x

Tak Dilirik Shin Tae-yong ke Timnas Indonesia, Rupanya Stefano Lilipaly Alami Hal Ini

Sabtu, 17 September 2022 19:25 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Prio Hari Kristanto
Gelandang Timnas Indonesia, Stefano Lilipaly, tidak dipanggil untuk FIFA match day lawan Curacao pada 24 dan 27 September 2022.

INDOSPORT.COM - Gelandang Timnas Indonesia, Stefano Lilipaly, tidak dipanggil untuk FIFA match day lawan Curacao pada 24 dan 27 September 2022. Rupanya, pemain Borneo FC itu dalam masa pemulihan cedera. 

Sebelumnya, Stefano https://www.indosport.com/tag/1962/stefano-lilipalyLilipaly selalu dipanggil ke Timnas Indonesia oleh pelatih Shin Tae-yong. Dia dibawa ke Kualifikasi Piala Asia 2023 Juni lalu dan uji coba lawan Bangladesh. 

Baca Juga

Kondisi Fano dilaporkan sedang tak bagus karena mengalami cedera di bagian kaki. Hal itu membuat Fano tak bisa tampil maksimal di beberapa pertandingan terakhir. 

Bahkan saat melawan Bhayangkara FC, Fano baru dimainkan di pertengahan babak kedua. Karenanya, jeda FIFA match day dimanfaatkan pemain naturalisasi itu untuk lakukan pemulihan. 

“Lilipaly memang mengalami cedera walau tak terlalu parah. Jadi kami pikir dengan diliburkannya pemain saat ini, menjadi kesempatan bagi dirinya memulihkan cedera dan me-refresh kondisinya agar lebih fit,” ujar manajer Borneo FC, Dandri Dauri. 

Baca Juga

Lilipaly sejauh ini telah tampil 10 pertandingan bersama Borneo FC. Dia cetak satu gol dan empat assist.

Padatnya jadwal kompetisi membuat Lilipaly dan beberapa pemain mengalami kelelahan karena selalu jadi starter. Hal itu membuat mereka alami cedera, meski tidak terlalu parah 

"Jadwal kompetisi yang sangat padat mulai dari pekan pertama sampai 10, sudah pasti menguras tenaga pemain. Mudah-mudahan saat latihan kembali tanggal 19 September mendatang, pemain dalam kondisi bugar,” tutur Dandri.

Baca Juga

Selain Stefano Lilipaly, satu pemain lain yang sebelumnya langganan Timnas Indonesia yakni Terens Puhiri juga tak dipanggil untuk lawan Curacao. 


1. Shin Tae-yong Panggil 23 Nama

Pelatih Timnas Indonesia U-19 Shin Tae-yong.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong telah memutuskan memanggil 23 pemain untuk FIFA match day melawan Curacao pada 24 dan 27 September mendatang. 

Sebagian besar diisi pemain langganan Timnas Indonesia. Ada Nadeo Argawinata (Bali United), Ricky Kambuaya (Persib), Fachruddin Aryanto (Madura United), dan lain-lain.

Baca Juga

Shin Tae-yong juga memanggil pemain yang merumput di luar negeri seperti Asnawi Bahar (Ansan Greeners), Elkan Baggott (Gillingham FC), Egy Maulana (FC Vion Zlate Moravce), Saddil Ramdani (Sabah FC), Witan Sulaeman (AS Trencin), dan Pratama Arhan (Tokyo Verdy).

Selain itu, pemain debutan yang dipanggil di skuad kali ini yakni Muhammad Ramadhan (PSM) dan Muhammad Ferarri (Persija). 

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, mengatakan para pemain tersebut adalah pilihan Shin Tae-yong, berdasarkan pantauan di Liga 1. 

Baca Juga

Iwan Bule, sapaan ketum PSSI juga mengingatkan agar Timnas Indonesia harus bermain maksimal lawan Curacao. Meski tim tamu adalah merupakan tim yang kuat, skuad Garuda tak boleh gentar. 

Curacao dipilih jadi lawan bagi Timnas Indonesia karena merupakan salah satu tim kuat. Negara dari Kepulauan Karibia itu tempati peringkat 184 FIFA. 

Baca Juga

Dari komunikasi PSSI dengan FFK, para pemain Curacao sudah mendapatkan vaksin dosis kedua atau lengkap. Dengan ini tim asuhan Remko Bicentini tersebut memenuhi syarat masuk Indonesia.

Timnas Curacao dijadwalkan terbang dari negaranya pada 20 dan tiba di Indonesia pada 21 September.


2. 3 Pemain yang Jadi Perdebatan Usai Shin Tae-yong Umumkan Skuad Timnas Indonesia

Timnas Indonesia raih gelar runner up di Piala AFF 2020.

Berikut sejumlah nama yang jadi perdebatan publik usai Shin Tae-yong mengumumkan daftar pemain untuk skuad Timnas Indonesia vs Curacao.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong disela-sela kesibukannya fokus melatih tim U-19 di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023, baru-baru ini mengumumkan daftar pemain yang dipanggil memperkuat tim senior.

Pemanggilan itu dilakukan untuk memperkuat timnas Indonesia mengikuti pertandingan uji coba resmi FIFA Matchday melawan Curacao pada 24 dan 27 September 2022.

Total Shin Tae-yong memanggil 23 pemain, enam di antaranya berkiprah di luar negeri. Akan tetapi untuk pertandingan kali ini dua pemain calon naturalisasi Sandy Walsh dan Jordi Amat belum bisa ikut bergabung.

Sebab proses naturalisasinya hingga saat ini masih belum rampung. Sementara itu untuk enam pemain yang berkarier di luar negeri ada Asnawi Mangkualam Bahar (Ansan Greeners) yang dipanggil ke Timnas Indonesia. 

Baca Selengkapnya: 3 Pemain yang Jadi Perdebatan Publik Usai Shin Tae-yong Umumkan Skuad Timnas Indonesia vs Curacao

Stefano LilipalyTimnas IndonesiaLiga IndonesiaTim Nasional CuracaoBerita Timnas IndonesiaShin Tae-yong

Berita Terkini