x

5 Transfer Pelatih Termahal di Dunia: Graham Potter Ungguli Juru Taktik Gagal Chelsea

Sabtu, 10 September 2022 21:50 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Pelatih baru Chelsea, Graham Potter saat masih menukangi mantan timnya, Brighton, melawan Newcastle United (13/08/22). (Foto: REUTERS/Toby Melville)

INDOSPORT.COM – Berikut 5 transfer pelatih termahal di dunia, pasca Graham Potter resmi ditebus Chelsea dari Brighton & Hove Albion.

Chelsea telah mengumumkan mantan pelatih Brighton, Graham Poter sebagai pelatih barunya untuk menggantikan Thomas Tuchel.

Baca Juga

Tuchel sendiri harus dipecat dari jabatannya usai dilaporkan berselisih dengan para pemilik baru Chelsea, yakni konsorsium Todd Boehly.

Perselisihan ini disebut-sebut telah berlangsung sejak tur pramusim Chelsea di Amerika Serikat. Disebutkan penyebab utamanya adalah kepasifan Tuchel dalam hal perekrutan pemain.

Kepergian Tuchel ini kemudian membuat Chelsea langsung mencari penggantinya. Dan dalam waktu kurang dari 2x24 jam, The Blues meresmikan Graham Potter sebagai pelatih anyarnya.

Baca Juga

Pelatih berusia 47 tahun itu ditebus oleh Chelsea dari Brighton dengan mahar 18,4 juta euro (Rp275 miliar), seiring masih adanya kontrak yang ia miliki bersama The Seagulls.

Angka tersebut tergolong besar untuk pelatih yang belum pernah sama sekali menukangi tim-tim papan atas maupun mencetak prestasi gemilang.

Meski begitu, Chelsea berani bertaruh dengan sosok Graham Potter dan menebus klausul rilisnya yang setara harga seorang pemain di sepak bola saat ini.

Baca Juga

Tak ayal, besarnya dana yang dikeluarkan Chelsea membuat Graham Potter kemudian masuk dalam daftar transfer pelatih termahal di dunia.

Dari 5 daftar transfer pelatih termahal di dunia, di nomor berapakah Graham Potter? Dan siapakah pelatih yang bisa menembus daftar ini?


1. Transfer Pelatih Termahal di Dunia

Andre Villas-Boas, calon pelatih baru Real Madrid.

5. Ruben Amorim

Ruben Amorim merupakan pelatih dari Sporting CP. Sebelum melatih klub tersebut, ia sendiri menukangi tim Portugal lainnya, Braga.

Pelatih berusia 37 tahun ini hanya menukangi Braga dalam waktu singkat, yakni selama kurang dari 4 bulan. Meski begitu, Sporting CP ternyata berani menebus klausul rilisnya.

Disebutkan, Sporting CP berani menggelontorkan dana sebesar 10 juta euro (Rp150 miliar) pada 2020 lalu. Sejauh ini, Rubern Amorim mampu berbicara banyak bagi timnya itu.

Baca Juga

4. Brendan Rodgers

Brendan Rodgers juga masuk dalam daftar transfer pelatih termahal di dunia, saat Leicester City menebusnya dari Celtic FC dengan mahar 10,5 juta euro (Rp158 miliar) pada musim 2018/19.

Leicester City berani menebus kontraknya dengan dana besar tersebut menyusul apiknya penampilan Celtic di bawah eks pelatih Liverpool itu.

Leicester City pun sempat menuai berkah dari kedatangannya dengan menjuarai Piala FA. Hanya saja, kini posisi Brendan Rodgers tengah terjepit usai The Foxes tampil buruk.

Baca Juga

3. Andre Villas-Boas

Sebelum menebus Graham Potter, Chelsea pernah merogoh kocek dalam-dalam saat memboyong Andre Villas-Boas dari FC Porto pada 2011 silam.

Kala itu, Chelsea harus mengeluarkan dana 12,5 juta euro (Rp189 miliar), yang menjadikannya pelatih termahal dunia kala itu.

Sayang, keberanian Chelsea merogoh kocek dalam-dalam ini tak sebanding dengan performa tim di bawah Andre Villas-Boas, yang kemudian dipecat 8 bulan kemudian.


2. Pelatih Lainnya

Julian Nagelsmann, eks pelatih RB Leipzig.

2. Graham Potter

Graham Potter sah menjadi pelatih termahal yang pernah didatangkan Chelsea, mengalahkan Andre Villas-Boas pada 2011 silam.

Sebagaimana yang telah disebutkan sebelumnya, Chelsea harus merogoh kocek 18,4 juta euro (Rp275 miliar) demi mendapatkannya dari Brighton.

Baca Juga

Graham Potter pun belum menunjukkan kiprahnya bersama Chelsea. Sehingga, besarnya dana itu tak bisa dijustifikasi dalam waktu dekat.

1. Julian Nagelsmann

Transfer pelatih termahal di dunia saat ini masih dipegang oleh Julian Nagelsmann, kala Bayern Munchen menebusnya dari RB Leipzig.

Baca Juga

Bayern Munchen menebus Julian Nagelsmann dari RB Leipzig pada musim panas 2021 lalu dengan mahar 25 juta euro atau setara Rp376 miliar.

Sejauh ini, Julian Nagelsmann hanya mampu membawa Bayern Munchen juara Bundesliga saja. Namun usianya yang masih muda, diyakini tak akan membuat Die Roten rugi berinvestasi terhadapnya.

ChelseaBrendan RodgersAndre Villas-BoasBola InternasionalJulian NagelsmannOne FootballGraham Potter

Berita Terkini