x

Mantan Incaran Liverpool Terancam Terdepak dari Piala Dunia 2022, Apa Penyebabnya?

Selasa, 20 September 2022 14:25 WIB
Penulis: Stefan Ariel Kristanto | Editor: Indra Citra Sena
Keita Balde. Foto: REUTERS/Mohamed Abd El Ghany

INDOSPORT.COM – Mantan pemain incaran Liverpool, Keita Balde, bakal melewatkan Piala Dunia 2022 bersama Senegal setelah melanggar kebijakan anti-doping di seluruh dunia.

Dilansir Daily Star, pemain sayap, yang beberapa tahun lalu dikaitkan dengan West Ham dan Liverpool, dipanggil untuk menjalani tes narkoba setelah timnya, Cagliari, kalah 5-1 atas Udinese pada April lalu.

Baca Juga

Keita Balde, yang baru-baru ini meninggalkan klub Liga Italia dan bergabung dengan Spartak Moscow, dilaporkan memberikan hasil negatif. Dia kemudian diskors oleh Pengadilan Anti-Doping Nasional Italia.

Larangan itu segera berlaku dan akan berlanjut hingga awal Desember, yang berarti Balde akan absen untuk Piala Dunia, setidaknya melewatkan tiga pertandingan Grup A Piala Dunia bersama Senegal.

“Gelandang (bernama) Keita Balde sudah diskors oleh Pengadilan Anti-Doping Nasional Italia hingga 5 Desember buntut pelanggaran doping saat bermain untuk Cagliari. Sampel yang diambil dari Keita hari itu tidak menemukan zat terlarang.”

Baca Juga

“Namun, sesuai dengan kode disiplin, setiap sanksi terkait doping yang dijatuhkan oleh asosiasi olahraga nasional atau internasional lainnya, organisasi anti-doping nasional, secara otomatis diterima oleh FIFA dan harus diakui oleh semua konfederasi dan asosiasi.”

“Sehingga, sanksi yang diterapkan oleh Organisasi Anti-Doping Italia harus diakui oleh RFU. Berdasarkan ketentuan diskualifikasi, pemain boleh kembali latihan tidak lebih awal dari 22 hari sebelum masa hukuman beres,” tulis pernyataan itu.

Balde tampil sebagai pemain pengganti selama 38 menit pada awal bulan ini, tetapi dia tidak bisa membalikkan nasib timnya saat mereka dijungkalkan oleh Zenit St Petersburg dengan skor 2-1.

Baca Juga

Dengan demikian, Keita Balde hanya akan dapat kembali ke lapangan bersama Sadio Mane cs pada Desember. Akan tetapi, aturan menyatakan bahwa dia bisa berlatih 22 hari sebelum larangannya berakhir.


1. Sadio Mane yang Hobi Beramal

Sadio Mane langsung cetak gol saat debut di klub Liga Jerman, Bayern Munchen. Foto: REUTERS/Andreas Gebert.

Sudah bukan rahasia lagi apabila penyerang Liverpool, Sadio Mane, terkenal sebagai pria yang begitu loyal terhadap desanya.

Sadio Mane tidak pernah lupa dengan tempat di mana ia dilahirkan dan dibesarkan. Pria berusia 30 tahun itu menyadari bahwa kesuksesan yang diperolehnya saat ini berawal dari sana.

Baca Juga

Diketahui bahwa Mane sebelumnya lahir dari keluarga yang kekurangan dari aspek finansial serta hidup dengan penuh keterbatasan tanpa fasilitas modern sebelum hidupnya berubah 180 derajat.

Kini nasibnya sudah berubah, ia dikenal oleh seluruh pencinta sepak bola dunia dengan gaji yang jauh lebih fantastis setelah bergabung dengan Bayern Munchen.

Dengan gaji yang diperolehnya, ia turut membantu desanya untuk memiliki infrastruktur yang lebih maju sehingga kotanya bisa menjadi lebih modern.

Baca Juga

Sadio Mane bahkan menggelontorkan dana sebesar 455.000 pound (sekitar Rp8,2 miliar) untuk membangun rumah sakit. Dia juga membangun sekolah di Bambaly, Senegal, dengan dana 250.000 pound (sekitar Rp3,8 miliar).

Diketahui bahwa terdapat sekitar 2.000 warga penduduk yang tinggal di desanya. Sadio Mane juga turut menyumbang sebesar 1 juta rupiah tiap bulan untuk setiap keluarga.

Baca Juga

Tak hanya itu saja, setelah membangun sekolah, Mane juga membagikan laptop bagi seluruh siswa-siswi dan menjanjikan uang sekitar 4 juta rupiah untuk murid yang berprestasi terbaik di sekolah yang ia bangun.

Ia bahkan menyediakan fasilitas jaringan internet 4G untuk mempermudah setiap anak dalam memperoleh informasi dan belajar.

Mane melakukan tindakan penuh dengan kedermawanan itu agar anak-anak di sana tidak sampai merasakan dan mengalami krisis seperti yang pernah dialaminya dulu.


2. Luis Suarez Bakal Angkat Kaki dari Klub Ini sebelum Piala Dunia 2022

Luis Suarez melakukan selebrasi usai membobol gawang Paraguay

Di sisi lain, mantan striker Barcelona, Luis Suarez, dikabarkan bakal tinggalkan klub masa kecilnya, Nacional, sebelum dihelatnya Piala Dunia 2022.

Sebagaimana diketahui sebelumnya, Luis Suarez adalah bomber mengerikan dan juga salah satu striker terbaik saat masih membela Ajax Amsterdam, Liverpool, Barcelona, dan Atletico Madrid.

Bersama Ajax Amsterdam, Luis Suarez tampil ganas dalam 159 penampilan yang sudah dicatatkan, ia sudah mencetak 111 gol dan 69 umpan gol.

Tidak heran apabila Liverpool sampai kepincut padanya bukan? Liverpool akhirnya membeli striker asal Uruguay itu pada Januari 2011. Di Anfield Stadium, Suarez menjelma menjadi mesin gol yang menakutkan yang mana ia mencetak 82 gol dan 47 umpan gol dalam 133 penampilan.

Tiga setengah tahun setelah membela The Reds, Barcelona akhirnya memboyong jasa Suarez. Berkat kerja sama dengan Lionel Messi, pundi-pundi gol pria asal Uruguay itu juga kian bertambah.

Baca selengkapnya: Luis Suarez Bakal Tinggalkan Klub Masa Kecilnya sebelum Piala Dunia 2022

LiverpoolKeita Balde DiaoPiala Dunia 2022SenegalBola Internasional

Berita Terkini