diketahui, dunia baru saja kehilangan satu lagi sosok penting yang begitu dikenal dunia selama bertahun-tahun, Ratu Elizabeth II.

Baca Juga

Kepergian sang ratu untuk selama-lamanya diumumkan Buckingham Palace pada Kamis (08/09/22) waktu setempat.

“Ratu meninggal dunia dalam damai di Balmoral siang ini,” demikian bunyi pengumuman tersebut yang diunggah di media sosial Twitter.

Semasa hidupnya, Ratu Elizabeth II telah memimpin monarki British selama lebih dari 70 tahun, yang mencatatkan rekor tersendiri di buku sejarah dunia.

Baca Juga

Dengan catatan 70 tahun 214 hari, ia berada di urutan kedua pemimpin monarki terlama yang pernah berkuasa - yang pertama adalah Louis XIV of France dengan 72 tahun 110 hari.

Tidak lama Ratu Elizabeth II wafat, dunia olahraga pun turut berduka. Sejumlah klub Liga Inggris turut menyampaikan rasa belasungkawa, begitu pula pemain, para atlet, dan turnamen tenis Wimbledon.

Sebagai salah satu figur publik yang paling ikonik sepanjang masa, Ratu Elizabeth II beserta anggota kerajaannya juga terlibat di banyak event olahraga.

Baca Juga

Bahkan, Pangeran William juga dikenal luas sebagai suporter Aston Villa, sedangkan sang adik yakni Harry berperan penting dalam terselenggaranya Invictus Games.

Begitu pula dengan sang nenek. Salah satu momen berserjarah yang pernah diukir Ratu Elizabeth II saat masih hidup adalah menjadi saksi kemenangan Timnas Inggris di Piala Dunia 1966.


1. Timnas Inggris Juara Piala Dunia 1966

Timnas Inggris juara Piala Dunia tahun 1966.

Untuk diingat kembali, Timnas Inggris pernah menasbihkan diri sebagai salah satu tim terkuat di dunia pada tahun 1966.

Saat itu, mereka berjaya di hadapan publik sendiri sebagai tuan rumah dengan menekuk Jerman Barat di Wembley pada 30 Juli 1966.

Baca Juga

Berlangsung sengit, The Three Lions menang dengan susah payah setelah menjalani babak extra time karena skor waktu normal menunjukkan angka 2-2.

Adalah Geoffrey Charles Hurst dan Martin Peters yang mencatatkan dua gol Timnas Inggris pada saat itu.

Hanya saja, tim lawan juga tidak kalah kuat lantaran membobol gawang Gordon Banks dua kali lewat Helmut Haller dan Wolfgang Weber.

Baca Juga

Dengan situasi ini, pertandingan pun beralih ke perpanjangan waktu. Ternyata, dewi fortuna lebih memihak kepada Timnas Inggris.

Dua gol tambahan dari Geoffrey Charles Hurst masing-masing pada menit ke-101 dan 120 mengubah papan skor menjadi 4-2.

Timnas Inggris pun memenangkan gelar Piala Dunia pertama mereka sepanjang sejarah, di Wembley, kandangnya sendiri.

Baca Juga

Bukan hanya para pemain hari itu, Ratu Elizabeth II pun turut ambil bagian dalam sejarah Piala Dunia 1966 dengan memberikan trofi juara ke kapten Timnas Inggris, Bobby Moore.

Bak kenangan yang masih sangat jelas di benaknya, Ratu pun sempat mengingat momen indah itu saat mengirim pesan semangat ke skuad Gareth Southgate di Euro 2020.

 

2. Ratu Elizabeth dan Timnas Inggris

Fans Timnas Inggris saat mendukung timnya di Euro 2020. Foto: Robbie Jay Barratt - AMA/Getty Images.

Dalam pernyataan resminya, Ratu Elizabeth menggarisbawahi seberapa pentingnya berada di final turnamen besar bagi sebuah tim sepak bola.

Ya, hal tersebut sudah pernah dirasakannya ketika menyaksikan Timnas Inggris era Bobby Moore dan Bobby Charlton memenangkan Piala Dunia 1966 dengan penuh perjuangan.

Baca Juga

“55 tahun yang lalu saya sangat beruntung bisa menyerahkan trofi Piala Dunia ke Bobby Moore dan menyaksikan betapa berharganya berada di final turnamen besar bagi pemain, manajemen, dan staf,

“Saya ingin menyampaikan ucapan selamat dari keluarga saya untuk kalian (Timnas Inggris) yang telah sampai di final Eropa (Euro 2020),” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Ratu Elizabeth juga menitipkan pesan kepada Harry Kane dkk bahwa kemenangan bukan satu-satunya kesuksesan yang bisa diukir dalam sejarah.

Baca Juga

Ia berharap Timnas Inggris juga bisa mencatatkan sejarah tentang perjuangan, semangat, dan rasa bangga mereka selama berkompetisi di Euro 2020.

Sayangnya, Gareth Southgate ternyata gagal membawa para pemainnya menjuarai Euro 2020 setelah dikalahkan Italia di final.

Imej Berserjarah di Piala Dunia 1966

Jepretan foto Ratu Elizabeth II yang menyerahkan trofi Jules Rimet ke Bobby Moore di ajang Piala Dunia 1966 akan selalu dikenang publik sepak bola Inggris sepanjang masa.

Baca Juga

Bahkan, seperti disampaikan Geoff Hurst, dikutip dari laman The Sportsman, Bobby Moore sampai mengelap tangannya sebelum menerima trofi dari sang ratu.

Pasalnya, sang kapten tidak mau mengotori sarung tangan yang dipakai Ratu Elizabeth saat itu. 

Piala DuniaTimnas InggrisPiala Dunia 1966Bola InternasionalOne Football

Berita Terkini