x

Hattrick Pertama untuk Bali United di Liga 1, Ilija Spasojevic Tegaskan Usia Hanya Angka

Minggu, 11 September 2022 06:45 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Juni Adi
Selebrasi tutup telinga Ilija Spasojevic. Foto: Bali United

INDOSPORT.COM - Penyerang Bali United, Ilija Spasojevic kembali menegaskan usia hanyalah angka. Hal ini diungkapkan setelah Spaso mencetak hattrick ke gawang Dewa United pada lanjutan Liga 1 2022/2023, Sabtu (10/9/22).

Spaso tampil ganas dengan membawa Bali United pesta gol di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar. Gol dicetak Spaso menit ke-67, 80 dan 90+2.

Baca Juga

Tiga gol lain dicetak Privat Mbarga menit ke-28, Haudi Abdillah menit ke-41 dan Novri Setiawan menit ke-44. Total, Bali United menjebol gawang Dewa United enam kali dan tanpa berbalas.

Hattrick ini menjadi yang pertama dicetak Ilija Spaso bagi Bali United. Torehan tiga gol dalam laga ini membuat Spaso total sudah mencetak tujuh gol dalam sembilan pertandingan di Liga 1 2022/2023.

Produktivitas yang kembali diperlihatkan Spaso menjadi jawaban atas kritikan yang pernah didapatnya pada awal musim. Ia sempat mengawali periode sulit.

Baca Juga

Namun dalam empat laga terakhir, Spaso bisa mencetak lima gol. Atas kerja bagus ini, Spaso berbicara mengenai peran timnya dalam hattrick ini.

"Kita menunjukkan team work yang luar biasa. Bisa cetak enam gol, bisa cetak clean sheet, dan saya pikir semua pemain luar biasa. Kita di jalur yang benar untuk kembali ke puncak klasemen dan kita bisa sukses tahun ini," kata Spaso usai pertandingan.

Sebagai seorang penyerang murni, Spaso memang tak bisa kerja sendirian. Ketajamannya juga bergantung pada suplai bola matang dari rekan-rekannya.

Baca Juga

Spaso pun mengungkapkan bagaimana peran para pemain berkontribusi terhadap tiga gol itu. Mulai dari Fadil Sausu, Hendra Adi Bayauw dan Privat Mbarga.

"Saya harus terima kasih pada rekan-rekan. Itu hasil kerja keras tim. Gol pertama crossing Fadil, gol kedua berkat aksi individu Hendra Bayauw (jadi penalti) dan gol ketiga servis luar biasa dari Privat Mbarga.

"Jadi saya ucapkan terima kasih pada semua pemain," tutur Spaso.


1. Umur Hanya Angka

Penyerang Bali United, Ilija Spasojevic merayakan brace ke gawang Rans Nusantara FC. Foto: Bali United

Hattrick ini menjadi spesial bagi Spaso. Bukan hanya karena ia bisa menjawab kritikan dengan prestasi, namun pada Minggu (11/9/22), Spaso akan merayakan ulang tahun ke-35.

Spaso pun ingat bahwa momen pertama gabung Bali United pada 2018 lalu, ia berusia 30 tahun. Kini, dengan usia yang tak lagi muda, prestasinya justru terus melesat.

Baca Juga

Pada Liga 1 2021/2022 lalu, Spaso mencetak 23 gol dalam 34 penampilan. Torehan itu jauh meningkat dari 9 gol di Liga 1 2018 serta 16 gol di Liga 1 2019.

"Saya pribadi senang karena sudah lima tahun di Bali United. Saya datang saat umur 30 tahun, saya umur 35 tahun (besok) bisa cetak hattrick. Jadi saya bisa buktikan bahwa umur hanyalah angka," tutur Spaso.

Sepanjang karir di Liga 1, ini menjadi hattrick kedua bagi Spaso. Hattrick pertama dicatatkan saat membawa Bhayangkara FC juara Liga 1 2017 lalu.

Baca Juga

Ia mencetak hattrick dalam kemenangan 3-1 atas Madura United pada laga pamungkas musim itu.
Teco Puas

Sementara itu, kemenangan atas Dewa United 6-0 membuat pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco puas. Para pemain bisa menjalankan instruksi dengan baik.

"Pertandingan yang bagus. Kita dari awal sampai selesai bisa kontrol pertandingan. Kita bisa menyerang, bisa cetak enam gol dan tidak kebobolan juga. Ini sangat bagus untuk percaya diri tim," kata Teco usai pertandingan.

Baca Juga

Masa persiapan yang sangat bagus jadi kunci dari matangkan permainan Bali United. Mereka punya waktu istirahat sehari dan berlatih lima kali setelah melawan Persebaya Surabaya, Jumat (2/9/22) lalu.

Absennya para pemain andalan, seperti M Rahmat, Yabes Roni Malaifani dan Irfan Jaya, tak memberi pengaruh apapun pada permainan Bali United. Novri Setiawan bisa menjalankan tugas sebagai gelandang sayap dengan bagus.

"Buat pertandingan ini, kita punya waktu cukup untuk latih tim. Kita kerjakan semua aspek dalam latihan, mulai fisik, teknik dan taktik. Ketika kita punya waktu (persiapan), lebih mudah jalankan taktik dalam pertandingan," tutur Teco.
 


2. Rahasia Bali United

Pertandingan antara Bali United vs Dewa United yang sukses dimenangkan oleh tuan rumah dengan skor 6-0. Sabtu (10/09/22).

Pelatih Bali United, Stefano Cugurra, berbicara soal matangnya masa persiapan tim yang menjadi kunci kemenangan telak 6-0 atas Dewa United dalam lanjutan Liga 1 Indonesia di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Sabtu (10/9/22).

Seperti sudah diprediksi sejak awal, Bali United sangat dominan pada laga pekan ke-9 Liga 1 2022-2023. Di atas kertas mereka memang unggul segalanya dari Dewa United.

Keunggulan itu dibuktikan dengan dominasi sepanjang pertandingan. Bali United bermain lebih efektif untuk menciptakan banyak peluang, terutama dari bola mati.

Hasilnya, lima dari enam gol berasal dari bola mati. Mulai dari Privat Mbarga pada menit ke-28, Haudi Abdillah (41'), Novri Setiawan (44'), serta brace Ilija Spasojevic (67', 80').

Satu-satunya gol open play terjadi lewat skema serangan balik pada pengujung laga. Umpan Privat Mbarga diselesaikan Spasojevic untuk mencetak gol ketiganya sore tadi.

Baca selengkapnya: Liga 1: Bali United Pesta Gol ke Gawang Dewa United, Teco Bongkar Kunci Sukses 

Ilija SpasojevicBali UnitedLiga IndonesiaLiga 1Berita Liga 1Dewa United FCLiga 1 2022-2023

Berita Terkini