x

Liga 1: Ratusan Semeton Dewata Datang, Teco Punya Harapan pada Suporter Persis Solo

Kamis, 15 September 2022 15:35 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Nugrahenny Putri Untari
Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco. Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT.

INDOSPORT.COM - Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco, berharap suporter Persis Solo menyambut positif kehadiran ratusan Semeton Dewata di Stadion Manahan Solo, Kamis (15/9/22) untuk pertandingan Liga 1 Indonesia.

Sepak bola menjadi indah ketika dua suporter bisa berdampingan.

Baca Juga

Dukungan penuh akan diberikan Semeton Dewata atau suporter Bali United pada lawatan pekan kesepuluh Liga 1 2022/2023. Rombongan mulai berangkat dari Bali pada Rabu (14/9/22) siang.

Rombongan suporter ini diperkirakan lebih dari 600 orang. Kota Solo sebagai destinasi away day baru menjadi daya tarik bagi suporter Bali United untuk berdatangan.

Rencana Semeton Dewata untuk memerahkan Stadion Manahan Solo disambut gembira Stefano Cugurra Teco.

Baca Juga

Saat melawan Persebaya di Gelora Bung Tomo, Jumat (2/9/22), suporter juga rela menempuh perjalanan ratusan kilometer ke Surabaya.

"Ini kabar yang bagus. Saat terakhir away ke Surabaya, saya tidak tahu berapa jumlahnya, tapi saya lihat ada banyak orang. Ketika besok datang lagi, pasti pemain kita punya semangat juga," kata Teco saat ditemui di Bandara Adi Soemarmo, Selasa (13/9/22) sore.

Saat ikut memadati Gelora Bung Tomo, suporter Bali United mendapat sambutan positif dari Bonek. Mereka mengawal kedatangan dan kepulangan suporter yang tiba menggunakan bus serta kendaraan pribadi.

Baca Juga

Teco ingin sambutan baik juga diberikan para suporter Persis Solo pada suporter Bali United. Apalagi pada putaran kedua nanti, suporter Persis Solo juga akan datang ke Bali.

"Ketika ada suporter dari Bali datang ke sini, mudah-mudahan diterima baik sama suporter dari Solo. Pasti ketika suporter Solo ke Bali, mereka juga akan diterima dengan baik," tutur Teco.


1. Suporter Mulai Dewasa

Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco. Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT.

Stefano Cugurra Teco senang ketika kedewasaan suporter Indonesia semakin meningkat. Apalagi baru-baru ini, suporter Persib Bandung pada akhirnya bisa ke markas Arema FC.

"Saya pikir sepak bola Indonesia, dari beberapa tahun lalu, sudah sangat berubah soal suporter," jelas Teco.

Pelatih asal Brasil ini ingat momen pertama datang ke Indonesia pada Liga Indonesia 2004. Teco tak melihat banyak anak-anak dan para wanita ada di stadion.

Baca Juga

Namun kini, para keluarga sudah datang ke stadion untuk menikmati sepak bola sebagai bagian dari hiburan yang aman.

"Dulu era 2004, 2005, 2006, tidak ada wanita, tidak ada anak kecil, tapi sekarang kita lihat sudah banyak wanita dan anak kecil datang buat nikmati pertandingan," ucap Teco.

"Saya pikir perubahan ini yang harus ada di Indonesia. Ketika ada dua suporter di stadion, kemudian tuan rumah bisa menerima dengan baik, saya pikir ini sangat penting buat sepak bola bisa maju," lanjut Teco.

Kemajuan ini menjadi angin segar jelang Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Stadion Manahan Solo menjadi salah satu kandidat venue ajang ini.

Baca Juga

Pada ajang nanti, ribuan suporter dari penjuru dunia diperkirakan bakal datang ke Indonesia. Ketika ini berjalan sukses, pasti FIFA juga akan memberikan penilaian positif pada sepak bola Tanah Air.

"Harus hati-hati buat tidak ada masalah dengan FIFA," ujar Teco.

Rombongan suporter Bali United akan ditempatkan di tribun barat sisi utara. Tribun ini memang dikhususkan bagi para suporter tim tamu.

Pada laga kandang sebelumnya, Persis Solo kedatangan lebih dari 2.000 suporter PSIS Semarang. Tak ada keributan berarti meski laga Derbi Jawa Tengah berjalan panas.


2. Kota Solo Jadi Daya Tarik

Suasana Stadion Manahan di Solo, Jawa Tengah. Foto: Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT.

Bali United tidak akan sendirian menghadapi Persis Solo dalam laga pekan ke-10 Liga 1 Indonesia 2022-2023 di Stadion Manahan Solo, Kamis (15/9/22).

Ratusan Semeton Dewata sudah memastikan siap meluncur.

Bali United sudah ganas lagi usai kalah 1-2 dari Arema FC di Gianyar, 13 Agustus lalu. Mereka mencatatkan hasil sempurna berikutnya.

Total 15 poin sukses dikunci dalam lima laga terakhir. Hebatnya, sembilan poin di antaranya didapat dalam partai tandang ke markas Barito Putera, Persib Bandung, dan Persebaya Surabaya.

Amukan Bali United ini membuat para suporter setianya bersemangat untuk mengikuti Fadil Sausu dkk. beraksi.

Baca selengkapnya: Liga 1: Ratusan Suporter Bali United Siap Berangkat, Kota Solo Jadi Daya Tarik

Persis SoloBali UnitedLiga IndonesiaStefano Cugurra TecoLiga 1Bola IndonesiaBerita Liga 1Liga 1 2022-2023

Berita Terkini