x

Timnas Indonesia U-20 Bakal Tampil di Piala Dunia, Menpora: Banyak Pemain Luar yang Mau Jadi WNI!

Kamis, 22 September 2022 03:51 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Timnas Indonesia U-20 di Kualifikasi Piala Asia U-20 di Stadion GBT. Foto: PSSI

INDOSPORT.COM - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengaku banyak pemain luar yang ingin menjadi WNI demi membela Timnas Indonesia U-20.

Keinginan banyak pemain ingin membela Timnas Indonesia U-20 karena skuat Garuda Muda bakal tampil sebagai tuan rumah di Piala Dunia U-20 2023 mendatang.

Baca Juga

Dengan bakal tampil di panggung pesta sepak bola dunia, tentu banyak membuat pemain keturunan luar negeri yang ingin membela Timnas Indonesia U-20.

Baca Juga

Namun meski begitu, Zainudin Amali selaku Menpora mengaku belum menerima permohonan pengajuan nama pemain naturalisasi dari Shin Tae-yong selaku pelatih skuat Garuda.

Baca Juga

Memang sempat ada tiga pemain yang mengikuti pemusatan latihan bersama skuat di bawah usia 20 tahun, namun ketiganya belum mampu membuat Shin Tae-yong kepincut.

Mereka adalah Jim Croque, Kai Davy Boham, dan Max Christofel. Tiga pemain asal Belanda tersebut telah dipulangkan oleh pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong.


1. Tidak Bisa Sembarang Melakukan Naturalisasi

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali (tengah) bersama Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan (kiri) meninjau Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Jumat (22/07/22), jelang Kick-off Liga 1 2022-2023.

"Kalau itu belum ya (Timnas Indonesia -20), yang sudah itu yang Jordi Amat dan Sandy Walsh itu untuk (timnas) senior persiapan untuk Piala Asia nanti," kata Amali.

"Kemarin sempat ada tiga calon (pemain) tapi kemudian dikembalikan coach Shin Tae-yong karena kelihatan gak cocok," tambah Amali.

Baca Juga

"Banyak sih yang mau, tetapi kan kualifikasinya harus benar-benar memenuhi standar yang diinginkan," tegasnya.

Zainudin Amali juga menegaskan, di zamannya dia menjabat sebagai Menpora memang proses naturalisasi tidak bisa sembarang.

Baca Juga

Baginya dia hanya merekomendasikan pemain untuk dinaturalisasi adalah pemain yang diminta oleh federasi yakni PSSI.

Baca Juga

"Naturalisasi di zaman saya itu saya persulit, tidak mudah, klub tidak bisa lagi mengusulkan nama. Saya hanya merekomendasi naturalisasi kalau itu diminta oleh federasi oleh PSSI sehingga selektif," ia menambahkan.

"Dan naturalisasi itu adalah program jangka pendek, jangka panjang kita tetap pembinaan," pungkas Zainudin Amali.


2. Kapten Timnas Indonesia U-20 Dipanggil ke Skuat Senior

Muhammad Ferarri kapten Timnas Indonesia U-20.

Pelatih Shin Tae-yong memanggil dua pemain timnas Indonesia U-19 ke timnas senior untuk FIFA matchday melawan Curacao. Dua nama tesebut adalah Marselino Ferdinan dan Muhammad Ferarri.

Bagi Marselino, ini bukan panggilan pertama karena dia sudah dipercaya Shin Tae-yong di tim senior saat Kualifikasi Piala Asia 2023 Juni lalu.

Namun, inilah kesempatan pertama untuk Ferarri. Bek tengah milik Persija itu diberi kepercayaan naik level karena tampil bagus bersama timnas U-19 dan klubnya di Liga 1 2022-2023.

Shin Tae-yong juga mengakui dua pemain muda tersebut memang punya kualitas. Karenanya, dia tak ragu memanggil Marselino dan Ferarri ke tim senior.

"Mereka punya kemampuan makanya dipanggil ke tim senior," kata Shin Tae-yong kepada awak media soal pemanggilan Marselino Ferdinan dan Muhammad Ferarri.

NaturalisasiMenporaBola InternasionalPiala Dunia U-20 2023Zainudin AmaliShin Tae-yongTimnas Indonesia U-20

Berita Terkini