x

Ethan Nwaneri, dan 4 Bocah Sekolah yang Pernah Sandang Predikat Debutan Termuda di Liga Inggris

Rabu, 21 September 2022 20:05 WIB
Editor: Juni Adi
Pemain muda Arsenal, Ethan Nwaneri. Foto: REUTERS/David Klein.

INDOSPORT.COM - Berikut para pemain yang lakoni debut termuda dalam sejarah Liga Inggris (Premier League dari masa ke masa.

Arsenal sukses mengembalikan tren positif mereka di kompetisi Liga Inggris, setelah sempat tercoreng karena kalah 3-1 dari Manchester United di pekan ke-6. 

Baca Juga

Kini mereka kembali ke jalur kemenangan di pekan ke-7 saat bertandang ke markas Brentford di Stadion Gtech Community, Minggu (18/09/22) malam WIB.

Arsenal menang dengan skor akhir 3-0. Mereka unggul lebih dahulu melalui gol William Saliba menit ke-17.

Lalu digandakan oleh Gabriel Jesus di menit ke-28, serta Fabio Daniel Ferreiera Vieira menit ke-49 yang memperbesar keunggulan.

Baca Juga

Kemenangan itu membuat Arsenal semakin kokoh di puncak klasemen Liga Inggris sementara sejauh ini dengan koleksi 18 poin.

Selain kemenangan, ada satu sorotan lainnya yang jadi fokus publik di laga Brentford vs Arsenal itu, dia adalah Ethan Nwaneri.

Ethan Nwaneri adalah pemain Arsenal yang melakoni laga debutnya melawan Brentford. Menjadi perhatian karena usianya baru 15 tahun. Sebuah usia bagi pemain yang masih aktif duduk di bangku sekolah tingkat SMP. 

Baca Juga

Sekilas, ia nampak seperti pemain remaja pada umumnya yang baru terjun ke kompetisi kasta teratas sepak bola Inggris.

Menit bermainnya saja masih sangat terbatas lantaran dimasukkan jelang berakhirnya babak kedua antara Brentford vs Arsenal pekan lalu.

Di pertandingan tersebut, ia ternyata mencatatkan rekor sebagai debutan termuda di kompetisi kasta teratas Liga Inggris, Premier League.

Usianya saat masuk di pertandingan Brentford vs Arsenal adalah 15 tahun 181 hari, menurut catatan The Guardian.

Selain meraih predikat tersebut, Ethan Nwaneri juga mencatatkan rekor tersendiri dalam ruang lingkup klubnya, Arsenal.

Ia dinobatkan sebagai pemain termuda The Gunners melangkahi dua seniornya yakni Cesc Fabregas dan Jack Wilshere.

Nama yang pertama, sah menjadi pemain Arsenal di usia 16 tahun 5 bulan 24 hari), sedangkan yang kedua mencatatkan rekor 16 tahun 256 hari.

Ethan Nwaneri memang jadi pemain debutan termuda dalam sejarah Liga Inggris. Tapi ia bukan satu-satunya pemain usia muda yang sudah menjajal debut di kasta tertinggi.

Berikut beberapa nama pemain yang pernah jalani debut bestatus termuda di Liga Inggris sebelum Ethan Nwaneri.


1. Aaron Lenon

Lennon meryakan keberhasilannya mencetak gol ke gawang Stoke City Februari tahun lalu.

Publik pecinta sepak bola kasta tertinggi Liga Inggris, Premier League, tentu tidak asing dengan nama Aaron Lennon.

Ia pernah jadi salah satu winger berbakat bersama Tottenham Hotspur beberapa waktu lalu, dan jadi langganan timnas Inggris.

Baca Juga

Sayang saat ini bakatnya mulai redum seiring performanya yang inkonsisten karena cedera, serta membela tim papan tengah yang jarang dapat sorotan.

Kendati demikian, Aaron Lennon ternyata pernah mencatatkan sebuah rekor apik dalam karier sepak bolanya di Liga Inggris.

Baca Juga

Rekor itu adalah pemain debutan termuda pada 2003 lalu. Kala itu Leeds United yang jadi klubnya, memberikan kesempatan bermain di kasta tertinggi pada 23 Agustus 2003, melawan Tottenham Hotspur.

Dalam laga tersebut, Lennon berusia 16 tahun 129 hari. Sejak saat itu, Lennon mencatatkan 416 pertandingan di Premier League dengan menyumbang 36 gol dan 64 assist.

Baca Juga

Isaiah Brown

Posisi Aaron Lennon sebagai debutan termuda harus digeser oleh Isaiah Brown. Ia jalani debut bersama West Bromwich Albion melawan Wigan pada 04 Mei 2013 lalu.

Saat turun ke lapangan jadi emain pengganti, ia berusia 16 tahun 117 hari. Namun karier sepakbolanya tidak berjalan mulus.

Hingga saat ini, Brown hanya tampil dalam 15 pertandingan di Premier League. Pemain berusia 25 tahun tersebut kini tidak punya klub setelah meninggalkan Preston North End.


2. Matthew Briggs

Darwin Nunez dan Harvey Elliott di laga RB Leipzig vs Liverpool, Jumat (22/07/22). Foto: REUTERS/Matthias Rietschel.

Matthew Briggs dimainkan Fulham saat menghadapi Middlesbrough pada 13 Mei 2007. Dia pun menjadi debutan termuda Premier League pada usia 16 tahun 68 hari.

Setelah itu, karier Briggs di Premier League tak berkembang. Pemain yang berposisi bek kiri tersebut lebih banyak menghabiskan waktunya bersama tim divisi bawah liga Inggris.

Baca Juga

Briggs hanya tampil dalam 13 pertandingan di Premier League. Dia sekarang bermain untuk klub semi-profesional Gosport Borough.

Harvey Elliott

Harvey Elliott saat ini bermain untuk Liverpool. Namun, gelandang asal Inggris tersebut menjalani debutnya di Premier

Baca Juga

Posisi Matthew Briggs sebagai debutan muda di Liga Inggris digeser oleh Harvey Elliott. Ia saat ini bermain untuk Liverpool, tapi debut di kasta tertinggi datang dari Fulham.

Pada 04 Mei 2019, Harvey Elliott menjalani pertandingan profesional pertamanya melawan Wolverhampton Wanderers bersama Fulham.

Baca Juga

Saat itu ia menjalani debut pada usia 16 tahun 30 hari. Hingga saat ini Elliott telah mencatatkan 16 pertandingan di Premier League. Dia masih punya kontrak dengan Liverpool sampai tahun 2027.

ArsenalAaron LennonLiga InggrisTRIVIAHarvey ElliottEthan Nwaneri

Berita Terkini