x

Dari Havertz hingga Kepa, 4 Pemain Chelsea yang Diuntungkan dengan Kedatangan Graham Potter

Sabtu, 10 September 2022 21:35 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Pelatih baru Chelsea, Graham Potter. (Foto: Reuters/Matthew Childs)

INDOPSORT.COM – Berikut 4 pemain Chelsea yang diuntungkan dengan kedatangan Graham Potter sebagai pelatih yang menggantikan Thomas Tuchel.

Sebagaimana diketahui, Chelsea baru saja membuat keputusan besar dengan menggantikan Thomas Tuchel dengan Graham Potter.

Baca Juga

Thomas Tuchel harus dipecat dari kursinya sebagai pelatih Chelsea pada Rabu (07/09/22) waktu setempat, dan digantikan Graham Potter sehari kemudian.

Pergantian ini pun terbilang mengejutkan. Sebab, sebelumnya tak ada rumor apapun yang akan membahas pemecatan Tuchel.

Di sisi lain, pergantian ini terbilang mengejutkan karena Graham Potter bukanlah nama besar di dunia kepelatihan saat ini.

Baca Juga

Pengalamannya dalam melatih tercatat hanya menukangi Ostersunds di Swedia, Swansea City dan Brighton di Liga Inggris.

Bahkan mengejutkannya lagi, Chelsea berani menawari kontrak jangka panjang selama 5 tahun kepada pelatih berpaspor Inggris tersebut.

Dengan kiprah seperti itu yang berbanding terbalik dengan nama besar Chelsea, penunjukkan Graham Potter tak ayal membuat banyak pihak mengernyitkan dahi.

Baca Juga

Terlepas dari hal tersebut, pergantian dari Tuchel ke Graham Potter akan memberi dampak besar, termasuk kepada para pemain di kubu Chelsea.

Usai beberapa pemain disebutkan berpotensi menjadi korban, lalu siapa pemain Chelsea yang jelas akan diuntungkan dengan kedatangan Graham Potter? Berikut daftarnya.


1. Pemain Chelsea yang Diuntungkan

Selebrasi Kai Havetz usai mencetak gol di laga Norwich City vs Chelsea (11/03/22). (Foto: Reuters/Andrew Boyers)

1. Kai Havertz

Kai Havertz sejatinya merupakan pemain andalan Chelsea di era Tuchel. Meski kompatriotnya telah angkat kaki, dirinya tetap akan diuntungkan dengan kedatangan Graham Potter.

Pasalnya, Graham Potter dikenal merupakan pelatih yang berorientasi menyerang dengan banyak peluang menciptakan gol.

Baca Juga

Sedangkan sebagai seorang penyerang, Kai Havertz merupakan pemain yang membutuhkan peluang untuk menciptakan gol, yang sulit ia dapatkan selama membela Chelsea di bawah arahan Tuchel

Sebagai contoh, ada nama seperti Neil Maupay, Leandro Trossard, dan bahkan Alexis Mac Allister yang punya peran sama dengan wonderkid Jerman itu di Chelsea.

2. Jorginho

Selain Havertz, Jorginho juga merupakan pemain andalan Tuchel. Bisa dikatakan, ia adalah pemain tak tergantikan di lini tengah Chelsea.

Kehadiran Graham Potter tak serta merta akan membuat Jorginho tersisih begitu saja. Malahan, perannya makin akan terlihat di bawah pelatih asal Inggris itu.

Baca Juga

Sebab, Graham Potter merupakan tipikal pelatih yang juga mengandalkan Ball Possesion, di mana ia kerap menggunakan pemain yang bisa mendikte permainan di lini tengah.

Saat di Brighton, Graham Potter mengandalkan sosok Yves Bissouma. Lalu di musim ini, ada Adam Lallana dan juga Moises Caicedo.


2. Pemain Lainnya

Kepa Arrizabalaga (kanan) melakukan selebrasi bersama Jorginho setelah menyelamatkan tendangan penalty pada laga di Stamford Bridge, Minggu (06/02/22). FOTO: REUTERS/Tony Obrien

3. Reece James

Peran Reece James sebagai pemain vital Chelsea juga tetap akan terlihat, dan bahkan akan semakin bersinar dengan kedatangan Graham Potter.

Reece James merupakan Wing Back yang punya daya jelajah tinggi dan permainan menyerang serta bertahan sama baiknya.

Baca Juga

Kemampuannya ini membuatnya bisa jadi andalan Graham Potter yang memang gemar memanfaatkan lebar lapangan untuk melakukan serangan.

Kemampuan Reece James dalam menyerang seperti melepaskan umpan silang dan melepaskan tembakan, akan membuat dirinya makin berkembang di bawah arahan Graham Potter.

4. Kepa Arrizabalaga

Nampaknya Edouard Mendy harus menerima jika posisinya sebagai penjaga gawang utama Chelsea tergusur oleh Kepa Arrizabalaga di era Graham Potter.

Sebab, Graham Potter lebih menyukai kiper yang bisa membangun serangan dari belakang, dengan kemampuan operan yang mumpuni.

Baca Juga

Melihat kiper di Chelsea saat ini, hanya Kepa yang memenuhi kualifikasi tersebut. Mendy sendiri malah terbilang kerap melakukan blunder saat memainkan bola dari belakang.

Dengan hadirnya pelatih kiper baru, maka Kepa juga akan diuntungkan. Bukan tidak mungkin nantinya ia akan kembali menjadi penjaga gawang utama Chelsea di bawah arahan Graham Potter.

ChelseaThomas TuchelLiga InggrisJorginhoKepa ArrizabalagaKai HavertzReece JamesOne FootballGraham Potter

Berita Terkini